Sukses

Jenis Kanker Payudara Berdasarkan Tingkat Keparahan, Waspadai Sejak Dini

Tidak semua jenis kanker payudara sama

Liputan6.com, Jakarta Jenis kanker payudara terdiri dari berbagai bentuk. Kanker payudara adalah kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Menurut WHO, kanker payudara berdampak pada 2,1 juta wanita setiap tahun, dan menyebabkan jumlah terbesar kematian terkait kanker pada wanita.

Pada tahun 2018, diperkirakan 627.000 wanita meninggal karena kanker payudara. Ini menyumbang sekitar 15% dari semua kematian akibat kanker di kalangan wanita.

Tidak semua jenis kanker payudara sama. Setelah didiagnosis kanker payudara, dokter akan meninjau laporan patologi dan hasil dari setiap tes pencitraan untuk memahami secara spesifik tumor yang ada. Melalui cara ini tim medis akan menentukan jenis kanker payudara.

Ada beberapa jenis kanker payudara yang dapat dideteksi. Semua jenis kanker payudara diklasifikasikan berdasarkan tingkat keparahan, sifat, dan lokasi kanker. Mengetahui jenis kanker payudara bisa membuat tim medis mengetahui penanganan apa yang tepat. Ini karena beberapa jenis kanker payudara dapat ditanggulangi sejak dini.

Berikut jenis kanker payudara yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(26/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jenis kanker payudara yang tidak menyebar (in situ)

Ductal Carcinoma In Situ (DCIS)

Ductal carcinoma in situ (DCIS) adalah jenis kanker payudara non-invasif. Ductal berarti bahwa kanker dimulai di dalam saluran susu, karsinoma mengacu pada kanker yang dimulai pada kulit atau jaringan lain (termasuk jaringan payudara) yang menutupi atau melapisi organ-organ internal, dan in situ berarti "di tempat asalnya". 

Ductal carcinoma in situ (DCIS) adalah kanker yang sangat dini yang sangat dapat disembuhkan, tetapi jika tidak diobati atau tidak terdeteksi, ia dapat menyebar ke jaringan payudara di sekitarnya. Ini merupakan jenis kanker stadium paling awal.

Lobular Carcinoma In Situ (LCIS)

Lobular berarti bahwa sel-sel abnormal mulai tumbuh di lobulus, kelenjar penghasil susu di ujung saluran payudara. Terlepas dari kenyataan bahwa namanya termasuk istilah "karsinoma," LCIS bukanlah kanker payudara sejati. Sebaliknya, LCIS merupakan indikasi bahwa seseorang berisiko lebih tinggi dari rata-rata untuk mendapatkan kanker payudara di beberapa titik di masa depan.

LCIS ​​biasanya didiagnosis sebelum menopause, paling sering antara usia 40 dan 50 tahun. Kurang dari 10% wanita yang didiagnosis dengan LCIS telah mengalami menopause. Jenis kanker ini bersifat tidak menyebar dan cenderung dapat dengan mudah ditangani.

3 dari 6 halaman

Jenis kanker payudara yang menyebar (invasif)

Invasive Ductal Carcinoma (IDC)

Invasive Ductal Carcinoma (IDC) adalah jenis kanker payudara yang paling umum, membentuk hampir 70-80% dari semua diagnosis kanker payudara. IDC juga merupakan jenis kanker payudara yang paling umum menyerang pria. Invasif berarti kanker telah "menyerang" atau menyebar ke jaringan payudara di sekitarnya.

Secara keseluruhan, "karsinoma duktal invasif" mengacu pada kanker yang telah menembus dinding saluran susu dan mulai menyerang jaringan payudara. Seiring waktu, karsinoma duktal invasif dapat menyebar ke kelenjar getah bening dan mungkin ke area lain dari tubuh.

Invasive Lobular Carcinoma (ILC)

Invasive lobular carcinoma (ILC), kadang-kadang disebut infiltrating lobular carcinoma, adalah jenis kanker payudara kedua yang paling umum setelah karsinoma duktal invasif. Sekitar 10% dari semua kanker payudara invasif adalah karsinoma lobular invasif.

Secara keseluruhan, "karsinoma lobular invasif" mengacu pada kanker yang telah menembus dinding lobulus dan mulai menyerang jaringan payudara. Lobular berarti bahwa kanker dimulai pada lobulus penghasil susu, yang kosong ke saluran yang membawa susu ke puting susu. Meskipun karsinoma lobular invasif dapat memengaruhi wanita pada usia berapa pun, ini lebih sering terjadi ketika wanita lanjut tua.

4 dari 6 halaman

Kanker Payudara Metastatik

Kanker payudara metastatik juga diklasifikasikan sebagai kanker payudara Stadium 4. Kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Ini biasanya termasuk paru-paru, hati, tulang atau otak. Hampir 30% wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara stadium dini akan menderita penyakit metastasis.

Sel-sel kanker dapat melepaskan diri dari tumor asli di payudara dan melakukan perjalanan ke bagian lain dari tubuh melalui aliran darah atau sistem limfatik, yang merupakan jaringan besar node dan pembuluh yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri, virus, dan produk limbah seluler.

Beberapa orang memiliki kanker payudara metastasis ketika mereka pertama kali didiagnosis menderita kanker payudara. Ini berarti bahwa kanker pada payudara tidak terdeteksi sebelum menyebar ke bagian lain dari tubuh.

5 dari 6 halaman

Jenis kanker payudara yang jarang terjadi

Kanker payudara peradangan

Kanker payudara peradangan adalah jenis kanker payudara invasif yang tidak umum. Ini menyumbang sekitar 1% hingga 5% dari semua kasus kanker payudara. Kanker payudara peradangan biasanya dimulai dengan kemerahan dan pembengkakan payudara, bukan benjolan yang berbeda.

Kanker payudara peradangan cenderung tumbuh dan menyebar dengan cepat, dengan gejala memburuk dalam beberapa hari atau bahkan jam. Seperti bentuk kanker payudara lainnya, kanker payudara peradangan juga dapat memengaruhi pria.

Penyakit Paget

Penyakit Paget pada puting susu jarang terjadi, hanya sekitar 1-3% dari semua kasus kanker payudara. Penyakit Paget pada puting susu adalah bentuk kanker payudara yang langka di mana sel-sel kanker berkumpul di dalam atau di sekitar puting. Kanker biasanya memengaruhi saluran puting pertama , kemudian menyebar ke permukaan puting dan areola. Puting dan areola sering menjadi bersisik, merah, gatal, dan teriritasi.

6 dari 6 halaman

Jenis kanker payudara yang jarang terjadi

Tumor phyllodes

Tumor phyllodes adalah tumor payudara yang jarang. Mereka berkembang di jaringan ikat (stroma) payudara, berbeda dengan karsinoma yang berkembang di duktal atau lobulus. Kasus ini terhitung kurang dari 1% dari semua tumor payudara. Meskipun sebagian besar tumor phyllodes jinak (bukan kanker), beberapa bersifat ganas.

Angiosarcoma

Angiosarcoma dimulai pada sel yang melapisi pembuluh darah atau pembuluh getah bening. Jenis kanker payudara ini dapat melibatkan jaringan payudara atau kulit payudara. Beberapa mungkin terkait dengan terapi radiasi sebelumnya di daerah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.