5 Dampak Buruk Minum Teh Berlebihan Bagi Kesehatan, Bisa Timbulkan Penyakit

Oleh Husnul Abdi pada 27 Sep 2019, 10:30 WIB
Diperbarui 27 Sep 2019, 10:30 WIB
Minum Teh

Liputan6.com, Jakarta Dampak buruk minum teh berlebihan untuk kesehatan dipengaruhi oleh kafein yang dikandungnya. Apalagi dengan jenisnya yang bermacam-macam semakin membuat pecinta teh bertambah banyak. Selain itu, teh dianggap lebih sehat dibanding kopi sehingga minum teh menjadi alternatif untuk menyembuhkan kecanduan akan kopi.

Walaupun memang memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit daripada kopi, namun mengonsumsi teh dengan berlebihan tetap menimbulkan berbagai dampak yang buruk untuk kesehatan. Bahkan, berbagai dampak buruk ini tidak dapat disepelekan begitu saja.

Dampak buruk minum teh berlebihan untuk kesehatan bisa menimbulkan penyakit. Apapun jenis teh yang kamu minum, selama kamu mengonsumsinya dengan berlebihan, tetap saja tidak menyehatkan. Kamu harus pandai mengatur asupan teh sehari-hari untuk menjaga kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang dampak buruk minum teh berlebihan untuk kesehatan dari berbagai sumber, Jumat (27/9/2019).

2 dari 6 halaman

Menyebabkan Gelisah

gelisah
gelisah./Copyright shutterstock.com

Sama seperti kopi, teh sebenarnya juga mengandung kafein. Jika kamu terlalu banyak minum teh, maka bisa menyebabkan kegelisahan, mudah cemas, meningkatnya detak jantung, dan masalah yang berhubungan dengan tidur.

Kafein memang akan memberikan dampak yang berbeda-beda pada setiap orang. Oleh karena itu, pada sebagiab orang minum teh berlebihan dapat menyebabkan gelisah karena kandungan kefein. Tentunya berbagai gangguan ini dapat membuat tubuh menjadi sangat tidak nyaman setiap harinya.

3 dari 6 halaman

Osteoporosis

osteoporosis
osteoporosis (Sumber: iStockphoto)

Selain itu, dampak buruk minum teh berlebihan untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menimbulkan masalah pada tulang. Kebanyakan minum teh ternyata meningkatkan risiko osteoporosis karena berkurangnya kepadatan tulang. Tulang yang sehat membutuhkan banyak kalsium agar tetap kuat.

Sedangkan, minum teh hijau lebih dari tiga cangkir dalam sehari dapat meningkatkan kadar kalsium yang terbuang dari tubuh melalui air seni. Padahal, teh sendiri bersifat diuretik atau memicu kerja ginjal untuk memproduksi dan mengeluarkan urin.

4 dari 6 halaman

Menyebabkan Susah tidur

20160303-Ilustrasi Insomnia-iStockphoto
Ilustrasi Insomnia atau Susah Tidur (iStockphoto)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, teh yang mengandung kafein layaknya kopi juga menyebabkan kamu jadi susah tidur. Satu cangkir teh hitam dan teh hijau mengandung sekitar 40 miligram kafein. Walaupun kandungan ini lebih sedikit daripada kopi, namun jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan maka kamu akan mengalami berbagai gangguan tidur.

Saat tubuh sudah merasa kelelahan namun mata kamu sulit sekali terpejam atau kamu akan terbangun tiba-tiba di tengah malam. Apabila kamu memiliki tubuh yang sensitif terhadap kafein, minum teh sebelum tidur akan memperparah gangguan tidur di malam hari.

5 dari 6 halaman

Anemia

Anemia (Anton Watman/Shutterstock)
Anemia (Anton Watman/Shutterstock)

Selain itu, dampak buruk minum teh berlebihan lainnya untuk kesehatan adalah dapat menyebabkan anemia. Hal ini terutama akan sangat berdampak pada orang-orang yang memiliki masalah dalam penyerapan zat besi dan gangguan perdarahan.

Kandungan tanin pada teh yang bisa mengganggu proses penyerapan zat besi oleh tubuh menjadi penyebab utamanya. Menurut laporan dari Colorado State University, minum teh bisa mengurangi penyerapan zat besi hingga 60%.  Jadi kamu tidak boleh mengonsumsi teh terlalu berlebihan.

6 dari 6 halaman

Rasa Tidak Nyaman di Perut

Sakit Perut
Sakit Perut / Sumber: iStockphoto.com

Dampak buruk minum teh berlebihan untuk kesehatan berikutnya adalah menyebabkan berbagai masalah perut. Kandungan kafein di dalam teh akan menghasilkan zat asam yang tidak mudah diserap oleh tubuh dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan di perut. Teh hitam sendiri disarankan untuk tidak dikonsumsi bagi penderita maag.

Salah satu masalah perut tersebut adalah diare. Senyawa yang terkandung pada teh dapat meningkatkan volume air pada jaringan pencernaan dan saluran anus, sehingga menyebabkan feses menjadi encer.

Selain itu, Senyawa kafein yang terkandung dalam teh dapat meningkatkan produksi asam lambung berlebih yang mengakibatkan maag. Hal ini tentunya akan menyebabkan terjadinya peradangan pada lambung. Oleh karena itu, hindari meminum teh sebelum makan. 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by