Sukses

5 Jenis Diet yang Berbahaya untuk Kesehatan, Segera Hindari

Liputan6.com, Jakarta Saat berat tubuh sudah melebihi batas ideal, kamu mungkin akan merencanakan diet penurunan berat badan. Pada titik ini kamu mungkin fokus pada hasil yang cepat. Meski banyak model diet yang membuat angka timbanganmun menyusut dengan tepat, kamu perlu mempertimbangkan keamanan jangka panjangnya.

Pemeliharaan berat badan bisa lebih sulit daripada proses penurunan berat badan. Beberapa jenis diet memang bisa membuat kamu memiliki berat badan ideal dengan cepat, tetapi banyak yang sulit diikuti, memiliki aturan yang sewenang-wenang, dan beberapa bisa membahayakan kesehatan.

Diet terbaik yang bekerja untuk jangka panjang adalah yang sesuai dengan gaya hidupmu. Diet untuk menurunkan berat badan juga harus diiringi dengan pola hidup sehat seperti berolahraga.

Jadi, ketika kamu memilih rencana diet untuk menurunkan berat badan, pertimbangkan benar konsekuensinya. Berikut 6 jenis diet yang berbahaya bagi kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (12/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Diet makanan mentah (Raw Food Diet)

Para pelaku diet makanan mentah percaya bahwa mengonsumsi makanan mentah dalam proporsi tinggi membuat mereka lebih sehat. Tiga perempat dari diet orang tersebut harus terdiri dari makanan mentah.

Pecinta makanan mentah mengatakan memasak menghancurkan nutrisi. Namun, para ahli kesehatan memperingatkan bahwa makan sebagian besar makanan mentah dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang negatif.

Pelaku diet ini berisiko tidak mendapatkan cukup nutrisi, termasuk protein, vitamin B12, zat besi, kalsium, asam lemak, dan vitamin D. Satu studi menemukan bahwa vegetarian makanan mentah mungkin memiliki massa tulang yang lebih rendah, meskipun tulang mereka tampaknya sehat.

Meskipun benar bahwa produk memasak kadang-kadang dapat mengurangi tingkat nutrisi, sayuran yang dimasak masih mengandung banyak serat, vitamin dan mineral. Dalam beberapa kasus memasak benar-benar meningkatkan nutrisi sekaligus membunuh bakteri.

3 dari 6 halaman

Diet Makanan Bayi (Baby Food Diet)

Jenis diet ini sempat populer di kalangan pelaku diet. Seleb dunia seperti Jennifer Anniston, Reese Witherspoon, dan Cheryl Cole dikabarkan sukses menjalankan diet ini. Diet ini berfokus untuk memotong kalori dan mengontrol porsi menyerupai makanan bayi.

Diet ini menggantikan sarapan dan makan siang dengan sekitar 14 botol makanan bayi. Kebanyakan botol makanan bayi mengandung 20 dan 100 kalori masing-masing. The Baby Food Diet adalah diet ketat yang dapat membantumu menurunkan berat badan untuk jangka pendek.

Tapi setelah kamu berhenti melakukan diet ini, berat badanmu akan kembali naik. Sementara itu, melakukan diet ini dalam jangka waktu lama akan membuat tubuh kekurangan nutrisi. Ini karena porsi kebutuhan makanan orang dewasa tak bisa disamakan dengan bayi. Diet ini tidak memberikan kalori dan nutrisi yang cukup untuk bahan bakar tubuh.

4 dari 6 halaman

HCG Diet

Diet hCG menggabungkan penggunaan suplemen hormon dan pembatasan kalori untuk mendorong penurunan berat badan. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa diet ini aman atau berfungsi dengan cara yang diklaim oleh para pendukungnya.

Human chorionic gonadotropin atau hCG adalah hormon yang diproduksi tubuh wanita selama kehamilan untuk membantu perkembangan embrio dan janin. Meskipun penyedia layanan kesehatan mungkin secara legal memberi suntikan HCG, mereka biasanya digunakan untuk mengobati masalah kesuburan pada wanita.

Para ahli mengatakan bahwa diet hCG tidak aman dan juga tidak efektif. Penggunaan hCG dapat menyebabkan berbagai efek samping potensial, termasuk perubahan suasana hati, penumpukan cairan di jaringan tubuh, payudara membesar pada pria, dan gumpalan darah.

5 dari 6 halaman

Diet Sup Kubis

Diet Sup Kubis adalah diet penurunan berat badan jangka pendek. Seperti namanya, diet ini melibatkan makan sup kubis dalam jumlah besar. Dengan diet ini kamu harus makan sup kubis bebas lemak dua hingga tiga kali sehari selama seminggu bersama dengan makanan rendah kalori lainnya seperti pisang dan susu skim.

Pendukung diet mengatakan bahwa hal itu dapat membantu mengurangi berat hingga 4,5 kg dalam satu minggu, tetapi banyak ahli kesehatan memperingatkan bahwa diet ini tidak sehat dan hasilnya tidak berkelanjutan.

Meskipun Diet Sup Kubis dapat membantu menurunkan berat badan, kelemahannya mungkin lebih besar daripada manfaatnya. Dalam jangka pendek, ini memang menghasilkan penurunan berat badan. Sebaliknya, diet ini dapat membuatmu kekurangan protein dan meningkatkan kembung. Tanpa banyak protein, kamu akan kehilangan otot selama diet.

6 dari 6 halaman

Master Cleanse/ Lemonade Diet

Diet Master Cleanse, juga dikenal sebagai Diet Lemonade, adalah jus modifikasi yang digunakan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Tidak ada makanan padat yang dimakan setidaknya selama 10 hari, dan satu-satunya sumber kalori dan nutrisi adalah minuman lemon manis buatan sendiri.

Pendukung diet ini mengatakan bahwa metode ini melelehkan lemak dan membersihkan racun tubuh. Hanya meminum jus lemon tidak memberikan cukup serat, protein, lemak, vitamin atau mineral untuk kebutuhan tubuh.

Selain itu, membatasi asupan kalori dapat membebani tubuh dan untuk sementara waktu meningkatkan kadar hormon stres kortisol, yang terkait dengan kenaikan berat badan dari waktu ke waktu.

Diet yang sangat rendah kalori, termasuk Master Cleanse, dapat menyebabkan efek samping pada beberapa orang. Keluhan yang paling umum adalah bau mulut, sakit kepala, pusing, kelelahan, lekas marah, kelemahan otot dan kram, rambut rontok, toleransi dingin yang buruk dan mual. Batu empedu juga dapat terjadi pada beberapa orang, karena penurunan berat badan yang cepat meningkatkan risiko pengembangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini