6 Aktivitas yang Tak Boleh Dilakukan Saat Perut Kosong

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 27 Sep 2019, 17:20 WIB
Diperbarui 27 Sep 2019, 17:20 WIB
Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Sahur
Perbesar
ilustrasi lapar / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Rasa lapar mungkin bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Ini merupakan respon alami tubuh yang kehilangan banyak energi. Namun, pernahkah kamu merasa lapar hingga tak dapat berpikir jernih dan menjadi lebih sensitif?

Perut kosong memang bisa memengaruhi mood dan energi seseorang. Kamu jadi merasa bukan dirimu saat merasa lapar. Tapi, perut kosong lebih dari hanya sekadar memengaruhi suasana hati. Itulah sebabnya ada beberapa hal yang harus kamu tunda saat belum makan.

Beberapa hal disarankan untuk tak dilakukan saat perut kosong. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan beberapa konsekuensi yang tidak diinginkan. Kamu mungkin akan menjadi rakus, kehilangan stamina dan energi atau perut tidak siap untuk menerima jenis makanan tertentu.

Mengisi perut sangat penting agar kamu tetap berada dalam pola pikir atau bertindak secara rasional. Berikut 6 aktivitas yang sebaiknya tak dilakukan dalam keadaan perut kosong, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(27/9/2019).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Membuat Keputusan Besar

Berpikir
Perbesar
Membuat Keputusan Besar (iStockphoto)

Lapar tidak hanya membuat kamu mudah marah, tetapi juga membuat kamu tidak sabar dan impulsif. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan di Psychonomic Bulletin & Review edisi September 2019 menemukan bahwa rasa lapar dapat merusak kemampuanmu untuk membuat keputusan yang sehat.

Para peneliti mencatat bahwa orang yang lapar membuat pilihan berdasarkan kepuasan instan dan dengan mengorbankan tujuan jangka panjang. Efek buruk kelaparan pada makanan sangat kuat. Intinya adalah bahwa ketika orang berada dalam keadaan lapar, mereka menjadi lebih fokus pada imbalan jangka pendek.


Minum vitamin dan obat tertentu

Ilustrasi obat
Perbesar
Ilustrasi obat (Foto: Unsplash.com/Freestocks)

Pernah merasa mual di perut setelah menelan multivitamin setiap hari? Itu mungkin karena kamu mengonsumsinya dengan perut kosong. Beberapa vitamin bersifat asam dan dapat mengganggu perut. Mengonsumsi mereka setelah makan dapat membantu melindungi efek gastrointestinal yang tidak menyenangkan ini.

Mengonsumsi antibiotik atau aspirin dalam kondisi ini juga dapat mendatangkan malapetaka pada usus. Obat-obatan tertentu, menurut Medical Daily, juga perlu dikonsumsi dengan makanan agar tubuh dapat menyerapnya dengan lebih baik.

Tubuh dapat menyerap vitamin tertentu dengan lebih baik ketika dikonsumsi setelah makan. Misalnya, memasangkan suplemen zat besi dengan makanan kaya vitamin C seperti buah jeruk, brokoli atau stroberi akan membantu penyerapannya oleh tubuh. Mengonsumsi vitamin sebelum tidur, ketika perut penuh, juga merupakan cara lain untuk menghindari mual yang tidak diinginkan.

Sebagian besar obat akan mengatakan pada labelnya apakah ada saran makanan atau tidak. Kamu juga selalu dapat bertanya kepada dokter atau apoteker.


Berbelanja makanan

Ilustrasi supermarket (iStock)
Perbesar
Ilustrasi supermarket (iStock)

Sulit untuk berpikir jernih tentang gerutuan perut. Bahkan jika kamu biasanya memiliki tekad untuk tidak melewati lorong kue, tekadmu mungkin berkurang saat menghadapi kelaparan. Kamu tidak hanya akan menghabiskan lebih banyak uang untuk hal-hal yang tidak kamu butuhkan, tetapi kamu juga akan cenderung membeli makanan yang tidak sehat dan berkalori tinggi.

Sebagai gantinya, makanlah makanan ringan sebelum berbelanja untuk menghindari pembelian impulsif dan pengambilan makanan berlebih. Camilan sehat yang memiliki keseimbangan protein, lemak, dan karbohidrat yang tepat akan membuat kamu kenyang dan mencegah kelaparan selama berbelanja.


Makan Makanan Pedas

Makanan Pedas
Perbesar
Ilustrasi makanan pedas. (foto: koolau farmers/Henry)

Makan makanan pedas dengan perut kosong mungkin terasa membakar lubang di dalam perut. Makan makanan pedas dengan perut kosong mungkin terasa seperti membakar lubang di dalam perut. Tubuh membutuhkan sesuatu di perut untuk bercampur dengan makanan pedas agar menghindari iritasi.

Pastikan kamu mengemil sesuatu sebelum menyantap hidangan pedas. Kamu juga bisa minum segelas susu yang bisa melapisi perut. Cara ini juga dapat memotong panas dan menghilangkan sensasi pedas di perut.


Minum kopi

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Minum kopi atau teh di pagi hari adalah praktik standar kebanyakan orang. Jika kamu menyesap minuman ini sebelum sarapan, kamu mungkin akan merasakan sedikit sakit perut. Ini karena asam yang ditemukan dalam kopi bersifat keras pada perut. Orang yang menderita refluks asam dan gangguan menelan sangat rentan terhadap efek ini.

Lebih buruk lagi, kopi dapat merangsang perut untuk menghasilkan lebih banyak asam. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan dengan menciptakan kadar asam berlebih di dalam tubuh. Kafein saat perut kosong juga dapat meningkatkan tingkat kecemasan sepanjang hari karena ketidakseimbangan hormon.

Jika kamu membutuhkan kafein di pagi hari, pastikan memberi tubuh beberapa zat lain, seperti sepotong roti bakar untuk menyeimbangkannya.


Olahraga berat

[Fimela] Workout
Perbesar
Ilustrasi olahraga untuk mengencangkan otot paha dan bokong | unsplash.com

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Science and Medicine In Sport menjelaskan bahwa berolahraga dengan kondisi perut kosong dapat membatasi kinerja dan potensimu dalam mencapai tujuan berolahraga.

Bagi sebagian orang, tidak makan cukup sebelum berolahraga dapat membuat pusing, sakit kepala atau mual. Makanan atau camilan sebelum berolahraga memberi energi dan daya tahan untuk berolahraga lebih keras. Setengah jam atau lebih sebelum berolahraga makanlah sepotong buah. Ini akan memberimu karbohidrat sehat yang dibutuhkan untuk meningkatkan energi dengan cepat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya