Penelitian Ungkap Bermain Catur Bisa Bakar 6 Ribu Kalori

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 30 Sep 2019, 09:55 WIB
Diperbarui 30 Sep 2019, 21:15 WIB
Ilustrasi catur (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan tubuh ideal memang menjadi dambaan setiap orang. Tapi untuk mendapatkannya juga membutuhkan banyak pengorbanan. Saat kamu ingin mendapatkan berat badan ideal, yang biasanya ada di pikiran adalah harus mengurangi makan atau diet. Sehingga, banyak orang yang sangat membatasi asupan makannya saat sedang menurunkan berat badan.

Tapi pada kenyataannya jika kamu sudah mengurangi makan, tapi kalori yang kamu bakar per hari masih sedikit, sama saja bohong. Ya, jika kamu ingin mendapatkan berat badan ideal, kamu harus melakukan olahraga untuk membakar kalori bukan hanya membatasi asupan makanan. Biasanya masalah selanjutnya adalah bingung kira-kira olahraga apa yang efektif untuk membakar kalori.

Percaya tidak percaya ada olahraga yang ternyata ampuh membakar kalori hingga 6 ribu kalori tanpa harus melakukan aktivitas fisik terlalu keras. Tak banyak yang tahu, ternyata olahraga catur bisa mempengaruhi berat badan. Robert Sapolsky, profesor neurologist dari Standford University, mengatakan para grandmaster catur bisa membakar 6000-7000 kalori dalam satu kali kompetisi, seperti Liputan6.com lansir dari Mens Health, Senin (30/9/2019).

Olahraga catur pada umumnya membuat seseorang berpikir keras, bahkan sampai bisa stres karena aktivitasnya setara dengan mengeluarkan energi. Bahkan grandmaster catur Analotoly Karpov pernah mengalami penurunan berat badan hingga 9 kilogram selama lima bulan lebih berada dalam kejuaraan Catur Dunia 1984 di Moskow.

2 of 2

Catur Membakar 6000 Kalori

catur
Ilustrasi main catur (iStockphoto)

Pemain catur lainnya, Rustam Kasimdzhanov, tercatat turun 7,7 kilogram setelah menuntaskan enam permainan catur di tahun 2004. Sementara itu, di tahun 2018, grandmaster Mikhail Antipov tercatat membakar 560 kalori hanya dalam waktu dua jam. Padahal, normalnya diperlukan waktu dua jam berlari di treadmill untuk membakar 500 kalori.

Banyak pertanyaan mengapa bermain catur bisa membakar banyak kalori. Robert Sapolsky mengatakan, pemain catur cenderung mengalami peningkatan tekanan darah, kontraksi otot, dan bernapas tiga kali lebih cepat dibandingkan kondisi normal. Saking intensnya, pemain catur profesional bahkan mampu membakar hingga 6 ribu kalori dalam sehari.

Marcus Rachel, ahli saraf dari Washington University menyebutkan, fenomena ini disebabkan oleh stres yang begitu intens yang dirasakan para pemain catur saat bertanding. Stres yang dialami menyebabkan detak jantung semakin kencang dan tubuh memproduksi lebih banyak oksigen.

Stres juga bisa menyebabkan kehilangan nafsu makan dan sulit tidur, dua faktor yang sangat berpengaruh dalam menurunkan berat badan. Selain bermanfaat untuk membakar kalori, olahraga catur juga memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat lain dari olahraga carur adalah meningkatkan IQ, meningkatkan keterampilan memecahkan masalah, membantu mencegah alzheimer dan lain-lain.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by