4 Manfaat Memakai Kacamata Hitam bagi Kesehatan Mata

Oleh Husnul Abdi pada 10 Okt 2019, 08:14 WIB
Kacamata Hitam

Liputan6.com, Jakarta Manfaat memakai kacamata hitam bagi kesehatan mata tidak bisa diremehkan. Ternyata kacamata hitam ini tidak hanya untuk gaya-gayaan saja. Banyak orang yang memakai kacamata hitam sekadar untuk gaya-gayaan, padahal dibalik itu banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakannya. 

Kacamata hitam mempunyai peranan penting untuk melindungi mata dari bahaya sinar matahari. Sinar matahari saat tengah hari tidak baik untuk kesehatan, karena radiasi UV paling kuat terjadi pada jam 10 pagi hingga 4 sore. Karena itulah dibutuhkan kacamata hitam untuk melindungi mata dari radiasi UV tersebut.

Manfaat memakai kacamata hitam bagi kesehatan mata bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit. Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan mata, sebaiknya kamu segera menggunakan kacamata hitam yang memiliki frame cukup besar agar menutupi seluruh bagian mata.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/10/2019) tentang manfaat memakai kacamata hitam bagi kesehatan mata

2 of 6

Mencegah Katarak

Katarak
Katarak (KlikDokter)

Manfaat memakai kacamara hitam bagi kesehatan mata yang pertama adalah dapat mencegah penyakit katarak. Katarak merupakan gangguan penglihatan yang menyebabkan penglihatan menjadi keruh. Penderita katarak akan merasa penglihatan menjadi kabur dan sensitif pada cahaya yang menyilaukan.

Biasanya, katarak terjadi karena penuaan, di mana ketika memasuki usia 40 tahun, protein pada lensa mata mulai rentan rusak. Paparan sinar UV bisa menjadi salah satu faktor risiko untuk mempercepat terjadinya katarak.

Jadi, dengan menggunakan kacamata hitam kamu bisa mencegah terjadinya katarak ini.

3 of 6

Mencegah Pterygium

Pterygium
Pterygium (KlikDokter)

Selain itu, memakai kacamata hitam juga dapat mencegah penyakit mata lainnya, yaitu Pterygium. Kondisi ini ditandai dengan adanya jaringan selaput kekuningan atau kemerahan yang tumbuh pada bagian putih mata.

Pada beberapa kasus, jaringan ini tumbuh hingga ke bagian kornea. Tumbuhnya pterygium bisa dipicu oleh seringnya seseorang terpapar sinar UV dan debu.

Pterygium biasanyanya terjadi pada seseorang yang banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, tinggal di iklim hangat dan sering mengabaikan memakai kacamata hitam. Jaringan yang tumbuh ini memang tidak bersifat kanker, namun jika semakin mengganggu atau sudah menutupi kornea dan mengganggu penglihatan, diperlukan operasi untuk mengangkatnya.

4 of 6

Mencegah Fotokonjungtivitis dan Fotokeratitis

Penyakit Mata
Penyakit Mata (sumber: iStockphoto)

Manfaat memakai kacamata hitam bagi kesehatan mata selanjutnya adalah dapat mencegah Fotokonjungtivitis atau Fotokeratitis. Paparan sinar ultraviolet, baik alami atau buatan, yang terjadi dalam jangka waktu panjang mengakibatkan kornea mengalami kerusakan berat atau terbakar. Kondisi ini disebut dengan fotokeratitis.

Seseorang yang terkena fotokeratitis akan mengalami pusing, mata nyeri dan terus menerus berair, kelopak mata bengkak, mata merah, hingga hilangnya penglihatan sementara. Sedangkan fotokonjungvitis adalah kondisi di mana konjungtiva mata mengalami radang setelah beberapa jam terpapar sinar matahari, dan dapat terasa sangat menyakitkan.

5 of 6

Mencegah Pinguekula

Mata (Makistock/Shutterstock)
Ilustrasi Mata (Makistock/Shutterstock)

Selanjutnya, manfaat memakai kacamata hitam bagi kesehatan mata juga dapat mencegah pinguekula. Gangguan mata ini ditandai dengan adanya benjolan kuning pada bagian konjungtiva (selaput bening dan tipis yang melapisi permukaan putih bola mata) di dekat kornea.

Kondisi ini seringkali menyerupai pterygium. Penyebabnya pun sama, yaitu seringnya mata terpapar sinar matahari tanpa menggunakan kacamata hitam. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi menggunakan kacamata hitam untuk menjaga kesehatan mata.

6 of 6

Memilih Kacamata Hitam

Kacamata Hitam
Kacamata Hitam (Sumber: Pixabay)

Memilih kacamata hitam tentunya tidak untuk gaya-gayaan saja. Kamu harus mempertimbangkan fungsinya dalam melindungi mata dari sinar UV. Pilih lensa gelap dengan kegelapan yang merata. Selain itu, kamu juga harus memilih kacamata yang berukuran besar sehingga melindungi mata dari sinar UV.

Ada beberapa jenis lensa kacamata hitam yang bisa jadi pilihan:

- Kacamata dengan lensa polarisasi.

- Kacamata berlensa polikarbonat.

- Kacamata berlensa fotokromik.

- Kacamata dengan lensa gradien.

- Kacamata dengan lensa memblokir sinar biru dari elektronik.

Lanjutkan Membaca ↓