5 Tanaman Hias dengan Aroma Khas, Pengharum Ruangan Alami

Oleh Nisa Mutia Sari pada 03 Okt 2019, 17:30 WIB
Diperbarui 05 Okt 2019, 16:13 WIB
Pengharum Ruangan Alami

Liputan6.com, Jakarta Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan bagi sebagian orang. Tujuan meletakkan tanaman hias di dalam ruangan tentunya untuk menghiasi sudut ruangan agar menjadi lebih berwarna.

Selain mempercantik ruangan, ternyata ada keuntungan lain meletakkan tanaman hias di dalam ruangan. Beberapa manfaat di antaranya bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Keuntungan lainnya, tanaman hias juga bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan alami.

Ada beberapa tanaman hias yang memiliki aroma khas, sehingga cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan alami yang sangat menyegarkan. Berikut ada beberapa tanaman hias dengan aroma khas yang bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, ini lima tanaman hias yang punya aroma khas, Kamis (3/10/2019).

2 of 6

Sedap Malam

Pengharum Ruangan Alami
Sedap Malam. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sedap Malam merupakan jenis tanaman hijau yang bunganya biasa digunakan dalam pembuatan parfum. Tanaman ini memang dikenal memiliki aroma yang segar.

Aroma dari Sedap Malam ini bisa digunakan untuk menghilangkan stres, meningkatkan sirkulasi darah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tanaman hias ini cocok banget dijadikan sebagai pengharum ruangan alami.

3 of 6

Gardenia

Pengharum Ruangan Alami
Gardenia (Via: gardeningknowhow.com)

Gardenia memiliki sebutan kacapiring bagi orang-orang di Indonesia. Bentuk fisik dari tanaman Gardenia ini mirip dengan bunga Melati yang juga berwarna putih. Bunga Gardenia juga memiliki aroma yang menyegarkan, sehingga cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan alami.

Kamu bisa merangkai tanaman hias Gardenia ini untuk dijadikan penghias ruangan sekaligus pengharum ruangan. Selain memberikan aroma wangi pada ruangan, Gardenia juga mampu menghilangkan racun berbahaya seperti aseton, ammonia, etil asetat, dan xilena yang tercemar melalui udara.

Kamu bisa meletakkan tanaman hias Gardenia ini di dekat jendela. Karena Gardenia merupakan jenis tanaman hias yang membutuhkan cahaya matahari dan kelembaban yang cukup.

4 of 6

Geranium

Pengharum Ruangan Alami
Geranium / Sumber: Pixabay

Geranium juga dikenal sebagai tanaman hias yang memiliki aroma khas. Gardenia memiliki aroma yang sangat manis dan bersifat menenangkan. Beberapa orang sudah banyak yang memanfaatkan tanaman ini sebagai pemberi aroma di ruangan.

Apabila kamu ingin mencium aroma Geranium, kamu bisa mengambil daunnya dan gosokkan di telapak tangan. Nantinya kamu akan mencium aroma perpaduan antara mawar, cokelat, pala, lemon, dan jahe.

5 of 6

Lavender

Pengharum Ruangan Alami
ilustrasi lavender (sumber: iStockphoto)

Selain memiliki warna bunga yang cantik, tanaman hias Lavender juga memiliki aroma yang khas. Jadi, selain dijadikan tanaman penghias ruangan, kamu juga memanfaatkannya sebagai pengharum ruangan alami.

Selain itu, wangi dari Lavender ini juga mampu mengusir nyamuk. Bunga Lavender yang sudah kering juga masih memiliki aroma yang segar. Jadi, kamu bisa memotong beberapa tangkai bunga kemudian letakkan di sudut ruangan.

6 of 6

Sharry Baby

Pengharum Ruangan Alami
Sharry Baby / Sumber: .wikimedia.org
Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by