Macam-Macam Email Gratis Terpopuler, Kenali Fitur Menariknya

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 08 Okt 2019, 19:25 WIB
Fungsi Email

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam email gratis dapat dengan mudah ditemui. layanan surat elektronik atau biasa disebut email kini makin diperlukan untuk banyak kebutuhan. Kamu memerlukannya untuk berkomunikasi, mentransfer file, membuat akun lainnya, bekerja, dan masih banyak lagi. 

Tak perlu lagi mengirim surat lewat pos, dengan email suratmu dapat sampai dengan cepat dan mudah. Namun sayangnya, tidak setiap layanan email benar-benar gratis. Beberapa jenis email mungkin terbatas dan berbayar.

Tak perlu khawatir, masih banyak pula macam-macam email gratis yang dapat kamu gunakan. Banyak pihak kini menawarkan macam-macam email gratis yang dapat digunakan semua orang. Kamu bisa memanfaatkan macam-macam email gratis untuk berbagai kebutuhanmu.

Macam-macam email gratis ini disediakan dengan fitur menarik dan pastinya akan memenuhi kebutuhanmu. Saat memilih akun email gratis, kamu pastinya harus menentukan mana yang terbaik untukmu. Macam-macam email gratis yang tersedia mungkin akan berbeda fiturnya.

Email gratis ini bahkan sudah digunakan secara umum dan sangat populer. Berikut macam-macam email gratis yang dapat kamu manfaatkan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(8/10/2019).

2 of 7

Gmail

Gmail
Aplikasi Gmail. (Doc: BGR)

Mungkin tidak mengherankan bahwa Gmail menjadi yang teratas dalam daftar ini untuk salah satu akun email gratis. Gmail adalah layanan email gratis Google yang memiliki nuansa modern dan menyenangkan, terintegrasi erat dengan layanan Google lainnya, dan cukup baik dalam memblokir spam.

Gmail juga memiliki beberapa fitur luar biasa lainnya, seperti opsi untuk menunda email, mengirim dan meminta uang melalui Google Pay, menjadwalkan email untuk dikirim nanti, dan mengirim email yang kedaluwarsa dan hanya dapat dibuka dengan kode khusus.

Gmail menawarkan penyimpanan email gratis sebesar 15 GB. Berbagai tema dapat kamu terapkan pada antarmuka Gmail untuk menyesuaikan tampilannya. Banyak pengaturan lanjutan, dan kemampuan untuk membuat filter dan label, mengimpor email dari akun email lain, dan banyak lagi.

3 of 7

Outlook Mail

Outlook Mail
Outlook Mail (sumber: support.office)

Outlook Mail adalah layanan email gratis Microsoft. Seperti Gmail, Outlook memiliki antarmuka yang solid yang mudah digunakan. Outlook sangat intuitif - semudah mengklik kanan email untuk menemukan opsi lebih lanjut seperti memindahkan atau menghapus pesan dan mencari setiap email dari satu pengirim, misalnya.

Outlook menawarkan 15 GB penyimpanan gratis untuk setiap pengguna. Kamu dapat menghubungkan Skype, Facebook, PowerPoint, PayPal, dan bahkan perangkat lunak manajemen tugas seperti Trello. Outlook juga terintegrasi dengan sejumlah aplikasi komunikasi populer lainnya.

4 of 7

Yahoo Mail

Ilustrasi Yahoo
Ilustrasi Yahoo

Yahoo Mail adalah akun email gratis yang ditawarkan oleh Yahoo. Setiap pengguna baru mendapat penyimpanan gratis 1 TB. Selain tema latar belakang khusus dan kemampuan untuk mencari informasi kunci dari kotak masuk, Yahoo! Mail juga memudahkan untuk menemukan setiap foto, video, dan dokumen yang pernah kamu lampirkan atau terima melalui email.

Yahoo Mail mungkin adalah layanan email terbaik dalam hal identitas alternatif, atau alias. Kamu juga dapat membuat hingga 500 alamat sekali pakai yang terhubung dengan alamat email utama tetapi tidak mengandung namamu atau data pribadi lainnya.

Ini sangat berguna jika kamu sering mendaftar untuk akun web dan tidak ingin kotak masuk regulermu di-spam atau diisi dengan email yang tidak berguna. Cukup hapus saja alamat sekali pakai jika spam sudah terlalu berlebihan.

5 of 7

AOL Mail

AOL Mail
AOL Mail (sumber: wikipedia)

AOL Mail adalah opsi akun email gratis lainnya. America Online (AOL) merupakan alah satu penyedia internet dial-up paling populer di dunia. AOL memiliki sesuatu di atas Gmail yaitu penyimpanan tidak terbatas.

Seperti beberapa penyedia email, kamu dapat dengan cepat memfilter pesan untuk hanya menampilkan email yang belum dibaca atau dibaca, ditandai atau tidak ditandai. Banyak pengaturan lanjutan dapat disesuaikan seperti mengubah sensitivitas filter spam, mengontrol siapa yang dapat kamu kirimi email, mengaktifkan panel baca, dan memblokir email yang berisi kata-kata tertentu.

6 of 7

ProtonMail

ProtonMail
ProtonMail (sumber: ProtonMail)

Perbedaan utama antara ProtonMail dan layanan email lainnya di atas adalah bahwa layanan ini berpusat pada enkripsi. Artinya kamu dapat mengirim email tanpa rasa takut bahwa orang-orang di ProtonMail, atau siapa pun selain penerima, dapat membaca pesan tersebut.

Jika kamu memilih untuk mengenkripsi pesan, kamu juga dapat mengatur waktu kedaluwarsa sehingga pesan tersebut dihancurkan dan tidak dapat dibaca setelah durasi yang kamu tentukan. ProtonMail juga berfungsi dari perangkat seluler. kamu dapat menginstal aplikasi di ponsel atau tablet Android atau iOS.

Penerima yang menerima pesan terenkripsi membuka pesan melalui tautan yang meminta kata sandi, tempat pesan itu dienkripsi dan ditampilkan di browser. Mereka dapat membalas melalui saluran terenkripsi melalui pesan yang sama dengan yang mereka dekripsi, dan bahkan tidak perlu memiliki akun ProtonMail.

7 of 7

Mail.com

Mail.com
Mail.com (sumber: Mail.com)

Perbedaan utama antara Mail.com dan penyedia lain dalam daftar ini adalah kamu dapat memilih di antara lebih dari 200 domain gratis. Dengan email ini kamu bebas memilih domain email yang tersedia. Misalnya kamu bisa memiliki email dengan domain @myself.com atau engineer.com.

Domain email dikategorikan ke dalam beberapa bagian sehingga mudah ditemukan yang berhubungan dengan pekerjaan, hobi, teknologi, dan musik tertentu. Ini menjadikan Mail.com sebagai penyedia layanan email gratis yang unik.

Lanjutkan Membaca ↓