Sukses

Ngemil di Malam Hari Bisa Turunkan Daya Ingat, Begini Penjelasan Ahli

Kebiasaan ngemil di malam hari dapat mengurangi kemampuan otak untuk mempelajari hal baru dan mengingat sesuatu.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak suka ngemil? Semua orang hampir semua menyukai ngemil. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Di sela-sela aktivitas tentunya makan makanan ringan akan jadi kegiatan yang menyenangkan.

Apalagi saat harus maraton nonton drama Korea, rasanya teman paling pas adalah aneka keripik yang gurih. Namun, jika kamu memiliki kebiasaan ini sebaiknya segera hentikan, apalagi ngemil di malam hari.

Menurut penelitian, kebiasaan ngemil di malam hari tidak baik untuk kesehatan. Tidak hanya merusak program diet kamu, kebiasaan nyemil di malam hari juga akan mempengaruhi kinerja otak.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 berjudul Misaligned feeding impairs memories mengungkapkan kebiasaan ngemil di malam hari dapat mengurangi kemampuan otak untuk mempelajari hal baru dan mengingat sesuatu, seperti yang Liputan6.com lansir dari Science Daily, Selasa (22/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menurunkan Daya Ingat Otak

Dalam penelitian yang dilakukan tim peneliti dari University of California tersebut, menganalisis perilaku dan kemampuan kognitif tikus yang telah diatur jadwal makannya. Tikus tersebut dibagi menjadi dua kategori, kelompok pertama diberi makan saat mereka tengah aktif, dan kelompok kedua diperbolehkan makan saat akan tidur.

Tim peneliti pun menguji seberapa baik ingatan tikus-tikus tersebut dalam mengenali objek tertentu. Hasilnya, tikus yang makan di jam-jam tidur, secara signifikan kurang mampu mengingat objek ketimbang tikus yang diberi makan pada jam normal mereka.

Para peneliti juga melakukan penelitian pada pekerja yang biasa bekerja di malam hari. Hasilnya, pekerja yang bekerja di malam hari akan mengalami penurunan fungsi kerja otak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan jika nyemil di malam hari sama sekali tidak baik untuk perkembangan otak kamu. Tentu saja hal ini juga dapat membuat perut kamu semakin lebar.

Jika kamu sangat ingin nyemil di malam hari, sebaiknya ganti camilan kamu dengan buah. Pilih buah apel karena membantu kamu tetap terjaga. Kamu bisa minum kopi agar kamu tetap terjaga sambil menonton drama korea kegemaran kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini