5 Cara Mengatasi Jerawat saat Hamil Secara Alami, Mudah dan Aman

Oleh Nisa Mutia Sari pada 18 Okt 2019, 20:00 WIB
Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Liputan6.com, Jakarta Jerawat bisa muncul kapan saja, termasuk saat masa kehamilan. Jerawat saat hamil sering muncul di trimester pertama. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon pada ibu hamil yang mengakibatkan meningkatnya produksi minyak di kulit. 

Walaupun tak memberikan masalah yang sangat berarti, namun beberapa ibu hamil yang sedang jerawat kerap merasa terganggu hingga memengaruhi kondisi psikisnya. Berbagai carapun dilakukan untuk meringankan atau menghilangkan jerawatnya.

Penggunaan obat jerawat menjadi cara yang dirasa ampuh. Namun, adanya bahan aktif retinoid yang biasa terdapat dalam obat jerawat dapat menyebabkan berbagai masalah seperti hidrosefalus, kecacatan pada daerah kepala dan wajah janin, kecacatan pada organ jantung, hingga kematian janin.

Hal ini dikarenakan bahan tersebut bersifat teratogen, yaitu kondisi atau agen yang secara potensial membahayakan organisme prenatal. Selain bahan itu, benzoil peroksida dan asam salisilat juga perlu dibatasi dengan pengawasam dokter.

Karena ibu hamil tidak disarankan untuk menggunakan obat jerawat sembarangan, Anda bisa mengatasi jerawat dengan bahan alami yang lebih aman. Berikut ada beberapa cara mengatasi jerawat saat hamil secara alami yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/10/2019).

2 of 6

Cara mengatasi jerawat dengan madu

Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil
Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)

Madu sudah dikenal punya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Maka tak heran, bahan alami ini banyak digunakan untuk mengatasi dan mencegah berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Madu punya sifat yang menyejukkan kulit. Hal ini dikarenakan madu mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi dan anti-bakter yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Oleh karena itu, bagi ibu hamil yang sedang mengalami jerawat, bisa menggunakan madu sebagai perawatannya. Anda bisa menggunakannya langsung dengan mengoleskan madu ke bagian yang berjerawat selama 30 menit.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya untuk membuat masker wajah. Setelah pemakaian, Anda bisa langsung membilasnya dengan air hangat. Pilihlah madu yang benar-benar asli, bukan yang sudah ditambahkan gula.

3 of 6

Cara mengatasi jerawat dengan minyak kelapa murni

Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil
Minyak kelapa/boldsky

Bahan alami yang bisa digunakan ibu hamil yang sedang berjerawat berikutnya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki zat anti-jamur dan anti-bakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa menyejukkan kulit. Pilihlah minyak kelapa murni, yang belum dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Minyak kelapa murni ini bisa Anda gunakan sebagai pengganti pelembap sebelum tidur.

4 of 6

Cara mengatasi jerawat dengan soda kue

Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil
Soda kue. Sumber : beautylab.nl.

Cara mengatasi jerawat saat hamil dengan menggunakan bahan alami lainnya adalah soda kue. Untuk mengatasi jerawat dengan soda kue, ibu hamil bisa membuatnya menjadi masker untuk wajah.

Cara membuat masker dari soda kue adalah dengan mencampurkan satu sendok makan soda kue dengan air. Aduk hingga rata sampai menjadi seperti pasta. Oleskan pasta soda kue ini ke bagian jerawat dan diamkan hingga mengering. Setelah itu, bilas bersih dengan menggunakan air.

5 of 6

Cara mengatasi jerawat dengan cuka sari apel

Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil
Ilustrasi cuka sari apel. Sumber foto: unsplash.com/RawPixel.

Bahan alami yang bisa dipilih untuk mengatasi jerawat pada ibu hamil lainnya adalah cuka sari apel. Anda bisa menggunakan cuka sari apel sebagai toner. Toner ini merupakan cuka sari apel yang sudah dicampur air.

Untuk menggunakannya, kamu bisa merendam kapas dengan cuka sari apel yang sudah diencerkan tersebut. Kemudian oleskan ke kulit wajah Anda untuk menyerap minyak.

Perlu digarisbwahi untuk mencairkan cuka sari apel dengan air. Jangan menggunakan cuka murni pada kulit, karena sangat asam dan dapat menyebabkan luka bakar. Apabila kulit Anda terasa kering, hentikan perawatan dengan cuka sari apel ini.

6 of 6

Cara mengatasi jerawat dengan oatmeal dan timun

Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil
Masker oatmeal (Via: www.agoodhue.net)

Perpaduan oatmeal dengan timun mampu menyejukkan kulit. Untuk menggunakannya sebagai cara mengatasi jerawat saat hamil, Anda bisa menjadikannya sebagai masker.

Cukup campurkan kedua bahan tersebut, lalu masukkan ke dalam lemari pendingin. Kemudian oleskan masker oatmeal dan timun tersebut ke wajah. Diamkan hingga 10 hingga 15 menit dan bilas setelahnya dengan air bersih.

 

Lanjutkan Membaca ↓