Ciri Orang Cerdas dan Jenius, Punya Kelebihannya Masing-Masing

Oleh Nisa Mutia Sari pada 09 Okt 2019, 15:00 WIB
Ciri Orang Cerdas dan Jenius

Liputan6.com, Jakarta Terdapat ciri orang cerdas dan jenius. Ya, kebanyakan dari orang beranggapan orang jenius adalah yang lebih dari sekedar cerdas. Jenius merupakan istilah untuk menyebut seseorang dengan kapasitas kecerdasan di atas rata-rata di bidang intelektual, terutama yang kreatif dan orisinil.

Sedangkan orang cerdas, merupakan kemampuan seseorang dalam menyerap sebuah informasi dan memprosesnya secara logis untuk diaplikasikan ke dalam konteks nyata di lingkungan. Ada ciri orang cerdas dan jenius lainnya yang bisa dikenali.

Untuk menilai orang itu cerdas atau jenius bisa dilihat dari skor IQ-nya. Pada orang jenius memiliki IQ di atas 140. Namun, semuanya tidak bisa difokuskan begitu saja. Masih ada faktor lainnya untuk bisa menilai orang itu cerdas atau jenius.

Untuk lebih mengenalnya, berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa ciri orang cerdas dan jenius yang perlu dikenali, Rabu (9/10/2019).

2 of 7

Ciri Orang Cerdas: Mudah Beradaptasi dan Selalu Penasaran

Ciri Orang Cerdas dan Jenius
Ilustrasi orang cerdas (iStockphoto)​

Mudah Beradaptasi

Ciri orang cerdas dan jenius yang mudah dikenali pertama adalah mampu untuk beradaptasi. Hal ini dikarenakan orang dengan tingkat intelegensi yang cukup tinggi akan menjadi orang yang fleksibel serta mampu untuk menyesuaikan diri pada berbagai perbedaan-perbedaan yang ada di lingkungannya.

Pada orang yang cerdas tidak membatasi diri dari lingkungan sosialnya. Bahkan kebanyakan orang cerdas akan mengubah perilakunya agar dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Selalu Penasaran Akan Sesuatu Hal

Ciri orang cerdas dan jenius yang kedua dapat dilihat dari rasa penasarannya yang sangat tinggi. Karena tingkat penasarannya sangat tinggi, tak jarang orang cerdas akan menemukan hal-hal yang luar biasa. Berawal dari rasa penasarannya inilah, membuat orang cerdas dapat menemukan sesuatu yang berguna untuk masa depan.

3 of 7

Ciri Orang Cerdas: Suka Bertanya dan Tidak Mudah Percaya

Ciri Orang Cerdas dan Jenius
Ciri Orang Cerdas dan Jenius (Sumber foto: unsplash.com)

Banyak Mengutarakan Pertanyaan

Selain penasaran, orang cerdas juga dikenal banyak bertanya. Orang cerdas berbeda dengan orang pintar. Kalau orang pintar, mereka lebih suka memberikan jawaban. Sedangkan orang cerdas, selalu mencari jawaban.

Maka enggak heran kalau orang cerdas tidak malu untuk bertanya. Mereka tidak takut terlihat bodoh, karena mereka menyadari masih banyak yang belum dirinya mengerti.

Tidak Mudah Langsung Percaya

Ciri orang cerdas lainnya adalah memiliki sikap yang tidak mudah percaya dengan informasi-informasi yang belum pasti, sehingga orang cerdas suka menyelidikinya terlebih dahulu. Orang cerdas memiliki keingintahuan untuk selalu membuktikan hal-hal yang didengarnya. Orang cerdas lebih menggunakan logikanya ketika menerima sebuah informasi.

4 of 7

Ciri Orang Cerdas: Kreatif dan Penguasaan Diri Baik

Ciri Orang Cerdas dan Jenius
Ciri Orang Cerdas dan Jenius

Punya Penguasaan Diri yang Baik

Orang cerdas rata-rata mampu untuk mengatasi berbagai hal karena kemampuannya dalam merencanakan serta menentukan tujuan hingga mengembangkan berbagai solusi dan strategi alternatif. Orang cerdas juga mampu untuk memikirkan konsekuensi dari hal-hal yang mungkin sudah direncanakannya tersebut.

Kreatif

Orangcerdas senang menghubungkan kembali konsep yang sebenarnya tampak berhubungan, namun orang cerdas mampu untuk melihat sesutau yang mungkin tidak dapat dilihat oleh orang lainnya. Hal inilah yang dinamakan kreativitas. Sehingga rata-rata orang cerdas cenderung kreatif.

5 of 7

Ciri Orang Jenius: Banyak Berpikir

Ciri Orang Cerdas dan Jenius
Ciri Orang Cerdas dan Jenius | Sumber foto: Huffington Post.

Tidak Menyukai Pembicaraan yang Sederhana

Di atas tadi merupakan beberapa ciri orang cerdas, berikut ada beberapa ciri orang jenius. Pertama, kamu bisa mengenali orang jenius jika orang tersebut dihadapkan dengan pembicaraan yang sederhana tentang hal-hal yang biasa.

Otak akan dipenuhi dengan gagasan hebat, sehingga topic-topik yang menarik biasanya berkisar pada sains, seni, dan filsafat.

Kamu atau orang dengan ciri jenius akan merasa seperti membuang-buang waktu. Yang diinginkan adalah orang yang memiliki pikiran sama.

Lebih Banyak Berpikir Ketimbang Berbicara

Orang jenius lebih banyak waktu untuk berpikir, mencari solusi dan jawaban dari setiap masalah. Terutama ketika kamu tidak yakin dengan sebuah kesimpulan, dijamin kamu tidak akan pernah berbicara.

Masalahnya adalah orang-orang di sekitar tidak terbiasa dengan cara berpikir kamu. Biasanya orang jenius akan dianggap sebagai orang aneh.

6 of 7

Ciri Orang Jenius: Mudah Bosan

Ciri Orang Cerdas dan Jenius
Ciri Orang Cerdas dan Jenius

Mudah Bosan

Kebutuhan otak untuk terus menerus ditantang dengan hal-hal baru yang akan membuat rutinitas menjadi hal biasa dan membosankan. Kamu akan merasa berjuang untuk menyelesaikan pekerjaan dan tidak lagi ada rasa simpati.

Mengalami Kelumpuhan Tindakan

Karena kamu terbiasa dengan ide yang berbeda, kamu terkadang akan kehilangan tindakan. Sayangnya, orang cenderung salah mengira sifat ini sebagai kemalasan.

7 of 7

Ciri Orang Jenius: Canggung Secara Sosial

Ciri Orang Cerdas dan Jenius
Ciri Orang Cerdas dan Jenius

Canggung Secara Sosial

Kamu tidak nyaman berbicara tentang hal-hal sederhana, berhenti bicara ketika yakin, dan merasa lebih nyaman dengan gagasan daripada tindakan, orang-orang cenderung akan mengategorikan Anda sebagai orang yang canggung secara sosial.

Sulit untuk Jatuh Cinta

Pada pencarian cinta akan lebih sedikit daripada orang rata-rata. Karena kamu jauh lebih berhati-hati, analitis, mandiri, dan tidak menyukai spontanitas, Anda juga terkadang kehilangan minat terhadap cinta.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by