Penyebab Gigi Tumbuh Tidak Rata dan Cara Mencegahnya, Jangan Anggap Sepele

Oleh Husnul Abdi pada 05 Okt 2019, 10:50 WIB
Gigi putih

Liputan6.com, Jakarta Penyebab gigi tumbuh tidak rata sering dianggap sepele oleh banyak orang. Mereka menganggap gigi tidak rata ini hanya akan berdampak pada penampilan saja. Padahal pertumbuhan gigi yang tidak rata juga dapat menyebabkan gigi sulit untuk berfungsi secara optimal. 

Bahkan, jika pertumbuhan gigi yang tidak rata berada pada tahap yang cukup berat, dapat menimbulkan berbagai keluhan seperti kesulitan mengunyah makanan, bernapas dengan mulut tanpa menutup bibir, kelainan struktur gigi dan bentuk wajah (asimetris), hingga kesulitan berbicara.

Penyebab gigi tumbuh tidak rata dan cara mencegahnya perlu dipahami untuk menjaga kesehatan gigi. Diperlukan penanganan yang tepat dan cepat dalam mencegah terjadinya gigi tumbuh tidak rata ini, dengan begitu berbagai gangguan pada gigi pun tidak perlu kamu alami.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (5/10/2019) tentang penyebab gigi tumbuh tidak rata dan cara mencegahnya

2 of 4

Penyebab Gigi Tumbuh Tidak Rata

Penyebab Gigi Tumbuh Tidak Rata
Ilustrasi gigi putih bersih. (purewow.com).

Penyebab gigi tumbuh tidak rata bisa dilihat dan terjadi dari sejak kamu masih anak-anak. Berbagai penyebab gigi tumbuh tidak rata bisa dari keturunan, kebiasaan buruk saat anak-anak, adanya cedera, hingga disebabkan penyakit.

Berikut beberapa penyebab gigi tumbuh tidak rata:

- Faktor genetik atau faktor anatomis rahang

- Pemakaian dot bayi terlalu lama saat masih bayi

- Kebiasaan mengisap ibu jari ketika masih anak-anak

- Cedera yang membuat susunan rahang tidak rata.

- Bakal gigi yang terganggu jalan pertumbuhannya atau impaksi, umumnya pada gigi bungsu.

- Tumor yang tumbuh di rahang atau mulut.

- Kondisi rahang atas dan hidung tidak menyatu dengan sempurna atau bibir sumbing

- Tindakan perawatan gigi yang buruk umumnya yang dilakukan bukan oleh dokter gigi atau tenaga medis profesional.

Susuanan dan bentuk gigi pada tiap orang berberda-beda. Hal ini karena sturk gigi dan rahang yang saling memengaruhi. Gigi tidak rata dapat mengubah susunan dan fungsi normal katupan rahang. Kondisi gigi tidak rata yang disertai dengan gangguan katupan rahang sehingga mengubah posisi atau mempersulit fungsinya dikenal sebagai maloklusi.

Maloklusi dapat terjadi pada kondisi struktur barisan gigi atas dan bawah tidak rapi, menumpuk, atau memiliki jarak yang tidak rapat. Susunan gigi pada rahang atas, dalam kondisi normal seharusnya sedikit mendahului barisan di bawahnya sehingga gigi geraham atas dan bawah menutup sempurna.

3 of 4

Cara Mencegah Gigi Tumbuh Tidak Rata

gigi
ilustrasi anak/copyright Rawpixel

Mencegah gigi tumbuh tidak rata sebaiknya dilakukan dengan segera. Kondisi gigi tumbuh tidak rata ini umumnya dimulai sejak anak masih kecil. Oleh karana itu, tindakan pencegahn pun ahrus dilakukan semenjak dini.

Karena masalah gigi tumbuh tidka rata ini sudah terjadi saat masih kecil, orang tua wajib memerhatikan hal ini. Jangan sampai gigi anak tumbuh tidak rata hingga beranjak dewasa, yang tentunya akan membuatnya mengalami berbagai masalah dengan gigi hingga kepercayaan diri.

Berikut cara mencegah gigi tumbuh tidak rata:

- Membatasi penggunaan botol susu menggunakan dot

- Menghindari kebiasaan mengisap ibu jari saat masih bayi

- Selalu periksakan anak ke dokter gigi ahli mengenai masalah pada gigi anak

4 of 4

Cara Menangani Gigi Tumbuh Tidak Rata

Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)
Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)
Lanjutkan Membaca ↓