Bak Seluncur, Ini 6 Potret Jalan Paling Miring dan Curam di Dunia

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 22 Okt 2019, 17:45 WIB
Diperbarui 22 Okt 2019, 18:17 WIB
Baldwin Street

Liputan6.com, Jakarta Infrastruktur jalan menjadi salah satu kebutuhan penting sebagai sarana penunjang transportasi. Tingginya tingkat mobilitas manusia membuat jalan menjadi bagian yang begitu penting sekarang ini. 

Supaya manusia bisa beraktivitas, jalan-jalan dibangun mengikuti kontur daratan sesuai kebutuhan untuk memudahkan orang berpindah ke tempat lain. Mulai di daratan hingga pegunungan pun ada jalan.

Bicara tentang jalan, di Selandia Baru ada jalan paling miring dan curam di dunia. Baldwin Street terletak di kota Dunedin, Selandia Baru menjadi sorotan lantaran memiliki tingkat kemiringan hingga 38 derajat, seperti Liputan6.com lansir dari Rambling Feet, Selasa (22/10/2019).

Jalan sepanjang 350 meter ini pun dinobatkan Guinness Book of Record sebagai jalan paling curam di dunia. Jalan Baldwin Street memiliki perbandingan 1:2,86 dengan gradien 35 persen. Artinya, setiap 2,86 meter kita naik ke atas maka kemiringan akan bertambah sekitar 1 meter.

Berikut 6 potret Baldwin Street, jalan paling curam di dunia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/10/2019).

2 of 7

1. Alih-alih menggunakan aspal, jalan Baldwin Street itu berbahan dasar beton.

Baldwin Street
Baldwin Street (sumber: odt)
3 of 7

2. Saat cuaca panas, aspal dapat meleleh sehingga dikhawatirkan akan membuat jalan menjadi licin.

Baldwin Street (sumber: odt)
Baldwin Street (sumber: odt)
4 of 7

3. Baldwin Street sebenarnya merupakan hasil kesalahan dalam perencanaan pembangunan. Para perencana jalan tersebut tidak mempertimbangkan topografi Kota Dunedin secara jeli.

Baldwin Street, Jalan Paling Curam di Dunia
Wisatawan duduk di tengah jalanan paling curam di dunia, Baldwin Street, di kota Dunedin, Selandia Baru, 26 Agustus 2017. Jalan curam ini sendiri sebenarnya merupakan efek dari perencanaan pembangunan yang salah. (AP Photo/Mark Baker)
5 of 7

4. Hasilnya, jalan ini menjadi sangat curam. Saking curamnya jalan ini justru terlihat seperti seluncur.

Baldwin Street (sumber: odt)
Baldwin Street (sumber: odt)
6 of 7

5. Walaupun sangat curam, pemandangan di wilayah Baldwin Street ini sangat asri.

Baldwin Street
Baldwin Street (sumber: Atlas Obscura)
7 of 7

6. Sekarang ini jalan unik ini dijadikan destinasi wisata. Selain itu wisatawan juga bisa mengunjungi restoran, museum, kebun raya, ataupun tempat pembuatan bir di daerah tersebut.

Baldwin Street, Jalan Paling Curam di Dunia
Wisatawan berjalan menyusuri jalanan paling curam di dunia, Baldwin Street, di kota Dunedin, Selandia Baru, 26 Agustus 2017. Jalanan sepanjang 350 meter itu memiliki kemiringan yang ekstrem, yakni 1:2.86 dengan gradien 35 persen. (AP Photo/Mark Baker)
Lanjutkan Membaca ↓