5 Seleb Tanah Air Ini Mengidap Penyakit Autoimun, Terbaru Ashanty

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 09 Okt 2019, 11:40 WIB
Gaya Ashanty dan Aurel Hermansyah Saat Memakai Baju Motif Ular

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini dunia hiburan Tanah Air sedang diramaikan dengan kabar beberapa publik figur yang sakit. Terbaru adalah Ashanty. Tak tangung-tanggung sebagian dari para selebritis tersebut mengidap penyakit yang cukup langka.

Salah satunya penyakit yang sedang ramai dibicarakan adalah Autoimun. Autoimun adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh atau imun tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.

Padahal sistem imun bertugas melawan infeksi virus, bakteri, dan benda asing lainnya. Kegagalan inilah yang kemudian mengakibatkan sistem imun menyerang tubuh dan menimbulkan penyakit.

Ashanty tak menyangka ketika dokter Terawan di RSPAD, Jakarta, mendiagnosis dirinya mengidap autoimun, seperti Liputan6.com kutip dari Dream, Rabu (9/10/2019). Awalnya ibu 2 anak ini hanya ingin cek kesehatan biasa ditemani oleh sang suami.

Ashanty mengaku kerap mengalami sakit kepala. Ia juga mengungkapkan mudah lupa, cemas, stres, hingga gampang kepikiran. Meski khawatir, Ashanty mengaku cukup tenang, karena ditangani oleh ahlinya. Ternyata penyakit semacam ini juga diderita beberapa publik figur lainnya.

Berikut 5 seleb yang mengidap Autoimun sebagaimana Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/10/2019).

2 of 6

1. Ashanty

[Bintang] Ashanty dan Aurel Hermansyah
Ashanty dan Aurel Hermansyah. (Instagram/aurelie.hermansyah)

Ashanty baru-baru ini mengabarkan dirinya tengah mengidap autoimun. Hal ini diketahui publik melalui unggahannya di Instagram pada, Selasa (9/10/2019). Dalam unggahan tersebut Ashanty membeberkan beberapa gejala awal yang ia rasakan sebelum diagnosis mengidap autoimun.

Ia mengaku sering sakit kepala, mudah lupa, cemas dan stres. Hingga sekarang istri Anang Hermansyah ini belum menjelaskan dengan detail jenis penyakit autoimun yang diidapnya.

Pasalnya ada beberapa jenis penyanyit autoimun diantara lupus, Rheumatoid arthritis, Diabetes tipe 1, Multiple sclerosis (MS), Penyakit Graves, dan Psoriasis.

3 of 6

2. Raditya Dika

Kebersamaan Keluarga Raditya Dika, Selalu Kompak Bertiga
Radittya Dika (Liputan6.com/IG/@anissaaziza)

Raditya Dika juga merupakan salah satu selebritis yang mengidap autoimun. Bahkan Radit harus bolak-balik Indonesia- Singapura untuk berobat.

Diketahui komika ini sudah mengidap autoimun sejak 2013. Gejala yang dialami Radit adalah kulitnya kering hingga muncul ruam saat kondisinya sedang stres. Tak hanya itu, saat stres persendiannya bisa sangat nyeri.

4 of 6

3. Qory Sandioriva

[Fimela] Qory Sandioriva
Qory Sandioriva (Instagram/Qory Sandioriva)

Aktris cantik sekaligus finalis Puteri Indonesia 2009 ini memang belakangan jarang sekali muncul di layar televisi. Tak banyak yang tahu jika di balik itu ternyata Qory juga sedang berjuang melawan sakit yang diidapnya, yakni Autoimun, Lupus.

Penyakit autoimun itu pula lah yang menyebabkan Miss Universe Indonesia 2010 naik berat badan drastis meski sudah berusaha diet. Ternyata, penyebab kenaikan berat badan Qory Sandioriva juga karena mengonsumsi steroid untuk memperlambat pertumbuhan penyakitnya.

Ibu satu anak ini bahkan sempat berobat ke Singapura hingga Korea Selatan.

5 of 6

4. Indadari Mindrayanti

[Bintang] Indadari Mindrayanti
"Senang lihat orang bahagia. Kan semua orang berhak memulai kehidupan yang baru. Siapa tahu bisa memiliki hidup yang lebih baik," kata Indadari yang juga berharap segera diberi pendamping. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Mantan istri Caisar Putra Aditya, Indadari Mindrayanti diketahui menderita psoriasis sejak 2009. Indadari baru mulai menyadari terkena psoriasis ketika hamil anak pertamanya bersama Caisar. Psoriasis adalah jenis penyakit kulit tak menular terkait autoimun dan bersifat kronis.

Psoriasis ditandai dengan bercak tebal kemerahan di kulit yang ditutupi oleh pengelupasan, seperti sisik putih berlapis dan berbatas tegas. Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui hingga kini. Faktor genetik dan lingkungan yang dapat mengubah sistem regulasi sel-sel kulit diduga berperan memicu penyakit ini.

6 of 6

5. Ega Olivia

Ega Olivia
Ega Olivia (istimewa)

Bagi para pecinta film Tanah Air pasti sudah tidak asing lagi dengan pemain ‘Catatan Akhir Sekolah’ Ega Olivia. Lama tak muncul di layar kaca, ternyata Ega sedang melawan penyanyi Lupus. Tepatnya tahun lalu, Ega didiagnosis menderita penyakit lupus bertepatan di hari ulang tahunnya.

Lupus sendiri merupakan penyakit peradangan kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ. Usai vakum untuk fokus pada penyembuhan, Ega diketahui mulai aktif kembali ke dunia hiburan Tanah Air.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by