Sukses

5 Tips Merebus Telur Agar Tidak Rusak dan Gampang Mengupasnya

Tips mengupas telur rebus agar tidak rusak dilakukan dari mulai merebus telur.

Liputan6.com, Jakarta Mengupas telur rebus ternyata tidak semudah yang kamu bayangkan bila tidak mau bentuknya menjadi rusak. Hal ini menilik pada banyak orang yang kesulitan mengupas telur rebus dengan baik, sehingga hasilnya malah rusak dan telur tidak bulat utuh.

Oleh karena itu, kamu perlu mengikuti beberapa tips yang tidak begitu sulit dilakukan agar mengupas telur jadi lebih mudah dan mendapatkan hasil yang sempurna. Cara ini perlu kamu ikuti dari saat merebus telur hingga mengupas telur nantinya

Tips mengupas telur rebus agar tidak rusak dilakukan dari mulai merebus telur. Setelah telur matang, kamu juga perlu mengikuti beberapa langkah lagi agar telur dapat dikupas dengan mudah dan mendapatkan hasil yang utuh dan sempurna.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/10/2019) beberapa tips merebus telur agar gampang mengupasnya dan tidak rusak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Merebus Telur agar Gampang Mengupas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa mengupas telur rebus agar tidak rusak dengan mengikuti beberapa langkah mulai dari merebusnya. Tidak begitu berbeda dengan cara merebus telur biasa, kamu tinggal menambah beberapa bahan dan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah pertama, masukkan telur dalam satu lapisan di dalam panci yang berisi air dingin. Kemudian tutup panci tersebut, namun tetap diberi lubang agar uap bisa keluar.

Langkah kedua, nyalakan api sedang dan biarkan air mendidih perlahan. Dimulai dengan air dingin yang suhunya meningkat sedikit demi sedikit, telur akan matang. Dan cara inilah yang membantu menjaga telur agar tidak mengalami retak.

Langkah ketiga, tambahkan 1 sdm cuka ke dalam air untuk menjaga agar putih telur tetap utuh dan tidak sampai habis bila ternyata cangkangnya retak saat memasak. Kamu bisa mengurangi cuka apabila takut cuka tersebut akan mempengaruhi rasa telur.

Langkah keempat, bila tidak ada cuka, kamu bisa menggantikannya dengan 1/2 sdt garam. Garam dapat mencegah cangkang retak serta membuat cangkang telur lebih mudah dikupas nantinya.

Langkah Kelima, ketika telur sudah matang, kurangi panas sedikit demi sedikit sehingga temperatur telur tetap terjaga. Biarkan sampai airnya dingin setidaknya 10-15 menit.

Begitulah beberapa langkah yang perlu kamu ikuti saat merebus telur. Hal ini menjadi salah satu faktor yang penting untuk mengupas telur agar tidak rusak nantinya. Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu saat mengupas telur.

3 dari 3 halaman

Tips Mengupas Telur Rebus Setelah Matang

Setelah menyelesaikan proses merebus telur hingga matang, selanjutnya kamu sudah bisa melanjutkannya dengan proses mengupas telur. Biasanya, setelah melalui proses merebus telur di atas, mengupas telur tidak akan sulit lagi untuk dilakukan.

Langkah keenam, masukkan telur ke dalam air dingin dan biarkan sampai cangkangnya benar-benar dingin. Atau apabila kamu terburu-buru, kamu juga bisa mengganti air yang sudah hangat akibat telur, sampai airnya benar-benar dingin.

Langkah ketujuh, kamu bisa menambahkan es batu untuk membuat telur lebih mudah dikupas dalam keadaan dingin.

Selanjutnya, apabila telur sudah dikupas, kamu bisa menyimpannya di wadah tertutup. Usia telur rebus setidaknya masih bisa bertahan untuk dikonsumsi bila disimpan selama 5 hari di dalam lemari es. Pastikan telur tersimpan di dalam wadah tertutup sehingga tidak terkontaminasi bakteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini