5 Manfaat Pakai Masker Yogurt Secara Rutin dan Cara Membuatnya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 23 Okt 2019, 13:45 WIB
Diperbarui 23 Okt 2019, 14:17 WIB
Masker

Liputan6.com, Jakarta Yogurt tak hanya bermanfaat untuk pencernaan, nutrisinya juga baik untuk perawatan kulit. Kini banyak produk perawatan kulit yang memasukkan yogurt di dalamnya. Yogurt memang dipercaya dapat meningkatkan penampilan kulit.

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat yogurt untuk kecantikan adalah menggunakannya sebagai masker wajah. Tak perlu mencari produk masker yang dijual di pasaran, kamu bisa membuatnya sendiri. Saat mencoba masker wajah yogurt, kamu dapat mempertimbangkan berbagai jenis yogurt dan bahan-bahan pendukung sesuai hasil yang ingin dicapai.

Yogurt yang paling baik untuk digunakan adalah yogurt tawar. Jenis yogurt tertentu bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kondisi kulit. Misalnya yogurt susu sapi yang kaua kalsium atau yogurt yunani yang memiliki tekstur lebih tebal sehingga lebih mudah diaplikasikan pada kulit

Semua jenis masker wajah memiliki beberapa tujuan yang sama. Mereka dirancang untuk meningkatkan tekstur kulit, warna, dan keseimbangan kelembaban. Berikut manfaat masker yogurt dan cara membuatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/10/2019).

2 dari 7 halaman

Menambah Kelembapan

Ilustrasi yogurt
Ilustrasi yogurt (sumber: iStockphoto)

Tekstur lembut yogurt dianggap membantu mengunci kelembapan di kulit. Studi in-vitro dan in-vivo dari 2011 juga mendukung efek masker yogurt ini. Masker wajah yogurt sederhana yang dioleskan dua atau tiga kali seminggu akan kulit lebih yang lembut dan kenyal.

Jika kulit membutuhkan pelembap, kamu dapat mencoba menggunakan masker wajah yogurt untuk meremajakan kulit. Ketika yogurt dioleskan, nutrisi pada yogurt meningkatkan kadar air pada kulit. Ini membuat kulit lebih elastis dan meningkatkan kecerahan.

3 dari 7 halaman

Cerahkan dan Ratakan Warna Kulit

Ilustrasi Masker Wajah
Ilustrasi masker wajah (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Penelitian yang sama dari tahun 2011 juga menunjukkan bahwa masker yogurt berpotensi mencerahkan kulit. Asam laktat yang ada dalam yogurt menghambat produksi enzim yang disebut tirosinase. Enzim ini bertanggung jawab untuk produksi melanin. Melanin menyebabkan warna kulit menjadi gelap.

Bekas jerawat, paparan sinar matahari, atau bintik-bintik penuaan yang merupakan penyebab warna kulit yang tidak merata juga dapat diatasi dengan masker yogurt. Masker yogurt bisa meratakan warna kulit dengan bantuan probiotik alaminya.

Masker wajah yogurt juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Seng yang terkandung dalam yogurt membantu meringankan noda dan bekas luka dan juga mencerahkan warna kulit.

4 dari 7 halaman

Perlindungan terhadap Sinar Matahari

Sinar Matahari
Ilustrasi paparan sinar matahari/copyright shutterstock

Penelitian 2015 menunjukkan bahwa yogurt dapat membantu meminimalkan efek sinar ultraviolet (UV). Yogurt dapat membantu menciptakan penghalang penetralisir radikal bebas terhadap kulit, yang pada gilirannya mengurangi risiko bintik-bintik penuaan dan kerutan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Sengatan sinar matahari pada kulit disebabkan oleh sinar UV matahari. Ini merusak kulit, menghasilkan kemerahan dan kadang-kadang, lepuh. Menggunakan yogurt secara topikal dapat membantu menyembuhkan area yang terbakar sinar matahari.

Menerapkan yogurt ke area yang terbakar matahari bisa mendinginkan kulit. Ini karena yogurt kaya akan seng dan memiliki sifat anti-inflamasi. Seng akan membantu mengurangi kemerahan dan peradangan dan juga membantu menyeimbangkan minyak alami pada kulit.

5 dari 7 halaman

Tingkatkan Elastisitas untuk Cegah Penuaan

penuaan dini (sumber: istockphoto)
penuaan dini (sumber: istockphoto)

Yogurt juga dapat mendukung peningkatan elastisitas kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami kehilangan kolagen, sejenis protein yang meningkatkan elastisitas. Masker yogurt dapat membantu mengembalikan elastisitas sekaligus meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan.

Meningkatnya elastisitas juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan. Penelitian 2015 menunjukkan bahwa probiotik dalam yogurt dapat membantu melindungi terhadap tanda-tanda penuaan.

6 dari 7 halaman

Atasi Peradangan Kulit

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Probiotik juga dianggap membantu melawan bakteri P. acnes, penyebab utama jerawat. Probiotik mengurangi peradangan secara keseluruhan, yang pada gilirannya dapat menenangkan jerawat dan membantu mencegah jerawat kembali timbul.

Efek anti-inflamasi sama yang ditemukan dalam probiotik dianggap membantu mengobati kondisi kulit inflamasi lainnya. Ini termasuk rosacea, psoriasis, dan eksim. Yogurt juga memiliki sifat mikroba yang dapat mengobati peradangan kulit.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Masker Yogurt

Bahan-Bahan yang Harus Ada di Rumah untuk Buat Masker Wajah Alami
Ilustrasi masker wajah. (Foto: shutterstock.com)

Yogurt dapat digunakan sendiri sebagai masker wajah, tetapi kamu juga dapat memadukannya dengan bahan lain untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Cuci selalu wajah terlebih dahulu sebelum menerapkan masker wajah, dan biarkan hingga 15 menit. Berikut resep masker yogurt sederhana:

Masker yogurt yunani

Campurkan 1 cangkir yogurt Yunani dengan 1 sendok makan madu dan 2 atau 3 tetes minyak zaitun atau almond. Sapukan ke wajah dan biarkan selama 20 hingga 30 menit sebelum dibilas. Yoghurt yang padat dipadukan dengan khasiat pelembab dari madu dan minyak menciptakan perawatan yang sangat melembapkan dan merilekskan yang dapat memberikan kulit lebih bercahaya.

Masker yogurt untuk wajah berjerawat

Campur 1 sendok makan yogurt dan madu, 1 sendok teh jus lemon segar dan bubuk kunyit. Oleskan masker di wajah dan diamkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Cuci dengan air hangat dan gunakan handuk lembut untuk mengeringkannya.

 

Lanjutkan Membaca ↓