Sukses

6 Makanan Pencegah Kanker Payudara yang Perlu Dikonsumsi

Ubah pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan untuk mencegah kanker payudara.

Liputan6.com, Jakarta Kanker payudara merupakan jenis penyakit mematikan di dunia. Penyakit ini bisa menyerang hampir seluruh wanita. Mencegah kanker payudara bukan sesuatu hal yang mustahil. Kamu cukup melakukan pencegahan dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. 

Ya, cara mencegah kanker payudara yang sangat mudah adalah dengan mengubah pola hidup, salah satunya dengan mengsonsumsi makanan. Mengonsumsi asupan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker sangat diperlukan untuk melakukan pencegahan kanker payudara.

Makanan yang mengandung antioksidan dipercaya mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Makanan termasuk buah yang mengandung antioksidan dipercaya mampu menurunkan risiko kanker payudara.

Tidak hanya buah, masih ada jenis makanan lainnya yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah kanker payudara. Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan yang mampu mencegah kanker payudara, Selasa (29/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Makanan Pencegah Kanker Payudara: Buah Berry

Aneka buah berry seperti blueberry, stroberi, dan raspberry hitam mengandung polifenol yang cukup tinggi. Kandungan ini memiliki sifat antikanker. Selain itu, juga kaya akan antioksidan seperti vitamin C.

Melansir dari kanal Healthline mengatakan bahwa buah berry dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. Namun, hingga saat ini tidak ada anjuran khusus pengeonsumsiannya.

Tetapi, untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi satu porsi buah berry yang setara dengan 3/4 hinga 1 cangkir. Memenuhi kebutuhan nutrisi dari buah berry setiap harinya akan memebantu mengurangi risiko terjangkit kanker payudara.

3 dari 7 halaman

Makanan Pencegah Kanker Payudara: Plum atau Buah Persik

Buah plum yang mengandung polifenol di dalmnya mampu membantu mencegah pembentukan sel kanker payudara dan perkembangbiakannya. Walaupun penemuan manfaat buah plum atau persik ini baru dilakukan paa hewan, tetapi tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah ini.

Kandungan polifenol terbukti menunjukkan mampu membantu membunuh sal kanker. Namun masih belum ada anjuran khusus untuk mengonsumsi seberapa banyak buah persik ini untuk mendapatkan manfaat antikankernya.

4 dari 7 halaman

Makanan Pencegah Kanker Payudara: Bawang Putih

Bawang putih termasuk ke dalam keluarga allium, yang dikenal memiliki rasa dan aroma khas. Para peneliti dalam studi yang dilakukan pada tahun 2017 menganalisis efek bawang putih dan jenis sayuran lainnya yang mengandung allium terhadap sel kanker payudara.

Mereka menemukan efek positif pada kanker payudara terhadap kandungan estrogen pada bawang putih. Bawang putih dan jenis keluarga allium lainnya mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara.

Namun, masih diperlukan penelitian lanjut untuk menentukan anjuran atau rekomendasi konsumsi bawang putih agar dapat merasakan manfaatnya untuk mencegah kanker payudara. Tetaplah konsumsi bawang putih dalam batas normal.

5 dari 7 halaman

Makanan Pencegah Kanker Payudara: Kunyit

Kunyit mengandung curcumin, zat anti-inflamasi, dan antioksidan yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan curcumin pada kunyit dapat membantu mengurangi efek toksik sel kanker payudara dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit guna mencegah kanker payudara, kamu bisa mengonsumsinya sebanyak 200 hingga 500 miligram curcumin setiap harinya.

6 dari 7 halaman

Makanan Pencegah Kanker Payudara: Sayuran dengan Warna Gelap

Sayuran dengan warna daun hijau gelap mengandung nutrisi yang sangat banyak. Sayuran dengan daun hijau pekat biasanya tinggi antioksidan dan serat yang dapat menjadi antikanker.

Sayuran dengan warna daun hijau pekat seperti bayam, kubis, lobak, dan bit hijau.

7 dari 7 halaman

Makanan Pencegah Kanker Payudara: Asam Lemak Omega-3

Pada sebuah penelitian menilai dampak potensial dari omega-3 pada wanita yang mengalami obesitas dan memiliki payudara yang padat. Wanita dengan payudara padat akan berisiko enam kali lebih mungkin terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang memiliki jaringan payudara tidak padat.

Pada penelitiannya, kepadatan payudara menurun sehubungan dengan jumlah asam lemak omega-3 yang diberikan. Hal ini dianggap mengurangi risiko kanker payudara. Kadar asam lemak omega-3 tinggi dapat ditemukan dalam ikan salmon, ikan sarden, dna minyak ikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini