7 Penyakit Aneh dan Langka di Dunia, Bikin Heran Namun Nyata

Oleh Nisa Mutia Sari pada 02 Okt 2019, 16:15 WIB
Diperbarui 02 Okt 2019, 17:17 WIB
Penyakit Aneh dan Langka di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Terdapat berbagai macam jenis penyakit yang bisa dialami oleh manusia. Penyakit yang sudah umum terjadi pada manusia tentunya tak membuat heran atau bingung. Namun bagaimana dengan penyakit aneh dan langka di dunia.

Benar saja, ada sejumlah orang yang mengalami penyakit tidak biasa. Penyakit aneh dan langka di dunia ini sangat jarang terjadi dan gejala yang ditumbulkan kerap membuat orang lain menjadi bingung atau terheran-heran.

Masih banyak fakta aneh seputar medis yang hingga saat ini belum terjamah oleh manusia terkait penyakit aneh dan langka di dunia ini. Walaupun begitu, nyatanya penyakit aneh yang ada di dunia ini pernah dialami oleh sebagian orang.

Penyakit aneh dan langka di dunia ini membuat hanya sedikit orang saja yang mengalaminya. Meski unik, tetap saja penyakit-penyakit aneh ini kurang menyenangkan.

Berikut Liputan6.com, Rabu (2/10/2019) telah mengumpulkan beberapa penyakit aneh dan langka di dunia. Aneh tapi nyata adanya.

2 dari 8 halaman

Cotard Delusion

Penyakit Aneh dan Langka di Dunia
Ilustrasi Cotard Delusion

Cotard delusion merupakan satu dari sekian banyak penyakit aneh dan langka di dunia. Seseorang yang menderita penyakit ini yakin kalau dirinya sudah mati, membusuk atau setidaknya mengalami kehilangan beberapa bagian tubuhnya.

Penderita penyakit aneh dan langka di dunia ini sering menolak makan atau mandi karena menganggap sudah tidak memiliki sistem pencernaan atau meyakini tubuhnya akan rapuh bila terkena air.

Penelitian menyebutkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh kegagalan di area otak yang mengatur emosi. Kondisi ini juga bisa dialami oleh seseorang dengan bagian tubuh yang pernah diamputasi.

Untuk menangani kondisi ini, diperlukan terapi dan konsumsi obat-obatan khusus serta pemantauan dari pihak medis.

3 dari 8 halaman

Sindrom Alice in Wonderland

Penyakit Aneh dan Langka di Dunia
Ilustrasi Pendengaran (sumber: iStockphoto)

Penyakit aneh dan langka di dunia berikutnya, Sindrom Alice in Wonderland. Kemungkinan merupakan penyakit akibat tidak berfungsinya area occipital lobe di otak. Gangguan ini membuat orang memandang suatu obyek menjadi lebih besar atau lebih kecil dari ukuran sebenarnya.

Akibat lainnya, penderita yang mengalami gangguan ini juga bisa salah mempersepsikan waktu. Indra pendengaran dan sensor perasa penderita juga bisa terganggu.

4 dari 8 halaman

Progeria

Penyakit Aneh dan Langka di Dunia
Ilustrasi Anak (pixabay.com)

Panyakit aneh dan langka lainnya adalah progeria. Progeria merupakan sebuah kelainan genetik langka di mana seorang anak dengan usia 1-2 tahun menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. Misalnya saja pertumbuhannya yang melambat hingga mengalami kerontokan rambut.

Setelah mengalami tanda-tanda di atas, anak tersebut bisa mengalami kondisi aneh lainnya. Misalnya saja hilangnya sebagian besar lemak tubuh dan tubuhnya mulai keriput. Parahnya, rata-rata penderita progeria tidak memiliki umur panjang. Penderitanya hanya bertahan hingga usia 14 tahun dan masih belum ada obat yang bisa mengatasinya.

5 dari 8 halaman

Congenital Anaigesia

Penyakit Aneh dan Langka di Dunia
Ilustrasi pisau. (via: petua.co)

Orang yang menderita penyakit aneh dan langka di dunia ini tidak akan merasakan apa-apa jika dicubit, didorong, atau bahkan ditusuk dengan benda tajam. Hal ini dikarenakan penderitanya memiliki mutasi genetik bawaan bernama congenital analgesia.

Kondisi ini dapat mencegah tubuh untuk mengirim sinyal sakit menuju otak. Penyakit ini sangat berbahaya. Pasalnya, penderita bisa menjadi tak sadarkan diri jika sedang terluka atau mengalami cedera.

6 dari 8 halaman

Stone Man’s Disease

Penyakit Aneh dan Langka di Dunia
Ilustrasi Stone Man's Disease (sumber: iStockphoto)

Stone Man’s Disease atau dalam medis lebih dikenal sebagai Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP) merupakan salah satu kondisi genetik yang paling langka, paling menyakitkan, dan paling melumpuhkan.

Penyakit aneh dan langka ini menyebabkan munculnya tulang baru menggantikan otot, tendon, ligament, dan jaringan ikat lainnya yang seharusnya tidak ditumbuhi tulang. Penyakit aneh dan langka di dunia ini disebabkan oleh mutasi genetik pada sistem imun tubuh untuk memperbaiki cedera.

Ketika cedera, tulang-tulang baru akan berkembang di seluruh sendi sehingga membatasi gerakan dan membentuk kerangka kedua. Kondisi ini membuat pengidapnya akan seperti patung hidup yang bergerak kaku.

Pada saat penderita sedang trauma dan cedera sekecil apapun, bahkan bekas suntikan, dapat menyebabkan tulang untuk tumbuh. Hingga saat ini masih belum ada pengobatan yang efektif untuk penyakit ini selain minum obat pereda nyeri umum.

7 dari 8 halaman

Alien Hand

Penyakit Aneh dan Langka di Dunia
Ilustrasi Alien Hand

Sindrom tangan alien merupakan penyakit aneh yang membuat penderitanya sama sekali tidak bisa mengendalikan gerak-gerik tangannya sendiri. Seolah-olah kedua tangannya memiliki nyawa dan jalan pikiran yang terpisah dari tubuh.

Menurut peneliti, kondisi ini merupakan efek samping dari operasi otak atau pemisahan fungsi area lobus otak. Peneliti menemukan bahwa otak kiri dan kanan pada penderitanya mampu bergerak sendiri atas kemuan independen.

Terkadang, kondisi ini bisa timbul sebagai efek samping yang jarang terjadi akibat cedera otak. Hingga saat ini kondisi ini masih belum bisa disembuhkan alias belum ada obatnya. Namun, bisa diatasi dengan memberikan sesuatu yang bisa digenggam tangan cukup untuk membuatnya berhenti bergerak-gerak sementara waktu.

8 dari 8 halaman

Hypertrichosis

Penyakit Aneh dan Langka di Dunia
Beberapa penyakit ini termasuk dalam kondisi medis yang sangat aneh, bahkan Anda mungkin belum pernah mendengarnya. (Doc: dana press/East News)

Penyakit aneh dan langka di dunia yang terakhir dalam pembahasan ini adalah Hypertrichosis. Kondisi ini merupakan bawaan yang di mana pertumbuhan rambutnya terlalu cepat dan banyak akibat mutasi genetik. Hal ini menutupi tubuh, termasuk bagian wajah.

Inilah yang membuat beberapa menyebut kondisi ini sebagai sindrom manusia serigala, namun tidak dengan gigi taring dan cakar yang tajam. Kondisi ini diakibatkan oleh efek samping dari pengobatan anti-botak dan masih ada beberapa kasus lainnya yang terjadi tanpa sebab yang ditketahui.

Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa melakukan pengobatan metode hair removal pada umumnya. Namun pengobatan ini tidak mampu memberikan hasil yang tahan lama.

Lanjutkan Membaca ↓