Selain Irish Bella, 5 Seleb Ini Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil

Oleh Putra Marenda pada 08 Okt 2019, 11:20 WIB
6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini pasangan selebriti Irish Bella dan Ammar Zoni sedang berduka. Keduanya kehilangan calon bayi kembarnya yang meninggal di dalam kandungan. Meninggalnya calon bayi kembar ini dikarenakan Irish Bella mengalami gangguan mirror syndrom.

Mirror syndrom adalah penyakit yang disebabkan tekanan darah naik sehingga membuat plasenta lepas. Sebelum Irish Bella, ada beberapa seleb lainnya yang juga mengalami gangguan kesehatan saat hamil.

Banyak gangguan yang dialami oleh seleb Tanah Air ini saat mengandung seperti ketuban pecah dini, kekurangan air ketuban, tekanan darah tinggi dan masih banyak gangguan lainnya.

Akibat mengalami gangguan-gangguan tersebut, para selebriti ini harus rela melahirkan sebelum usia kehamilan 9 bulan hingga ada yang mengalami keguguran layaknya yang dialami Irish Bella. Gangguan-gangguan kesehatan saat hamil ini membuat para seleb harus ekstra bersabar dan ikhlas dalam menghadapi keadaan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, seleb yang pernah mengalami gangguan kesehatan saat hamil, Selasa (8/10/2019).  

2 of 7

1. Aura Kasih

6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella
6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella (sumber: Instagram.com/aurakasih)

Pada 16 Juni 2019 menjadi hari paling bahagia bagi Aura Kasih dan Eryck Amaral. Aura Kasih melahirkan dua minggu lebih cepat. Alasan Aura Kasih melahirkan dua minggu lebih cepat, karena air ketubannya kering. Hal tersebut membuat Aura kekurangan cairan ketuban atau biasa disebut dengan istilah oligohidramnion. Meski harus melahirkan lebih cepat, Aura Kasih beserta anaknya bernama Arabella tetap dalam kondisi sehat.

 

 

3 of 7

2. Ashanty

6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella
6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella (sumber: Instagram.com/ashanty_ash)

Ashanty, istri Anang Hermansyah diketahui juga pernah mengalami keguguran sebanyak dua kali. Salah satu penyebab Ashanty keguguran adalah pengentalan darah. Akibat pengentalan darah, asupan gizi tidak bisa sampai ke janin Ashanty karena terhalang gangguan tersebut.

"Alhamdulillah, hamil Arsy Arsya kandungan aku kuat. Tapi masalahnya pengentalan darah, karena nggak tahu. Nah pas Arsya nggak pengentalan darah jadi cuek. Jadi nggak setiap aku hamil pengentalan darah," ujar Ashanty dikutip Liputan6.com dari Fimela.com (9/8/2017).

4 of 7

3. Asri Welas

6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella
6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella (sumber: Instagram.com/asri_welas)

Kurangnya air ketuban juga pernah dialami Asri Welas. Asri Welas sampai harus diinfus untuk menambah air ketuban. Ia dirawat beberapa kali di rumah sakit karena masalah ini. Untungnya, Asri bisa melahirkan anak ketiga bernama Renzo Gibrar Ridharaharja dengan lancar melalui proses persalinan operasi caesar. 

Setelah melahirkan, Renzo sempat mengalami gangguan kesehatan. Hal tersebut membuat Renzo harus dirawat ke Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Meski sering dalam kondisi drop, namun Asri tetap berjuang dengan memberikan ASI ke Renzo agar kesehatannya beranjak membaik.

 

5 of 7

4. Chyntia Lamusu

Surya Saputra - Chyntia Lamusu
6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella (Fotografer: Bambang E. Ros)

Melalui proses persalinan operasi caesar, Chyntia Lamusu melahirkan bayi kembar. Kelahiran bayi kembar Chyntia lebih cepat satu bulan dibanding tanggal prediksi. Keputusan melahirkan lebih cepat ini diambil karena tekanan darah tinggi dialami istri Surya Saputra.

Tekanan darah tinggi Chyntia Lamusu bahkan berpotensi pre-eklampsia. Meski mendapat banyak gangguan kesehatan, pada 20 November 2016, Chyntia Lamusu melahirkan dua anak kembar bernama Tatjana dengan berat 2.100 gram da Bima 1.200 gram.

 

6 of 7

5. Marissa Nasution

6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella
6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella (sumber: Instagram.com/marissaln)

Marissa Nasution pernah hamil bayi kembar. Sayangnya, ia kehilangan satu bayi saat mengandung. Hal tersebut disebabkan oleh gangguan Twin to Twin Transfusion Syndrome (TTTS). Gangguan tersebut membuat kedua janin di tubuh Marissa harus berbagai satu plasenta. Akibatnya, suplai darah ke tubuh bayi menjadi tidak seimbang sehingga salah satu janin bayi tersebut meninggal.

Pada 28 Mei 2018, Marissa Nasution melahirkan dengan lancar di Singapura. Anak Marissa diberi nama Alaia Moana. Kini bersama Alaia, VJ cantik tersebut terlihat begitu bahagia.

 

7 of 7

6. Irish Bella

6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella
6 Seleb yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Saat Hamil, Terbaru Mirror Syndrom Irish Bella (sumber: Instagram.com/_irishbella_)

Terbaru, Irish Bella dan Ammar Zoni harus iklhas melepas kepergian calon buah hatinya pada Minggu (6/10/2019). Irish Bella harus keguguran karena mengalami mirror syndrom. Menurut dr. Gatot Abdurrazak, gangguan mirror syndrom disebabkan oleh tekanan darah naik dan membuat plasenta lepas. Efeknya, Irish Bella mengalami pre-eklamsia dan aliran darahnya menjadi tidak lancar.

"Itu namanya solusio. Itu disebabkan pre-eklamsia yang disebabkan mirror syndrom. Jadi, tekanan darah naik dan membuat plasenta lepas hingga aliran darah tidak lancar ke bayi," kata dr. Gatot Abdurrazak, Sp.OG, di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat, Senin (7/10/2018).

Pre-eklamsia yang dialami Irish Bella ini membuat calon bayi kembarnya meninggal dunia. Dua bayi kembar yang diberi nama Ayura binti Akbar, dan Ayuna Khadijah binti Akbar ini dikeluarkan dari kandungan Irish Bella dengan proses operasi caesar.

Lanjutkan Membaca ↓