Sukses

9 Seleb Ini Terpilih Kembali Jadi Anggota DPR RI, Ada yang Sudah 3 Kali

Ternyata banyak selebriti yang terpilih kembali untuk masuk ke Senayan.

Liputan6.com, Jakarta Selasa (1/10/2019) menjadi sebuah momentum penting bagi anggota dewan yang terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu. Pasalnya, pada hari ini sebanyak 575 anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) periode 2019-2024 resmi dilantik dan mengucap sumpah jabatan.

Dari banyaknya anggota DPR yang dilantik, ada beberapa seleb yang terpilih menjadi anggota dewan. Ada beberapa nama baru, seperti Mulan Jameela dan Krisdayanti yang menjadi anggota dewan yang kini mengisi di Senayan.

Selain nama baru, ternyata ada pula seleb yang kembali terpilih menjadi wakil rakyat di Senayan. Ternyata beberapa seleb yang terpilih kembali ini cukup banyak dan masih sangat terkenal di kalangan masyarakat yang menyukai dunia hiburan.

Berikut deretan seleb yang terpilih kembali jadi anggota DPR RI seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Seleb Tanah Air yang Terpilih Kembali Jadi Anggota DPR RI

1. Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka mulai aktif menjadi seorang politisi manakala ia menjadi seorang anggota DPR Periode 2009-2014 dari partai PDI-P untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat II. Ia pun tergabung menjadi anggota Komisi IX, selain itu bidang yang ia perhatikan adalah bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya dalam karier politiknya, Rieke Diah Pitaloka terpilih kembali menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 dalam dapil lain yaitu Dapil Jawa Barat VII. Nah kali ini pun Rieke telah tiga kali terpilih kembali menjadi anggota DPR yang kini masuk dalam Periode 2019-2024 yang baru saja dilantik.

2. Eko Patrio 

Eko Hendro Purnomo atau yang kerap disapa Eko Patrio adalah pelawak yang menjadi anggotan dewan selama dua periode dari Parta Amanat Nasional (PAN). Pada tahun 2009 menjadi tahun pertama ia terjun dalam dunia politik.

Pada tahun itu Eko menjadi calon legislatif nomor urut satu dari PAN untuk Dapil Jawa Timur VIII. Lalu pada tahun 2014 ia pun mencalonkan kembali menjadi anggota legislatif di Dapil yang sama sebelumnya dan lolos menjadi wakil rakyat di Senayan untuk periode 2014-2019. Kini pun ia juga terpilih kembali untuk menjadi anggota DPR RI untuk periode 2019-2024.

3 dari 5 halaman

Seleb Tanah Air yang Terpilih Kembali Jadi Anggota DPR RI

3. Rachel Maryam

Rachel Maryam Sayidina atau yang kerap disapa Rachel Maryam adalah selebriti kelahiran Bandung yang telah banyak menghiasi layar lebar di Indonesia. Setelah jarang muncul di dunia hiburan, Rachel Maryam fokus pada kesibukannya menjadi anggota dewan di Senayan.

Rachel Maryam sendiri menjadi anggota DPR periode DPR periode 2014-2019 dengan perolehan suara 58.758 suara. Kini pada periode mendatang Rachel Maryam pun juga terpilih kembali untuk menjadi anggota dewan pada periode 2019-2024.

4. Dessy Ratnasari

Hj. Desy Ratnasari, M.Psi.,M.Si atau lebih dikenal dengan Desy Ratnasari adalah selebriti kawakan yang kini berkarier di dunia politik. Sebagai seorang selebriti, Desy Ratnasari telah banyak perankan sinetron, film hingga menjadi presenter.

Sejak 2014 Desy Ratnasari sudah terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 dari PAN. Pada periode mendatang pun Desy Ratnasari juga terpilih kembali menjadi anggota dewan di Senayan.

4 dari 5 halaman

Seleb Tanah Air yang Terpilih Kembali Jadi Anggota DPR RI

5. Nico Siahaan

Junico Bisuk Partahi Siahaan atau lebih populer disapa Nico Siahaan adalah presenter televisi terkenal Indonesia. Sebagai seorang presenter, Nico Siahaan dikenal saat membawa sebuah acara kuis yang membuatnya banyak dikenal masyarakat.

Pada tahun 2014, Nico Siahaan yang diusung PDI-P menjadi anggota DPR RI Dapil Jawa Barat I dengan perolehan suara 64.980 suara. Kini pada periode mendatang ia pun juga terpilih kembali dan menjadi anggota dewan di Senayan.

6. Arzeti Bilbina

Pemilik nama lengkap Arzeti Bilbina Huzaimi ini merupakan model sekaligus pemain sinetron Indonesia. Ia sudah menjadi anggota dewan di Senayan sejak tahun 2014.

Pada tahun 2014 melalui Partai Kebangkitan Bangsa Arzeti Bilbina menjadi anggota DPR RI untuk periode 2014-2019. Pada periode ini pun Arzeti Bilbina terpilih menjadi anggota DPR RI yang lolos ke Senayan.

5 dari 5 halaman

Seleb Tanah Air yang Terpilih Kembali Jadi Anggota DPR RI

7. Dede Yusuf

Pemilik nama lengkap Dede Yusuf Macan Effendi, ST adalah selebriti yang dulu kerap muncul di layar kaca dan bintang iklan. Iklannya yang terkenal adalah menjadi potret dalam kemasan obat sakit kepala.

Pada periode 2014-2019 Dede Yusuf terpilih menjadi anggota DPR RI dan menjadi Ketua Komisi IX. Namun sebelum itu, Dede Yusuf sendiri adalah seorang Wakil Gubernur Jawa Barat sejak 13 Juni 2008 hingga 13 Juni 2013. Kini pada periode 2019-2024 Dede Yusuf pun terpilih kembali menjadi anggota DPR RI di Senayan dari Partai Demokrat.

8. Nurul Arifin

Nurul Qomaril Arifin datau lebih dikenal dengan Nurul Arifin adalah sosok selebriti yang menjadi politisi partai Golkar. Karirnya dalam bidang politik bisa dikatakan tidak main-main, ia menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP Partai Golkar.

Ini pun menjadi kali ketiga Nurul Arifin menjadi anggota dewan di Senayan setelah sebelumnya menjadi anggota dewan dari periode, 2004-2009, 2009-2014 dan kini menjadi anggota dewan untuk periode 2019-2024.

9. Primus Yustisio

Primus Yustisio selebriti kenamaan yang dahulu pernah menjadi sosok superhero, yaitu saat membintangi Panji Manusia Millenium. Selain itu, sinetron berjudul Kehormatan saat ia berduet dengan Nafa Urbach menjadi sebuah sinetron yang cukup digemari masyarakat Indonesia.

Kini setelah terjun ke dunia politik menjadi bagian dari PAN, Primus nampak sudah jarang terlihat di layar kaca. Primus Yustisio sendiri kini menjadi anggota dewan ketiga kalinya sejak tahun 2009. Yaitu dari periode 2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini