Menurut Ahli, Ini 6 Hobi Sederhana yang Bisa Buat Kamu Lebih Cerdas

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 30 Okt 2019, 15:45 WIB
Diperbarui 30 Okt 2019, 16:17 WIB
[Bintang] Bukan Sekadar Nongkrong, Ini 3 manfaat Buka Puasa Bareng Teman Lama

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang aktivitas yang jadi kegemaran semua orang pasti memiliki hobi. Hobi merupakan hal yang sering dilakukan atau digemari, hampir semua orang memiliki hobinya masing-masing. Menekuni hobi bisa jadi bermanfaat karena akan meningkatkan kreatifitas dan kepekaan seseorang.

Bahkan banyak orang bisa memanfaatkan hobinya dengan cerdas sehingga apa yang ditekuninya bisa membawa manfaat bagi banyak orang. Bahkan tak jarang, hobi itu pula yang mengantarkan mereka pada kesuksesan.

Tak hanya itu, ternyata hobi juga bisa menstimulus otak kamu agar tetap berkembang, seperti yang Liputan6.com lansir dari Psycologi Today, Rabu (30/10/2019). Bukan hanya berkembang terkait dengan pekerjaan tetapi juga berkembang dalam menyeimbangkan pola hidup.

Kapasitas kinerja otak apabila dipakai secara terus menerus akan memengaruhi kemampuan mengingat. Tak perlu mencari hobi yang rumit, ternyata ada beberapa hobi sederhana yang bisa membantu kamu lebih cerdas.

Berikut 6 hobi sederhana yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/10/2019).

2 of 7

1. Olahraga

Ilustrasi Olahraga Lari (iStockphoto)
Setelah Menekuni Olahraga Lari Selama Satu Tahun, Banyak Perubahan ke Arah yang Lebih Baik Dirasakan Dewi (Ilustrasi/iStockphoto)

Selain membuat tubuh sehat dan terlihat bugar, menjalankan hobi yang satu ini bisa membuatmu menjadi lebih cerdas. Apalagi kamu menjalankan olahraga yang sifatnya fun. Melakukan olahraga yang menyenangkan dapat mengurangi kadar stres dan menjaga memori jangka panjang dalam dirimu.

Olahraga yang membuat kamu senang juga mampu meningkatkan kecerdasan dan ketangkasanmu. Olahraga setiap hari dapat menjadikan tubuh dan otak kamu berfungsi sebagaimana mestinya.

3 of 7

2. Bermain Musik

kepribadian
ilustrasi gitar musik country/Photo by Hannah Busing on Unsplash

Musik dapat mengembalikan mood seseorang yang rusak. Selain itu musik juga dapat membantu menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri sehingga dapat menstimulus sisi analisis dan kreatif.

Jika kamu belum menguasai alat musik apapun kamu juga bisa mulai belajar memainkannya. Atau kalau kamu lebih memilih untuk menjadi penikmat musik, kamu bisa mendengarkan musik favoritmu.

4 of 7

3. Belajar Bahasa Asing

Ilustrasi Belajar (dok.pixabay.com/kaboompics/Devita)
Ilustrasi Belajar (dok.pixabay.com/kaboompics/Devita)

Mempelajari hal baru bukanlah sesuatu yang mudah, termasuk mempelajari bahasa. Belajar bahasa memang membutuhkan waktu dan ketekunan. Menguasai lebih dari satu bahasa ternyata dapat membuat kamu menjadi lebih cerdas.

Hal ini karena kamu mempelajari bahasa asing yang didalamnya mengandung kosakata dan struktur kalimat. Selain berfungsi untuk berkomunikasi, mempelajari bahasa mempunyai efek terhadap tingkat analisa pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

5 of 7

4. Nonton

Ilustrasi nonton film
Cara agar akhir pekan Anda menarik dan tidak lagi bosan

Hobi satu ini sangat digemari oleh kebanyakan orang. Akan tetapi untuk meningkatkan kecerdasan yang kamu miliki sebaiknya kamu menonton film yang berkualitas. Selain itu, kamu juga harus mencoba untuk mulai menonton film dokumenter. Tujuannya adalah agar kamu dapat melihat dunia dari sisi yang berbeda.

6 of 7

5. Jalan-jalan

Traveling Liburan Jalan-Jalan
Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Jalan-jalan bukan hanya untuk mengusir rasa bosan saja. Apalagi jika kamu mengunjungi tempat baru yang belum pernah kamu datangi sebelumnya. Selain menemukan makanan baru, dengan travelling kamu bisa sekaligus mempelajari budaya, gaya hidup, kehidupan sosial, hingga orang-orangnya.

Banyak sekali yang bisa kamu dapatkan dengan hobi travelling ini. Mungkin kamu kurang menyadari bahwa setelah travelling tubuh dan pikiran kamu akan mendorong kamu untuk menghasilkan ide-ide yang tidak biasa. Serta juga dapat mengasah kemampuan observasi dan pemahaman pekerjaanmu.

7 of 7

6. Memasak

Memasak
Ilustrasi memasak/copyright shutterstock

Hobi memasak ternyata dapat meningkatkan beberapa keahlian, beberapa diantaranya adalah multitasking, kreativitas, manajemen dan perencanaan, serta desain. Selain itu, kamu juga mempunyai banyak ide-ide cemerlang. Dengan menekuni hobi ini kamu lebih menghargai yang namanya proses.

Lanjutkan Membaca ↓