7 Makanan Bayi 6 Bulan Terbaik yang Mudah Dibuat dan Pengaturan Jadwal Makan

Oleh Husnul Abdi pada 16 Okt 2019, 16:20 WIB
Diperbarui 18 Okt 2019, 16:13 WIB
Makanan Bayi 6 Bulan Terbaik

Liputan6.com, Jakarta Makanan bayi 6 bulan sangat penting diberikan bila sudah waktunya. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bayi hampir tumbuh sempurna, sehingga membuat bayi beradaptasi dengan makanan pendamping ASI akan sangat berguna.

Sebenarnya, sumber utama nutrisi yang terbaik bagi bayi pada 2 tahun pertama kehidupannya tentu saja adalah Air Susu Ibu atau ASI. Namun, pada usia 6 bulan ini bayi memerlukan nutrisi tambahan untuk mencukupi kebutuhannya, sehingga diperlukan makanan pendamping ASI.

Makanan bayi 6 bulan terbaik yang mudah dibuat harus diatur jadwal pemberiannya. Hal ini dilakukan untuk membuat bayi bisa beradaptasi dengan makanan padat dengan baik. Makanan pendamping ASI biasanya berbentuk bubur dan dari bahan alami agar mudah dicerna bayi.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang makanan bayi 6 bulan dari berbagai sumber, Rabu (16/10/2019).

2 of 5

Kentang dan Pisang

Buah Pisang
Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

Kentang

Makanan bayi 6 bulan yang pertama adalah Kentang. Makanan satu ini bisa kamu berikan pada bayi untuk memperkenalkan rasa gurih. Kamu cukup merebus kentang tersebut sampai lunak dan menambahkan susu, kemudian kamu sudah bisa memberikannya kepada bayi untuk dikonsumsi.

Pisang

Makanan bayi 6 bulan selanjutnya adalah bubur pisang. Tentu saja bubur pisang sudah merupakan hal yang biasa diberikan kepada bayi. Selain karena rasa pisang yang memang disukai banyak orang, pisang juga memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh, cocok untuk menjadi makanan pendamping ASI.

Dengan mengandung serat, vitamin A, asam folat, kalium, dan fosfor, membuat pisang menjadi makanan bayi 6 bulan yang aman bagi perut bayi. Kamu juga bisa langsung memberikan pisang tersebut kepada bayi hanya dengan melumatnya sedikit.

Syaratnya, pisang harus benar-benar matang sempurna, sehingga si bayi tidak kewalahan dalam mencernanya. Ditambahkan dengan sedikit ASI juga bisa memudahkan si bayi mengonsumsinya.

3 of 5

Alpukat dan Pepaya

Buah Alpukat
Ilustrasi Buah Alpukat (iStockphoto)

Alpukat

Tak jauh berbeda dengan buah pisang, tekstur alpukat yang lunak juga cocok menjadi makanan bayi 6 bulan. Buah berwarna hijau yang sering dibuat menjadi jus ini mengandung banyak sekali vitamin A, Vitamin C, magnesium, hingga lemak baik yang dibutuhkan untuk kesehatan bayi.

Kandungan kandungan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta kemampuan motorik bayi, sehingga sangat tepat dijadikan makanan bayi 6 bulan. Tentunya buah alpukat ini nantinya harus dibuat menjadi bubur terlebih dahulu untuk kemudahan si bayi dalam mencernanya.

Pepaya

Buah pepaya juga memiliki tekstur yang hampir mirip dengan buah pisang dan alpukat yang lunak. Dengan berbagai kandungan yang ada di dalam buah pepaya ini, kamu bisa menjadikannya sebagai makanan bayi 6 bulan yang menyehatkan.

Dengan kandungan enzim papain, pepaya dapat melancarkan proses pencernaan bayi. Selain itu pepaya juga dapat membantu proses perkembangan otak dengan kandungan zat besi dan asam folat yang dimilikinya. Serta pepaya juga memiliki kandungan kalsium dan zink yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang bayi.

4 of 5

Wortel, Ubi Jalar, dan Labu Kuning

Wortel
Wortel / Sumber: iStockphoto

Wortel

Sayur-sayuran tentunya sangat baik bagi kesehatan manusia. Begitu pula untuk kesehatan bayi. Salah satu sayur sayuran yang sangat dianjurkan untuk makanan bayi 6 bulan adalah wortel.

Tentunya dengan dijadikan bubur terlebih dahulu, wortel akan sangat baik untuk kesehatan bayi dengan kandungan seperti vitamin A dan juga mineral yang tinggi. Sebelum dijadikan bubur, jangan lupa untuk merebus wortel terlebih dahulu.

Ubi Jalar

Menjadikan ubi jalar menjadi bubur susu dengan mengukusnya, lalu melumatnya bersama ASI bisa menjadi makanan bayi 6 bulan yang sangat menyehatkan. Dengan kandungan Vitamin A, vitamin E, dan vitamin C, serta zat besi dan kalsium membuat ubi jalar sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan. Bahkan ubi jalar berkhasiat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si bayi dan mencegah sembelit.

Labu Kuning

Labu kuning merupakan sebuah sayuran tinggi serat yang memiliki banyak sekali kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Teksturnya yang lunak dan lembut, serta rasanya yang manis sangat cocok menjadi makanan bayi 6 bulan yang baru mengawali tahapan untuk makan.

Dengan kandungan vitamin A, vitamin K, vitamin C, beta karoten, vitamin B3 serta Niacin membuat labu kuning ini menjadi salah satu makanan bayi 6 bulan yang sangat baik dikonsumsi bayi. Selain itu, labu kuning juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, kalium, zat besi fosfor, hingga magnesium. 

5 of 5

Mengatur Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

MPASI
Ilustrasi MPASI/copyright shutterstock

Makanan bayi 6 bulan harus diberikan secara betahap pada bayi. Pengaturan jadwal makan akan sangat penting untuk bayi beradaptasi dengan perubahan jenis dan tekstur makanan.

Berikut jadwal makan bayi 6 bulan yang direkomendasikan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia:

- 06.00-07.00: ASI, sebanyak yang diinginkan bayi.

- 09.00-10.00: Puree buah, sebanyak 2-3 sendok makan.

- 12.00-12.30: ASI, sebanyak yang diinginkan bayi.

- 14.00-15.00: Puree buah, sebanyak 2-3 sendok makan.

- 17.30-18.00: ASI, sebanyak yang diinginkan bayi.

- 20.00-21.00: ASI, sebanyak yang diinginkan bayi.

Jadwal makan bayi 6 bulan mungki bisa berbeda pada tiap bayi, namun jarak pemberian makan tersebut kurang lebih sama, yaitu sekitar 6-8 kali sehari.

Lanjutkan Membaca ↓