Sukses

6 Seleb Ini Melahirkan dengan Metode Gentle Birth, Tangguh Banget

Deretan selebriti cantik yang memilih metode persalinan dengan gentle birth.

Liputan6.com, Jakarta Bila melihat ilustrasi melahirkan dari televisi atau video YouTube, hampir semua menayangkan jika momen kelahiran buah hati akan selalu diiringi rasa sakit dan teriakan dari si ibu. Hal itulah yang terkadang membuat sebagian wanita takut untuk melahirkan.

Namun, kini ada metode persalinan yang mengutamakan ketenangan dengan mempersiapkan kondisi emosional sang calon ibu. Istilah ini yaitu gentle birth. Metode ini dibedakan menjadi tiga kategori yaitu water birth, silence birth dan hypno birth.

Secara umum gentle birth membantu sang calon ibu lebih tenang dalam persalinan dan fokus. Gentle Birth dipercaya merupakan sebuah metode melahirkan yang nyaman bagi ibu dan minim akan trauma. Metode ini diketahui pernah dilakukan oleh sederet para artis. Selebriti yang baru saja melahirkan dan memilih metode ini yaitu Kartika Putri saat melahirkan anak pertamanya.

Kartika Putri melahirkan putri cantiknya di rumah dan menggunakan metode gentle birth. Ternyata Kartika Putri bukanlah artis pertama yang melakukan persalinan dengan metode unik ini. Penasaran siapa saja artis yang pernah menggunakan metode gentle birth?

Berikut ini 6 artis yang diketahui pernah melahirkan dengan metode gentle birth yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (25/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kartika Putri

Pasangan Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya baru saja dikaruniai putri cantik bernama Syarifah Khalisa Aghniya. Putrinya lahir pada 18 Oktober 2019 lalu pukul 04.29 WIB. Alih-alih dirawat di rumah sakit, Kartika Putri memilih untuk melahirkan di rumah dengan metode gentle birth. 

Kartika Putri awalnya ingin menggunakan water birth namun ada gangguan. Wanita berhijab ini mengalami sedikit gangguan kesehatan jelang persalinan dan akhirnya menggunakan metode home birth untuk persalinannya. 

3 dari 7 halaman

2. Andien Aisyah

Penyanyi cantik, Andien sebelumnya juga pernah menggunakan metode persalinan unik ini. Pada bulan Januari 2017 lalu, Andien melahirkan anaknya yang bernama Anaku Askara Biru.

Lewat akun Instagramnya, Andien membagikan kabar bahagia tersebut. Ia menuliskan bahwa ia menggunakan metode persalinan gentle birth yaitu water birth di rumahnya.

4 dari 7 halaman

3. Widi Mulia

Istri dari Dwi Sasono ini menjadi artis selanjutnya yang menggunakan gentle birth untuk persalinannya. Anggota Be3 ini memilih melahirkan anak ketiganya dengan water birth di Svarga Loka pada 25 Januari 2015 silam. Lokasi tersebut adalah vila indah yang berada di Ubud, Bali. 

5 dari 7 halaman

4. Ayudia Bing Slamet

Gentle birth juga dilakukan Ayudia saat melahirkan anak pertamanya dengan Ditto pada Juni 2016 silam. Ayudia melahirkan putra pertamanya yang bernama Dia Sekala Bumi di Bali.

Ayudia dan Ditto memang sengaja pergi ke Bali satu setengah bulan menjelang melahirkan agar. Hal ini agar sang calon ibu merasa rileks dan jauh dari hiruk pikuk kota Jakarta.

6 dari 7 halaman

5. Sharena Delon

Pada September 2018 lalu, pemain FTV yaitu Sharena Delon melahirkan anak kedua. Istri dari Ryan Delon ini menuliskan momen melahirkannya di laman Instagramnya. Ia menuliskan bahwa putri cantiknya yang lahir 22 September 2018 lalu dilahirkan dengan metode gentle birth.

7 dari 7 halaman

6. Oppie Andaresta

Kai Matari Bejo Kaler, putra dari Oppie Andaresta juga dilahirkan dengan metode gentle birth pada 20 Juli 2007 silam.

Penyanyi pop rock ini menerapkan persalinan gentle birth dengan diiringi alunan musik yang menenangkan sehingga persalinannya pun lancar. Bahkan metode gentle birth yang dilakukan Oppie ini menjadi cara yang kemudian diikuti oleh artis lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini