7 Fakta Unik Benua Antartika yang Jarang Diketahui

Oleh Muhammad Fahrur Safi'i pada 24 Okt 2019, 20:50 WIB
Diperbarui 25 Okt 2019, 14:16 WIB
7 Fakta Unik Benua Antartika yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Mendengar kata benua Antartika, tentu yang terbayang adalah hamparan es. Namun ternyata banyak kehidupan yang ada di benua es ini. Di tempat yang meliputi Kutub Selatan ini ternyata tidak ada beruang kutub yang tinggal di sini. Namun masih ada penguin.

Dengan luas 14 juta km persegi, Antartika menjadi benua terluas nomor 5 setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Antartika sendiri memiliki perbandingan dua kali lipat dari Australia. Sekitar 98% dari Antartika tertutup oleh es yang rata-rata ketebalannya mencapai 1,9 Km.

Sebagai tempat terdingin di Bumi, Antartika adalah zona bebas. Tidak ada negara yang di dunia yang memiliki klaim atasnya. Namun memang masih ada beberapa negara di dunia yang mengajukan klaim kepemilikan di wilayah tersebut.

Walau menjadi tempat terdingin di Bumi, benua ini ternyata memiliki populasi 1000 sampai 5000 penduduk sementara. Penduduk tersebut berasal dari berbagai negara yang bekerja sebagai peneliti.

Berikut 7 fakta unik benua Antartika yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/10/2019).

2 of 8

1. Banyak pangkalan penelitian yang dibangun negara-negara maju di benua es tersebut.

7 Fakta Unik Benua Antartika yang Jarang Diketahui
Pangkalan penelitian yang dimiliki berbagai negara (Sumber: Instagram/arielrailen)

Banyak pangkalan penelitian yang ada di Antartika. Sebagai sebuah tempat yang tak biasa di Bumi, Antartika merupakan tempat yang dihuni oleh para peniliti yang tinggal di pangkalan-pangkalan penelitian negaranya. Seperti halnya Amerika memiliki pangkalan bernama McMurdo.

Selain itu Chili dan Argentina juga memiliki tempat di benua es tersebut yang diberi nama Villa Las Estrellas dan Pangkalan Esperanza.

3 of 8

2. Banyak negara memiliki landasan pacu masing-masing di benua Antartika.

7 Fakta Unik Benua Antartika yang Jarang Diketahui
Landasan pacu di Benua Antartika (Sumber: Wikipedia)

Sebagai tempat yang hampir seluruhnya terlapisi oleh es. Mau tidak mau landasan pacunya juga di es. Banyak negara-negara yang memiliki pangkalan penelitian di Antartika ini menggunakan lapisan es sebagai landasan pacu mereka. Salah satunya adalah milik Amerika Serikat, Jack F. Paulus Skiway. Tempat ini merupakan bandara yang berlokasi di Stasiun Kutub Selatan Amundsen - Scott di Kutub Selatan.

Stasiun ini memiliki landasan pacu untuk pesawat terbang (ICAO: NZSP), 3658 m / 12000 kaki. Antara Oktober dan Februari, ada beberapa penerbangan per minggu pesawat LC-130 Hercules yang dilengkapi ski dari McMurdo untuk memasok kebutuhan pangkalan tersebut.

4 of 8

3. Mempunyai acara konser musik tahun baru bernama Ice Stock

7 Fakta Unik Benua Antartika yang Jarang Diketahui
Konser acara tahun baru (Sumber: antarcticfudgesicles)

Sebagai tempat yang dihuni oleh sebagian besar peneliti, ternyata Benua Antartika ini memiliki acara konser musik setiap momen tahun baru. Acara konser musik ini bernama Ice Stock yang diadakan di pangkalan penelitian McMurdo milik Amerika Serikat. 

 

5 of 8

4. Metallica menjadi band dunia pertama yang melakukan konser tur sampai Benua Antartika

7 Fakta Unik Benua Antartika yang Jarang Diketahui
Metallica saat di Benua Antartika (Merdeka.com)

Band dunia yang pertama kali mengunjungi Antartika dan melakukan konser adalah Metallica. Acara tersebut betajuk Freeze 'Em All. Ini membuat Metallica menjadi band pertama yang telah bermain di tujuh benua dalam waktu satu tahun.

6 of 8

5. Ada alat transportasi raksasa yang digunakan untuk berkeliling di Benua Antartika

7 Fakta Unik Benua Antartika yang Jarang Diketahui
Alat transportasi di Benua Antartika (Sumber: brightside)

Sebagai tempat yang luas, ada sebuah alat transportasi raksasa yang digunakan untuk membawa banyak orang untuk berkeliling Antartika. Bus raksasa ini dapat mengangkut banyak orang daan melintasi medan ekstrem di sana.

7 of 8

6. Mempunyai acara marathon bernama Antarctic Ice Marathon and 100K Ultra Race

7 Fakta Unik Benua Antartika yang Jarang Diketahui
Marathon di Benua Antartika (Sumber: worldsmarathons)

Marathon 100 Km di Antartika menjadi salah satu olahraga paling ekstrem. Olahraga ini banyak diikuti oleh para atlet paling tangguh dalam daya tahannya. Berlari sejauh 100 Km seperti lari di tempat yang tak berujung dan berjalan di bawah matahari yang tidak pernah terbenam dengan latar belakang bukit, gunung, dan hamparan es yang luas. Perlombaan ini menyajikan satu-satunya kesempatan untuk menyelesaikan acara 100k di benua beku dan menciptakan prospek Klub Tujuh Benua 100k untuk atlet ultra global.

8 of 8

7. Antartika juga menjadi salah satu destinasi wisata.

7 Fakta Unik Benua Antartika yang Jarang Diketahui
Memancing di Benua Antartika (Sumber: Brightside)

Sebagai tempat ekstrem yang diselimuti oleh lapisan es tebal, benua ini ternyata memiliki daya tarik untuk menjadi tempat wisata. Cukup banyak yang telah datang ke benua ini untuk merasakan sensasi cuaca ekstrem dan momen matahari yang tak pernah terbenam.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by