Perjalanan Karier Mulan Jameela, dari Penyanyi Kafe hingga Anggota DPR RI

Oleh Muhammad Fahrur Safi'i pada 02 Okt 2019, 13:05 WIB
Diperbarui 04 Okt 2019, 11:13 WIB
Perjalanan Karir Mulan Jameela, dari Penyanyi Kafe Hinga Anggota Dewan

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang kariernya di dunia hiburan Tanah Air, Mulan Jameela dikenal sebagai penyanyi. Namun pada Senin (1/10/2019) kemarin wanita yang bernama lengkap Raden Terry Tantri Wulansari itu baru saja dilantik sebagai wakil rakyat. Ya, Mulan termasuk dalam sederet selebriti yang lolos ke Senayan dan menjadi anggota DPR RI 2019-2024.

Pelantun lagu Makhluk Tuhan Paling Seksi ini melalui Partai Gerindra mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu ikut bersaing sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPR RI dengan Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar).

Namun saat hasil rekapitulasi keluar, ternyata Mulan tak lolos untuk ke Senayan dengan perolehan 24.192 suara. Dalam kontestasi tersebut, Mulan Jameela mendapatkan urutan kelima dalam dapilnya. 

Tak berhenti dan hanya pasrah dengan hasil rekapitulasi, ternyata Mulan Jameela bersama dengan ke-13 Caleg dari Partai Gerindra melayangkan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pihak tergugat adalah Dewan Pembina Parta Gerindra dan Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra.

"Mereka menggugat agar ditetapkan jadi anggota legislatif dari Partai Gerindra," kata Kepala Humas PN Jaksel Achmad Guntursaat dikonfirmasi, Selasa, (16/7/2019).

Gugatan ini pun dikabulkan oleh pengadilan dan kini membuat Mulan melenggang ke Senayan. Memang banyak kritik dalam perjalanan istri Ahmad Dhani itu untuk menjai anggota DPR RI, apalagi terkait statusnya yang menggantikan dua koleganya.

Ini merupakan langkah pertama Mulan untuk terjun ke kancah perpolitikan Indonesia, sebelumnya ia dikenal sebagai penyanyi. Berikut kilas balik perjalanan karier Mulan Jamelaa dari penyanyi hingga anggota dewan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/10/2019)

2 of 6

1. Menjadi penyanyi kafe

Perjalanan Karir Mulan Jameela, dari Penyanyi Kafe Hinga Anggota Dewan
Mulan Jameela (Sumber: KapanLagi.com/Bambang E Ros)

Mulan Jameela mengawali kariernya melalui dunia tarik suara. Sebelum menggunakan nama Mulan Jameela, ia memiliki nama panggung Wulan Ardina. Ia menjadi penyanyi kafe dan pernah tergabung dengan beberapa band seperti Swara Swara Coustic, Bandung All Star dan Dimensi Band.

Sebelum bergabung dengan Ratu, Mulan sempat merekam album solonya. Namun album solonya tersebut tak terlalu diminati di pasaran.

3 of 6

2. Bergabung dengan Duo Ratu

Perjalanan Karir Mulan Jameela, dari Penyanyi Kafe Hinga Anggota Dewan
Maia Estianty dan Mulan Jameela (Sumber: Instagram/tiopurwanto99)

Pada awal tahun 2005 silam, Mulan Jameela bergabung dengan Maia Estianty dalam duo terkenalnya Ratu. Kala itu ia menggantikan Pinkan Mambo. Bersama dengan Duo Ratu, nama panggungnya pun berubah menjadi Mulan Kwok dan inilah awal mula karier dirinya melesat di dunia hiburan.

Merilis album bertajuk Ratu & Friends dengan single lagu berjudul "Teman Tapi Mesra", sukses mengantarkan Mulan Kwok memuncaki popularitas di dunia hiburan yang belum pernah ia rasakan. Selain itu sejumlah penghargaan pun diraih dan menjadikan Ratu menjadi grup wanita paling sukses kala itu.

Namun di balik kesuksesannya bersama Duo Ratu, kehidupan rumah tangganya bersama Harry Indra Nugraha harus kandas pada tahun 2005. Setelah dua tahun bergabung dengan grup duo Ratu, pada tahun 2007 Mulan memutuskan hengkang dari grup yang membersarkan namanya itu.

4 of 6

3. Menjadi penyanyi solo selepas dari Ratu

Perjalanan Karir Mulan Jameela, dari Penyanyi Kafe Hinga Anggota Dewan
Mulan Jameela (Sumber: KapanLagi.com/Bambang E Ros)

Selepas ia hengkang dari Duo Ratu, Mulan menjadi penyanyi solo dan bergabung dengan Republik Cinta Management. Menjadi penyanyi solo, sejak saat itu ia menggunakan nama Mulan Jameela sebagai nama panggungnya hingga sekarang.

 

Album solo perdananya yang diluncurkan pada Januari 2008 bertajuk Mulan Jameela menelurkan sejumlah lagu hits, di antaranya "Makhluk Tuhan Paling Sexy", "Bukannya Aku Takut", "Wonder Woman" dan "Jatuh Cinta Lagi". Dalam dua bulan perjalanan albumnya, ia dapat menembus 75.000 kopi, selain itu dalam beberapa bulan Mulan pun mendapatkan banyak nominasi penghargaan dan satu-satunya solois Indonesia yang dinominasikan di MTV Asia Awards 2008.

5 of 6

4. Berkiprah dalam dunia seni peran

Perjalanan Karir Mulan Jameela, dari Penyanyi Kafe Hinga Anggota Dewan
Mulan Jameela dan Ahmad Dhani (Sumber: KapanLagi.com/Ade Irawan)

Tak hanya melulu menjadi penyanyi saja, Mulan Jameela dimasa kepopulerannya sempat mencoba dunia akting. Ia menjajal beradu akting dan sempat bermain dalam FTV maupun film layar lebar. Lebih kurang ada 5 judul FTV yang pernah ia perankan. Selain itu, ia pun pernah bermain sinetron berjudul Pasangan Heboh pada 2007 dan bermain film berjudul Maaf Saya Menghamili Istri Anda di tahun yang sama.

6 of 6

5. Bisnis Mulan Jameela di luar keartisannya

Perjalanan Karir Mulan Jameela, dari Penyanyi Kafe Hinga Anggota Dewan
Mulan Jameela. (Instagram/mulanjameela1)

Mulan Jameela sempat mencoba peruntungannya dalam dunia bisnis. Beberapa bisnis pernah ia jalani seperti kuliner, fashion hingga furnitur.

Dalam bidang kuliner ia memiliki sebuah usaha bernama Cilok Muncrat yang pada 2017 cukup viral karena harga yang dibanderol Rp 80 ribu per porsinya. Selain itu ia juga punya bisnis busana muslim pada 2018 dan bisnis galeri yang bernama Her Design pada 2009.

Lanjutkan Membaca ↓