Sulli Eks f(x) Meninggal Dunia Bunuh Diri, Ini 6 Fakta Sosoknya

Oleh Novita Ayuningtyas pada 14 Okt 2019, 18:50 WIB
Diperbarui 16 Okt 2019, 15:14 WIB
Sulli (Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari industri hiburan Korea Selatan. Pasalnya penyanyi sekaligus aktris Sulli eks f(x) ditemukan meninggal dunia di dalam apartemen pribadinya.

Dilansir Liputan6.com dari Soompi, Senin (14/10/2019) Sulli ditemukan meninggal dunia oleh sang manager di dalam apartemen pribadinya. Manager Sulli pun langsung membuat laporan kepada petugas kepolisian terdekat dan pihak pemadam kebakaran. Pihak kepolisian langsung melakukan investigasi setelah mendapat laporan jika wanita 25 tahun tersebut telah meninggal dunia.

Tentu saja berita terkait meninggalnya Sulli eks f(x) ini mengejutkan banyak pihak. Mulai dari para penggemar, keluarga hingga para selebritis Korea lainnya. Wanita yang memiliki nama asli Choi Jin Ri ditemukan meninggal dunia pada Senin (14/10/2019) pukul 15.20 waktu setempat atau sekitar pukul 13.20 WIB.

 

Pihak kepolisian pun telah memberikan konfirmasi terkait meninggalnya aktris yang lahir pada 29 Maret 1994. Pihak kepolisian menjelaskan jika Sulli meninggal dunia karena bunuh diri di lantai dua apartemen yang terletak di Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.

Sehari sebelum ditemukan meninggal dunia oleh sang manager, artis yang berada dibawah naungan SM Entertainment ini masih melakukan syuting iklan. Bahkan, ia juga mengunggah video di akun Instagram pribadinya. Beberapa waktu lalu, Sulli juga tampil sebagai cameo dalam drama Hotel Del Luna yang dibintangi oleh IU.

Pihak kepolisian mengonfirmasi jika ada kemungkinan Sulli bunuh diri karena depresi berat. Meski telah dikonfirmasi jika Sulli eks f(x) meninggal dunia karena bunuh diri, hingga kini belum ada konfirmasi lanjutan dari pihak keluarga serta agensi SM Entertainment. Meski begitu, beberapa sahabat selebritis telah menyampaikan bela sungkawan, seperti Goo Hye Sun serta Amber rekannya dalam grup f(x).

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (14/10/2019) berikut ini beberapa fakta terkait Sulli yang meninggal dunia karena bunuh diri di apartemen.

2 of 7

1. Debut sejak usia 11 tahun.

Sulli Choi
Sulli Choi (Vogue)

Sulli dikenal sebagai salah seorang anggota grup besutan SM Entertainment yaitu f(x). Namun, sebelum menjadi anggota girlgrup, ia telah lebih dulu debut sebagai seorang aktris cilik.

Wanita yang lahir di Kota Yangsan, Provinsi Gyeongsang Selatan, Korea Selatan ini memulai debutnya sejak usia 11 tahun. Sulli mendapat peran sebagai putri Sunhwa dalam drama The Ballad of Seodong. Tak hanya itu, ia juga beberapa kali menjadi cameo dalam drama Korea. Pada 2012 silam, ia juga pernah bermain drama bersama rekan seagensinya, Choi Minho dari Shinee dalam drama To The Beatiful You. Perannya dalam drama tersebut juga membuat nama Sulli semakin dikenal.

3 of 7

2. Miliki impian sebagai penyanyi terkenal.

[Bintang] Jarang Muncul, Sulli Comeback dengan Reality Show Terbaru
Setelah keluar dari grup f(x), Sulli memang tak aktif lagi sebagai penyanyi. (Foto: instagram.com/jelly_jilli)

Tak hanya memiliki bakat dalam akting saja. Akan tetapi Sulli juga memiliki keinginan menjadi seorang penyanyi. Ia pun memilih untuk mengikuti audisi yang diadakan oleh SM Entertainment dengan membawa lagu dari S.E.S. Dalam audisi tersebut Sulli berhasil lolos dan menjadi salah satu trainee SM Entertainment.

Ia menjadi trainee dari SM Entertainment dan masuk dalam asrama yang sama dengan Taeyeon dan Tiffany Girl Generation (SNSD). Bahkan, hingga SNSD debut pada 2007, Sulli tetap berada di asrama tersebut.

4 of 7

3. Bergabung sebagai member f(x).

Sulli
Sulli mantan personel f(X). (dok.Instagram @sulli29/https://www.instagram.com/p/Bygy6Oipsk_/Henry

Setelah cukup lama menjadi seorang tarinee di agensi SM Entertainment, Sulli pun berhasil debut sebagai salah satu member dari girlgrup f(x). Dalam debutnya, Sulli bersama empat orang lainnya yaitu Krystal, Luna, Amber serta Victoria mengeluarkan single pertama berjudul La Ch Ta. Grup f(x) sendiri berhasil mendapat sorotan netizen karena memiliki konsep yang cukup unik.

5 of 7

4. Vakum lama saat di puncak karier.

Sulli f(x)
Sulli, mantan personel girlband ternama K-Pop f(x)

Menjadi anggota dari girlgrup f(x) membuatnya menjadi sorotan. Ditambah lagi dengan kariernya sebagai seorang aktris dan model. Namun, usai merilis album Red Light pada Juli 2014 lalu, Sulli memutuskan untuk vakum dari industri hiburan.

Vakumnya Sulli dari dunia entertain sendiri terbilang cukup lama, yaitu selama 14 bulan. Hingga pada 7 Agustus 2015 lalu, pihak agensi yang menaungi Sulli mengumumkan jika dirinya sudah bukan lagi bagian dari f (x).

6 of 7

5. Sempat tuai kontroversi.

Sulli (Instagram/ jelly_jilli)
Sulli (Instagram/ jelly_jilli)

Sebelumnya, Sulli sempat membuat sebuah program reality show mengenai dirinya yang bernama Truth Store. Dalam acara tersebut, Sulli juga pernah mengakui jika dirinya tengah mengalami masa-masa yang cukup sulit. Bahkan tak sedikit pula Sulli mendapat hujatan setelah keluar dari grup f(x).

Tak hanya itu saja, dirinya juga beberapa kali tersandung masalah kontroversi terutama saat menjalani hubungan dengan Choiza.

7 of 7

6. Akui miliki gangguan mental.

[Bintang] Sulli
Sulli, eks personil f(x). foto: koreaboo

Pada Oktober 2108 Sulli angkat bicara bahwa dia memiliki masalah mental. Ia juga sempat mengakui jika dirinya sempat mengalami gangguan panik dan juga sindrom popularitas. Ia berjuang mengatasi gangguan panik dan fobia sosial.

"Fobia sosial, gangguan panik. Aku mengalami gangguan panik sejak aku masih kecil," kata Sulli buka-bukaan dalam teaser reality show Jinri Store seperti dikutip Allkpop.

"Ada saat ketika orang-orang dekat meninggalkanku, itu masa yang sulit. Aku terluka," katanya.

"Aku merasa tidak ada orang yang ada di sampingku, tidak ada yang memahamiku," ucap Sulli lagi, 

Lanjutkan Membaca ↓