Bikin Geleng-Geleng, Ini 6 Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 25 Okt 2019, 19:45 WIB
Diperbarui 27 Okt 2019, 19:13 WIB
Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumumkan kabinet menteri di Halaman Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019). Sebelumnya Presiden Joko Widodo pernah mengungkapkan rencana menghadirkan kementerian baru. 

Kementerian baru tersebut adalah Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif. Tentu jabatan ini terbilang unik dan kekinian. Tak hanya di Indonesia saja, penambahan kementrian baru juga pernah dilakukan oleh berbagai negara.

Bahkan jabatan menteri ini terbilang unik dan tak pernah terpikirkan sebelumnya. Ada yang bertugas mengurusi kesepian warganya hingga kebahagian. Penasaran dengan jabatan menteri unik apa saja?

Berikut 6 jabatan menteri unik di dunia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/10/2019).

2 of 7

1. Menteri Artificial Intelligence

Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia
Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia (sumber: The National)

Jabatan ini menjadi yang menteri unik pertama di dunia. Perdana Menteri dan Wakil Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum melantik Omar Sultan Al-Olama yang berusia 30 tahun, untuk mengisi posisi futuristik ini. Ia menambahkan bahwa tujuan dibentuknya Menteri Kecerdasan Buatan pertama adalah untuk menjadikan negaranya sebagai negara paling maju di dunia.

3 of 7

2. Menteri Kemajuan Ilmu Pengetahuan

Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia
Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia (sumber: wikipedia)

Selain Menteri Artificial Intelligence, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum juga melantik Sara Al-Amiri. Ia dipercaya untuk mengisi jabatan menteri unik di Uni Emirat Arab ini.

Wanita berusia 30 tahun ini mengemban amanah untuk mewujudkan misi para peneliti UEA menuju planet Mars. Pada April 2018 negara ini telah memulai program bertajuk 'a 100-year national program' untuk menyiapkan para penelitinya menjejakkan kaki di Mars.

4 of 7

3. Menteri Yoga

Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia
Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia (sumber: wikipedia)

Di tahun 2014, Perdana Menteri India Narendra Modi membentuk kementerian baru yang khusus bertanggung jawab mempromosikan yoga dan pengobatan tradisional di India.

Shripad Naik ditunjuk menjadi menteri AYUSH, singakatan dari Ayurweda, Yoga, Unani, Siddha, dan Homeopati. Meski awalnya menuai kontroversi, sejumlah programnya sukses dilaksanakan.

5 of 7

4. Menteri Kesepian

Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia
Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia (sumber: wikipedia)

Perdana Menteri Inggris Theresa May telah menunjuk Tracey Crouch sebagai Menteri Kesepian pada 2018 untuk mengatasi masalah sosial di negara itu, yaitu banyak manula yang terisolasi di rumah-rumah mereka.

Tak hanya itu, program kerjanya meliputi menangani isu kesepian di sekolah dasar dan menengah agar anak-anak bisa memahami pentingnya hubungan sosial, dan mendukung sukarelawan untuk mendampingi pengidap penyakit menahun agar mereka tidak merasa berjuang sendirian.

6 of 7

5. Menteri Toilet

Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia
Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia (sumber: wikipedia)

Salah satu dari daftar tiga hal paling terkenal di Jepang adalah tentang toilet. Saking pentingnya negara ini bahkan memiliki museum senilai US$ 60 juta yang didedikasikan untuk toilet. Saking pentingnya negara ini punya menteri toilet.

Jabatan menteri toilet ini diberikan pada  Haruko Arimura, memiliki pada tahun 2014. Perkerjaan menteri ini adalah fokus untuk memperbaiki toilet umum khususnya bagi perempuan.

7 of 7

6. Menteri Kebahagiaan

Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia
Jabatan Menteri Paling Unik di Dunia (sumber: BW Businessworld)

Uni Emirat Arab memang terkenal memiliki jabatan menteri yang unik-unik. Salah satunya menteri kebahagiaan yang diberikan kepada Ohood Al Roumi. Kementerian ini bertujuan untuk menciptakan dan memelihara kebahagiaan bagi rakyatnya. Para anggota kabinet UEA membentuk kementerian kebahagiaan pada bulan Februari 2016.

Lanjutkan Membaca ↓