Cara Menurunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki, Alami dan Ampuh

Oleh Nisa Mutia Sari pada 17 Okt 2019, 09:35 WIB
Diperbarui 17 Okt 2019, 09:35 WIB
Cara Menurunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki
Perbesar
Manfaat Olahraga Berjalan Kaki

Liputan6.com, Jakarta Punya berat badan berlebih atau tidak ideal kerap menjadi masalah bagi sebagian orang. Selain menurunkan rasa percaya diri, berat badan tidak ideal bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. 

Hal inilah yang menyebabkan seseorang rela melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan untuk mendapatkan tubuh ideal. Salah satu cara yang dirasa paling efektif menurunkan berat badan dengan berolahraga.

Tak perlu melakukan olahraga berat. Kamu bisa melakukan olahraga ringan atau sederhan, yaitu berjalan kaki. Tak sulit, bukan? Kamu bisa sedikit meluangkan waktu untuk berjalan kaki guna menurunkan berat badan.

Berikut ada beberapa cara menurunkan berat badan dengan jalan kaki yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/10/2019).

2 dari 4 halaman

Durasi Waktu yang Dibutuhkan

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki
Perbesar
Ilustrasi jalan kaki (iStock)

Menurunkan berat badan dengan jalan kaki, kamu bisa meluangkan waktu selama 30 hingga 90 menit setiap harinya dalam seminggu. Selain itu, kamu juga bisa jalan kaki lebih banyak atau bahkan kurang dari itu. Namun, pastikan waktu total waktu yang digunakan untuk jalan kaki dalam seminggu setidaknya 150 menit atau 2,5 jam.

Untuk mengawalinya, kamu bisa memulainya secara perlahan. Berjalan kakilah dengan langkah yang lebih pendek dan teratur dengan meningkatkan waktu secara perlahan. Pastikan untuk tidak melewatkan jalan kaki lebih dari satu hari secara berturut-turut.

Kamu perlu konsisten berjalan kaki untuk membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan membangun kebiasaan baru ini. Ketika kamu tidak melakukan jalan kaki, kamu bisa mencoba latihan fisik lainnya seperti angkat beban setidaknya sehari saja dalam seminggu.

Jika kamu telah mencapai berat badan yang diinginkan dan ingin mempertahankannya, kamu bisa melanjutkan kebiasaan jalan kaki ini sebagai kegiatan rutin. Lakukan jalan kaki selama 60 hingga 90 menit setiap hari dalam seminggu dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori.

3 dari 4 halaman

Jika Tak Punya Waktu, Kamu Bisa Lakukan Ini

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Sebagian orang mungkin tak punya banyak waktu, sehingga tak dapat meluangkan waktu selama 30 menit untuk berjalan kaki. Tenang saja, kamu bisa membagi berjalan kaki menjadi dua atau tiga kali dalam sehari dengan durasi yang lebih singkat. Kamu bisa melakukannya selama 10 menit dengan langkah yang lebih cepat.

Seberapa lamapun kamu berjalan kaki, jangan lupa untuk melakukan pemanasan selama 5 menit dengan kecepatan sedang. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan interval intensitas tinggi, tangga, dan jalan cepat untuk mendapatkan hasil maksimal dari jalan kaki dengan durasi yang sebentar tersebut.

Sebuah penelitian yang terbit pada tahun 2017 menunjukkan bahwa interval dengan intensitas tinggi sama baiknya dengan latihan intensitas sedang yang dilakukan secara terus-menerus. Hal ini juga dapat menjadi cara yang baik untuk menyesuaikan latihan dalam keseharianmu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jalan Kaki Cepat

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki
Perbesar
Jalan Cepat (Foto: blog.codyapp.com)

Ketika melakukan jalan kaki cepat, tubuh akan membakar 100 hingga 300 kalori dalam 30 menit (disesuaikan dengan berat badan) atau 200 hingga 600 kalori dalam 1 jam. Hal ini dikarenakan tubuh akan membakar gula yang disimpan sebagai bahan bakar atau energi.

Pada sebuah studi dari Kanada juga menemukan bahwa jalan kaki cepat selama satu jam setiap harinya dapat mengurangi lemak perut pada wanita sebanyak 20% selama 13 minggu.

Masih ada manfaat jalan kaki cepat lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain mampu menjaga kesehatan otak, memperkuat tulang, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut Jessica Smith, seorang pelatih kebugaran mengatakan, jalan kaki merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan kebugaran serta mengendalikan berat badan. Selain mudah dilakukan, jalan kaki bisa dilakukan oleh siapa saja, murah, dan praktis.

Lanjutkan Membaca ↓