Sukses

3 Fakta Truecaller, Aplikasi Pelacak Nomor Telepon Anonim yang Viral

Aplikasi Truecaller, aplikasi yang bisa lacak nomor telepon anonim hingga nomor spam.

Liputan6.com, Jakarta Media sosial atau medsos kini tengah diramaikan oleh beberapa screenshot dari grup chat yang diduga berisi percakapan anak STM. Bukan berisi percakpaan biasa, isi tangkapan layar tersebut terkait dengan aksi demo yang tengah ramai.  

Kejadian ini mulai bertebaran di media sosial saat unjuk rasa pada Senin, 30 September 2019 lalu. Tak berselang lama, muncul kembali kabar bahwa nomor-nomor yang diketahui dalam group WhatsApp itu diduga milik oknum polisi.

Beberapa netizen bahkan sempat membuat thread yang berisi bahwa nomor tersebut adalah oknum kepolisian lewat sebuah aplikasi. Aplikasi tersebut bernama Truecaller. 

Terlepas dari persoalan tersebut, berikut ini 3 fakta aplikasi Truecaller yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (1/9/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Dapat Didownload Secara Gratis di App Store

Truecaller adalah aplikasi yang berfungsi untuk menunjukan nama pengguna yang menelepon meski belum tersimpan di kontak ponsel. Hal ini dapat mencegah nomor-nomor telepon yang sifatnya spam.

Selain itu, aplikasi ini tersedia di App Store dan bisa didwonload secara gratis. Aplikasi ini cukup efektif untuk mengidentifikasi dan akhirnya memblokir panggilan yang tidak diinginkan.

3 dari 4 halaman

2. Bisa Menambahkan Daftar Hitam Nomor Tertentu

Selain mampu menunjukkan nama dan nomor pengguna asing, Truecaller juga bisa menambahkan daftar hitam nomor tertentu sebagai spam. Ini karena Truecaller seperti crowdsourcing data.

Saat membuat akun ke aplikasi ini, maka akan muncul persetujuan agar pihak Truecaller diizinkan mengambil data kontak dalam akun penggunanya. Lalu Truecaller bekerja dengan cara mengumpulkan nama melalui kemitraan dengan berbagai penyedia direktori telepon secara global dan jejaring sosial dan juga ketika komunitas Truecaller menyarankan nama melalui situs web dan aplikasi Truecaller.

Semua data yang didapat Truecaller, kemudian dikumpulkan dan dijalankan melalui algoritma tertentu hingga didapatkan data yang memungkinkan. Atau yang kerap disebut sebagai crowdsourcing. 

 

 

4 dari 4 halaman

3. Melacak Nomor Telepon

Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya mencari nama atau nomor telepon siapa pun. Caranya pun cukup mudah. Masukkan nomor yang hendak dilacak, lalu pengguna akan mendapatkan nama pemilik nonor tersebut. Selain itu juga ada beberapa informasi lain seperti operator dan bisa jadi gambar profilnya. Meski keakuratannya masih perlu dikroscek.

Namun jika nomor tersebut berada di dekat wilayah si pelacak, semakin akurat aplikasi dalam mencocokkan nama dengan nomor teleponnya. Aplikasi Truecaller ini dapat digunakan dan berfungsi di smartphone Android dan iOS. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini