Guru Ini Gendong Muridnya Saat Acara Tur Sekolah, Alasannya Bikin Salut

Oleh Loudia Mahartika pada 26 Sep 2019, 15:40 WIB
Guru Gendong Muridnya Sepanjang Hari Saat Tur, Alasannya Bikin Salut

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak guru yang mendedikasikan dirinya membantu muridnya agar mendapatkan pelajaran yang layak dan menyenangkan. Salah satunya adalah memberikan waktu belajar di luar kelas.

Bagi sebagian besar murid, belajar di luar kelas merupakan kesempatan yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu karena bisa belajar dengan suasana berbeda. Pasalnya setiap hari belajar di dalam kelas bisa menimbulkan rasa bosan. 

 

Namun, berbeda dengan murid-murid lainnya yang antusias dengan proses belajar di luar kelas, seorang murid berusia 10 tahun di Amerika Serikat justru merasa ragu. Pasalnya, kondisi fisik gadis benama Ryan ini tak memungkinkan untuk berjalan jauh.

Melihat kondisi muridnya itu, seorang guru lalu tergugah untuk membantunya agar ia tetap bisa ikut dalam kegiatan belaja di luar kelas. Aksi guru bernama Jim Freeman ini sontak membuat banyak orang salut.

2 of 3

Sang murid mengidap Spina Bifida

Guru Gendong Muridnya Sepanjang Hari Saat Tur, Alasannya Bikin Salut
Ryan, gadis kecil yang menderita Spina Bifida sejak lahir. (Sumber Facebook/TeamRyaSB)

Ryan Neighbors adalah salah satu murid di sekolah dasar Trully, Amerika Serikat. Ibunya yang bernama Shelly King diberi kabar bahwa sekolah putrinya akan melakukan kunjungan studi tur di Ohio State Park di daerah Indiana, dikutip dari People oleh Liputan6.com, Kamis (26/9/2019). Mengetahui kabar tersebut, wanita itu mencemaskan putrinya. 

Hal ini lantaran Ryan, mengidap kelainan sejak lahir yaitu Spina Bifida. Spina Bifida adalah cacat lahir yang ditandai dengan terbentuknya celah atau defek pada tulang belakang dan saraf tulang belakang bayi. Kelainan ini dipicu akibat pembentukan saraf tulang belakang yang tidak sempurna pada bayi selama dalam kandungan. Karena kondisi tulang belakangnya yang ia alami sejak lahir, maka dari itu Ryan selalu membutuhkan kursi roda untuk beraktivitas.

Dengan adanya kegiatan di luar sekolah ini membuat Shelly King sempat mengajukan rencana lain untuk putrinya. Sebab tak mungkin putrinya menggunakan kursi roda berkeliling Ohio State Park yang diketahui punya jalan yang cukup terjal. Namun kecemasan dari Shelly King hilang setelah Jim Freeman menawarkan diri untuk menggendong putrinya selama di Ohio State Park.

 

3 of 3

Jim Freeman Gendong Ryan Sepanjang Hari

Guru Gendong Muridnya Sepanjang Hari Saat Tur, Alasannya Bikin Salut
Jim Freeman gendong Ryan selama di Ohio State Park agar bisa melihat fosil. (Sumber: Facebook/TeamRyaSB)

Jim Freeman, salah satu guru di sekolah dasar itu akhirnya menepati janjinya. Jim menggendong Ryan di punggungnya sepanjang hari. Aksi ini membuat Ryan dapat menjelajahi lapisan fosil bersama teman-teman sekelasnya. Dalam beberapa foto yang diambil, terlihat Jim menggendong Ryan di atas punggungnya. Ryan dengan manis memegang pundak gurunya tersebut. Ryan dan Jim bersama dengan siswa lainnya meyusuri tepi sungai yang terdapat lapisan fosil berusia 390 juta tahun. 

Lewat akun Facebooknya, Shelly King mengatakan bahwa aksi dari guru itu sangat berarti bagi dia dan keluarganya. Terutama bagi Ryan karena itu membuatnya tak merasa tersisih serta bisa belajar di alam bersama temannya. Aksi ini juga diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi guru lainnya untuk membantu anak-anak yang membutuhkan. 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by