Sukses

5 Manfaat Meletakkan Tanaman Lidah Mertua di Dalam Rumah

Selain estetis, tanaman hias Lidah Mertua juga punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta Lidah Mertua atau Sansevieria merupakan tanaman hias yang cukup populer dijadikan penghias bagian dalam rumah. Mudahnya merawat tanaman hias ini merupakan salah satu alasannya. Lidah Mertua bisa tumbuh dalam kondisi yang minim cahaya matahari dan air.

Selain perawatannya yang mudah, Lidah Mertua juga memiliki karakteristik yang estetis. Daunnya yang keras, sukulen, tegak, dan ujungnya yang meruncing membuat tanaman hias ini sangat cocok diletakkan di sudut ruangan.

Masih banyak keunggulan yang bisa dibanggakan dari tanaman hias ini. Meletakkannya di dalam rumah atau kantor, Lidah Mertua bisa bekerja untuk menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benzene, formaldehydem, dan trichloroethylene yang kurang baik untuk tubuh manusia.

Berikut manfaat meletakkan tanaman Lidah Mertua di dalam rumah atau kantor yang telah Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Jumat (27/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengharum Ruangan Alami

Lidah Mertua memiliki aroma yang khas. Di beberapa negara maju, Lidah Mertua digunakan sebagai pengharum ruangan. Kini sebagian orang juga suka meletakkan Lidah Mertua di sudut ruangan.

Aroma yang dihasilkan Lidah Mertua ini sangat cocok untuk menghilangkan bau-bau yang tidak sedap di rumah, misalnya di toilet dan dapur.

3 dari 6 halaman

Aromaterapi

Selain menjadi pengharum ruangan alami, Lidah Mertua juga bisa dijadikan sebagai aromaterapi. Hal ini dikarenakan adanya bunga pada Lidah Mertua yang mekar setiap sore hari.

Bunga inilah yang akan mengeluarkan aroma khas yang menenangkan. Maka enggak heran, beberapa orang kerap menjadikan Lidah Mertua sebagai aromaterapi yang dinilai ampuh mengurangi dan meredakan stres.

4 dari 6 halaman

Menghilangkan Racun

Lidah Mertua dipercaya mampu menyerap berbagai racun seperti formaldehid, benzana, dan trikhloroetana. Tanaman ini cocok kamu letakkan di dalam kamar. Keunggulannya yaitu bisa menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen di malam hari.

Kamu bisa meletakkan Lidah Mertua di dekat area yang terkena cahaya. Kemudian rutinlah untuk memberinya air ketika tanaman sudah mulai kering.

5 dari 6 halaman

Menyerap Radiasi

Selain bisa menghilangkan racun, Lidah Buaya juga mampu menyerap radiasi. Radiasi biasa ditemukan pada produk elektronik seperti komputer, televisi, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa meletakkan Lidah Buaya di dekat barang-barang elektronik. Selain menyerap radiasi, Lidah Mertua juga cukup estetis buat jadi dekorasi rumah kan.

6 dari 6 halaman

Bantu Mengurangi Sick Building Syndrome

Sick Building Syndrome (SBS) disebabkan karena buruknya sistem pemanas, ventilasi, dan AC. Selain itu, ruangan penuh dengan orang-orang yang mengandung karbondioksida dan nikotin juga bisa menjadi penyebab SBS ini.

Gejala SBS masih belum jelas. Namun beberapa di antaranya menunjukkan semakin lama seseorang menghabiskan waktu di dalam bangunan tersebut, semakin parah gejala yang dialaminya. Sebaliknya, ketika meninggalkan bangunan tersebut, gejala mulai membaik atau menghilang.

Gejala yang biasa dirasakan adalah sakit kepala, iritasi mata, hidung, tenggorokan, rasa lelah, dan mual. Untuk mengatasinya, kamu bisa meletakkan Lidah Mertua di sudut ruangan atau rumahmu.

Lidah Mertua memiliki perananan untuk menyerap polutan, sehingga bisa membantu mengatasi gejala sick building syndrome.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini