Sukses

Jangan Minder, Ini 6 Keistimewaan yang Hanya Dimiliki Orang Introver

Tak banyak yang tahu kepribadian introver memiliki banyak keistimewaan.

Liputan6.com, Jakarta Kamu mungkin pernah bertemu orang yang senang menyendiri dan tertutup. Atau mungkin hal itu terjadi pada diri kamu sendiri. Orang dengan kepribadian ini memang biasanya jauh lebih sulit ditebak. Biasanya orang-orang tersebut memiliki kepribadian introver. 

Dalam buku berjudul Psychological Types karya Carl Jung, introver didefinisikan sebagai orang yang lebih suka menyendiri dalam beberapa kegiatan. Mereka bukannya anti-sosial, hanya saja si introver ini merasa lebih cocok bergaul pada lingkup sosial yang lebih kecil. Mereka memiliki empati dan pertemanan akrab dan kuat dengan segelintir orang saja.

Ini semua karena orang berkepribadian introver memang punya tembok yang cukup tinggi antara dirinya dengan orang lain. Banyak yang menganggap, orang dengan kepribadian introver adalah sosok yang kesepian sehingga patut untuk dikasihani. Hal ini juga terkadang membuat si introver merasa minder.

Sayangnya persepsi itu tidaklah benar, orang dengan kepribadian introver memiliki banyak keistimewaan. Berikut 6 keistimewaan yang hanya dimiliki orang introver yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pendengar yang baik

Penulis buku "The Introvert Entrepreneur" Beth Buelow mengatakan kalau orang-orang introver secara alami adalah pendengar yang baik, seperti yang Liputan6.com lansir dari The Introvert Entrepreneur, Selasa (29/10/2019).

Saat mendengarkan cerita orang lain introver akan mendengarkan secara seksama, mengolah informasi di dalam pikirannya, lalu memberikan respons. Biasanya si introvert bisa mengingat detail cerita dan memberikan solusi yang detail pula.

3 dari 7 halaman

2. Perhatian detail

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain kemampuan mendengar orang-orang introver juga bisa memiliki kemampuan perhatian terhadap detail yang baik.

Biasanya orang dengan kepribadian introver menggunakan kemampuan menangkap detail ini untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya. Salah satu contoh seorang introvert lebih mungkin menangkap bahasa tubuh lawan bicaranya.

Tak heran jika introvert bisa membangun tembok tinggi untuk melindungi dirinya dari orang lain. Hal ini karena mereka cukup pandai membaca karakter orang yang mendekatinya.

4 dari 7 halaman

3. Perencana yang baik

Jangan ragukan kebiasaan introver yang selalu terencana ke mana pun. Ia perencana yang baik, dan memastikan masa depannya tidak merepotkan dirinya sendiri atau orang lain.

Ia berpikiran jangka panjang dan seringkali menjadi yang paling lama mengambil keputusan karena faktor ini. Ia melihat dari banyak sisi sebelum bertindak.

5 dari 7 halaman

4. Pikiran kreatif dan out of the box

Introver memiliki dunianya sendiri dan memiliki jiwa kreatif yang alami tumbuh dari dalam diri. Meski tidak pintar mengekspresikan diri, namun pikirannya selalu out of the box, ia punya banyak ide menarik yang inovatif.

Penelitian yang dilakukan psikolog Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist menemukan bahwa mayoritas orang kreatif adalah introver.

6 dari 7 halaman

5. Memiliki pemikiran di luar batas orang pada umumnya

Tidak banyak yang tahu di balik diamnya orang introver sesungguhnya mereka sedang memikirkan banyak hal. Terlebih lagi ketika dihadapkan dengan masalah, introvert cenderung berpikir keras menyusun langkah apa yang harus ia ambil untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Hal inilah yang membuat introver banyak dicari oleh teman-temannya karena bisa memberikan solusi terkait masalah yang sedang mereka hadapi. Berlaku pula di dunia kerja, strategi atau ide-ide yang dimiliki introver sangat diacungi jempol oleh pimpinan.

7 dari 7 halaman

6. Pengagum hal-hal sederhana

Seorang introver adalah pengagum hal-hal sederhana seperti menyukai aroma tanah setelah hujan, langit jingga di sore hari, atau suara angin yang menerpa pepohonan. Ia bisa menjadi bahagia dalam sekejap karena hal hal sederhana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini