5 Makanan Penyebab Diare yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong

Oleh Husnul Abdi pada 29 Okt 2019, 11:25 WIB
Diperbarui 31 Okt 2019, 10:13 WIB
Ilustrasi diare (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Makanan penyebab diare harusnya benar-benar diperhatikan untuk dihindari. Apalagi jika perutmu sedang kosong. Mengonsumsi makanan yang tidak bersih atau makanan tertentu merupakan beberapa penyebab diare.

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa dibilang sangat berbahaya dan berdampak buruk buat kesehatan jika tidak segera diatasi dengan baik. Menjaga kebersihan tangan dan makanan dalam hal ini merupakan hal yang terpenting.

Makanan penyebab diare harus dihindari saat perut kosong. Berbagai makanan ini mungkin merupakan makanan dan minuman kesukaanmu. Namun, kamu harus menghindarinya saat perut kosong jika tidak ingin terkena diare.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/10/2019) beberapa makanan penyebab diare yang harus dihindari saat perut kosong.

2 of 6

Kopi

Ilustrasi Kopi
Ilustrasi Kopi (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Penyebab diare saat perut kosong yang pertama adalah kopi. Banyak orang yang sangat menyukai kopi, bahkan sampai kecanduan. Rasanya yang khas dan aromanya yang wangi membuat kopi disukai oleh hampir semua orang.

Tapi tahukah kamu, konsumsi kopi di saat perut masih kosong bisa meningkatkan risiko masalah diare. Tak hanya itu saja, konsumsi kopi saat perut masih kosong juga dikaitkan dengan risiko maag yang lebih tinggi. Kandungan kafein dan zat asam di dalam kopi dipercaya mampu mengiritasi lapisan lambung jika ia dikonsumsi saat lambung atau perut masih kosong.

3 of 6

Makanan Pedas

Makanan pedas (cabai, paprika, lada)
Makanan pedas (cabai, paprika, lada) (sumber: iStockphoto)

Selain itu, makanan pedas termasuk pada jenis makanan penyebab diare yang harus dihindari saat perut kosong. Buat kamu yang sangat suka dengan makanan pedas, usahakan untuk senantiasa hati-hati saat konsumsi makanan pedas. Jangan sampai, kamu konsumsi makanan pedas ketika perut atau lambung masih kosong.

Konsumsi makanan pedas saat lambung masih kosong bisa meningkatkan risiko diare yang sangat tinggi. Ini juga bisa menyebabkan nyeri perut dan perut kembung. Jadi, sebaiknya kamu harus benar-benar memperhatikan konsumsi makanan saat perut masih kosong.

4 of 6

Buah Jeruk

jeruk
ilustrasi jeruk/Photo by Adam Śmigielski on Unsplash

Buah jeruk tentunya dikenal dengan manfaatnya yang kaya akan vitamin C dan sangat baik buat kesehatan. Tapi, konsumsi buah jeruk di saat perut masih kosong justru berbahaya dan bisa meningkatkan risiko diare.

Zat asam yang sangat tinggi di dalam buah jeruk dipercaya mampu mengiritasi lapisan lambung dan mengacaukan sistem pencernaan jika ia dikonsumsi saat perut masih kosong.

5 of 6

Produk Olahan Susu

Ilustrasi yoghurt
Ilustrasi yoghurt (iStockphoto)​

Makanan penyebab diare yang harus dihindari selanjutnya adalah produk olahan susu. Walaupun susu dan olahannya dikatakan sangat baik buat sistem pencernaan dan kesehatan tubuh, konsumsi susu juga olahannya di saat perut masih kosong justru bisa menyebabkan diare.

Hal ini mengingat bahwa susu maupun olahannya khususnya yogurt bersifat meningkatkan zat asam lambung. Ini juga bisa menyebabkan perut kembung dan nyeri.

6 of 6

Soft Drink

Soft Drink
Soft Drink / Sumber: iStockphoto

Buat kamu yang hobi konsumsi soft drink, pastikan untuk mulai mengurangi hobi tersebut. Peneliti menyebutkan bahwa soft drink tak hanya meningkatkan risiko obesitas atau kegemukan karena ia mengandung pemanis buatan yang tinggi.

Selain itu, soft drink juga bisa meningkatkan risiko diare dan masalah kesehatan pada sistem pencernaan. Apalagi, jika soft drink ini dikonsumsi saat perut masih kosong dan belum terisi oleh makanan apapun.

Lanjutkan Membaca ↓