6 Cara Menggunakan Masker Kentang Sesuai dengan Kebutuhan Kulit, Alami dan Aman

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 07 Okt 2019, 19:27 WIB
Diperbarui 07 Okt 2019, 20:16 WIB
Kentang

Liputan6.com, Jakarta Banyak bahan yang dapat digunakan sebagai masker wajah alami. Bahan-bahan alami ini begitu mudah ditemui bahkan tersedia di dapur. Selain murah meriah, masker wajah buatan sendiri juga terbilang aman dari bahan kimia berbahaya. 

Salah satu bahan alami yang kerap digunakan adalah kentang. Kentang dikenal sebagai umbi kaya nutrisi sehat. Selain mengenyangkan, kentang juga dapat membantu meningkatkan kecantikan kulit. Kentang mampu menghilangkan noda, peradangan, pembengkakan, dan mencegah penuaan.

Kentang juga mengandung antioksidan yang baik untuk kulit. Kandungan ini melindungi kulit dari kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh polusi dan paparan sinar matahari. Masker wajah kentang membantu mengobati jerawat dan kondisi kulit lainnya seperti bintik-bintik gelap dan noda. Umbi satu ini juga bekerja dengan baik untuk memutihkan kulit.

Kamu bisa membuat masker kentang sendiri di rumah. Dengan perpaduan bahan alami lainnya, kentang dapat bekerja dengan maksimal menyehatkan kulit. Berikut cara menggunakan masker kentang sesuai kebutuhan kulit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(7/10/2019).

2 dari 7 halaman

Masker kentang untuk memutihkan kulit

kulit kentang
ilustrasi kentang/copyright Shutterstock

Air kentang bersifat asam dan mengandung bahan pemutih kulit alami. Ini membantu mencerahkan kulit dan membuatnya bercahaya. Saat dicampurkan dengan madu, masker ini melembabkan kulit, membuatnya lembut dan kenyal.

Campur 3 sendok makan air kentang dengan 2 sendok makan madu. Aduk hingga merata, oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 10 hingga 15 menit atau sampai mengering dan kemudian cuci bersih.

Kamu juga bisa menggunakan campuran air lemon untuk mencerahkan wajah. Lemon dan kentang memiliki kualitas zat yang membantu menghilangkan minyak berlebih, membuka pori-pori yang tersumbat, dan mengencangkan kulit.

Campur air 2 sendok teh air kentang dan lemon. Tambahkan ½ sendok teh madu (opsional) dan aduk rata. Oleskan ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dengan air.

3 dari 7 halaman

Masker kentang dan tomat untuk kulit berjerawat

Ini Lho Caranya Perawatan yang Tepat untuk Wajah Berjerawat
©shutterstock

Tomat dan kentang kaya akan antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas dan menjauhkan kuman dan bakteri dari kulit. uga, sifat asam keduanya membuka pori-pori yang tersumbat. Karena air tomat sangat asam, masker ini mungkin mengeringkan kulitmu. Untuk mencegahnya, tambahkan satu sendok madu ke masker wajah.

Campurkan 1 sendok makan air kentang atau dengan ampasnya dengan 1 sendok makan air atau bubur tomat. Tambahkan madu ke dalam campuran dan aduk sampai halus. Oleskan secara merata pada wajah, dengan fokus pada area yang berjerawat.

4 dari 7 halaman

Masker kentang untuk wajah berminyak

FIMELA Beauty: Kulit Wajah Berminyak / Image: FIMELA.com
FIMELA Beauty: Kulit Wajah Berminyak / Image: FIMELA.com

Kulit berminyak dapat menyebabkan berjerawat dan kulit kusam. Kentang dan oatmeal sangat bagus untuk menyerap minyak berlebih dari kulit dan menghilangkan semua kotoran dan minyak. Kentang kaya akan vitamin C yang membangun kolagen. Kolagen berperan untuk meningkatkan elastisitas kulit. Oatmeal juga melembabkan kulit dan membuatnya menghasilkan lebih sedikit sebum.

Hancurkan kentang rebus dalam mangkuk dan 2 sendok makan susu, 1 sendok makan oatmeal, dan 1 sendok teh jus lemon. Aduk hingga tercampur rata. Oleskan pasta ini pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Bilas bersih dengan air hangat.

5 dari 7 halaman

Masker kentang untuk cegah penuaan dini

penuaan dini (sumber: istockphoto)
penuaan dini (sumber: istockphoto)

Kentang kaya akan antioksidan yang mencegah tanda penuaan dini. Yogurt memiliki sifat anti-penuaan. Yogurt mengelupaskan sel-sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori. Ini juga mencegah radikal bebas berbahaya dari merusak kulit.

Campur ½ kentang parut dan 2 sendok makan yogurt tawar. Oleskan masker pada wajah secara merata. Hindari kontak dengan mata. Biarkan mengering selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas hingga bersih.

6 dari 7 halaman

Masker kentang untuk angkat sel kulit mati

Kesehatan kulit
Ilustrasi wajah/copyright shutterstock

Kentang parut bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Antioksidannya dapat menyerap ke pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Agar lebih maksimal, kamu bisa menambahkan stroberi dalam masker. Stroberi mengelupas kulit dan sarat dengan vitamin C dan asam folat.

Paket ini membantu dalam meningkatkan pengembangan kolagen dan meminimalkan garis-garis halus, sehingga membuat kulit terlihat lebih muda. Haluskan 1 kentang dan 2 buah stroberi hingga membentuk pasta.

Tambahkan madu ke dalamnya dan oleskan semuanya ke wajah dan leher. Bilas setelah 15-20 menit.

7 dari 7 halaman

Masker kentang untuk atasi kulit terbakar

Sinar Matahari
Ilustrasi paparan sinar matahari/copyright shutterstock

Perpaduan kentang dan tepung beras ampuh untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari. Air kentang membantu menghilangkan warna gelap kulit dan mengurangi noda. Sementara tepung beras menggosok sel-sel mati dari kulit menjadikannya bercahaya dan lembut. Tambahan air lemon dapat mengencangkan pori-pori, dan madu menjaga kulit tetap lembab.

Campur 1 sendok teh air kentang, 1 sendok teh tepung beras, 1 sendok teh air lemon (opsional), dan 1 sendok teh madu. Oleskan di wajah dan leher dan biarkan hingga kering. Gunakan air untuk menggosok wajah kering dengan lembut. Bersihkan wajah secara menyeluruh dengan gerakan memutar.

Lanjutkan Membaca ↓