6 Tips Menghemat Pengeluaran saat Traveling ke Luar Negeri untuk Pertama Kali

Oleh Husnul Abdi pada 25 Sep 2019, 18:00 WIB
Tips Liburan ke Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta Menghemat pengeluaran saat traveling ke luar negeri mungkin masih menjadi masalah bagi banyak orang. Bahkan orang yang telah melakukannnya berkali-kali pun masih sulit untuk mengatur pengeluarannya setipis mungkin. 

Apalagi jika kamu belum pernah melakukannya sebelumnya. Tentunya kamu tidak ingin pengalaman pertamamu menjadi tidak menyenangkan dengan banyak pengeluaran. Kamu bisa tetap liburan dengan bahagia walaupun dengan menghemat pengeluaran.

Tips menghemat pengeluaran saat traveling ke luar negeri untuk pertama kali bisa kamu terapkan. Dengan begitu, kamu bisa liburan dengan senang namun dengan pengeluaran yang tetap bisa dikontrol. Persiapan dan perencanaan sebelum traveling menjadi sangat penting untuk kamu lakukan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/9/2019) tentang tips menghemat pengeluaran saat traveling ke luar negeri untuk pertama kali

2 of 7

Pilih Negara Bebas Visa

Ilustrasi visa paspor
Ilustrasi visa paspor. (auroratravel.asia)

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran saat traveling ke luar negeri adalah memilih negara bebas visa. Visa merupakan salah satu persiapan yang menghabiskan dana cukup besar. Apalagi prosesnya yang memakan waktu lama juga sangat merepotkan.

Kamu bisa memilih berlibur ke negara-negara bebas visa seperti nergara-negara ASEAN, India, Turki, Maroko, dan lain-lain. Dengan memilih negara yang bebas visa untuk dijadikan tujuan liburan, tentunya pengeluaran kamu akan lebih berkurang.

3 of 7

Rajin Mengecek Promo Tiket Pesawat dan Hotel

Harga Tiket Pesawat
Harga Tiket Pesawat (Liputan6.com/Triyasni)

Selanjutnya, salah satu pengeluaran yang cukup besar saat traveling ke luar negeri selanjutnya adalah tiket pesawat dan penginapan. Kamu harus rajin-rajin mengecek promo tiket pesawat dan hotel agar pengeluaran dapat ditekan.

Pemilih penerbangan malam dan maskapai bertarif rendah seperti AirAsia, Lion Air dan sebagainya bisa menjadi solusi yang tepat. Selalu mengecek promo di berbagai aplikasi tiket pesawat dan hotel sangat penting kamu lakukan saat ingin traveling ke luar negeri. Selain itu, usahakan memilih penginapan yang dekat dengan objek wisata yang akan kamu kunjungi.

 

4 of 7

Membuat Perencanaan Traveling

Traveling
Perencanaan Traveling (Image: Getty Images)

Tips yang sangat penting untukmu yang baru ingin traveling ke luar negeri adalah membuat perencanaan traveling. Daftar kegiatan serta perkiraan pengeluaran selama perjalanan yang disebut juga dengan itinerary ini wajib kamu buat. Daftar destinasi, akomodasi, transportsi, jadwal harian, hingga oleh-oleh harus kamu pikirkan dengan matang.

Apalagi di zaman sekarang ini tentunya tidak susah mencari berbagai informasi tentang negara tujuan. Sehingga kamu akan lebih mudah untuk merencanakan liburan ke luar negeri. Kamu bisa melihat berbagai referensi itinerary ini di internet dari orang-orang yang sudah berpengalaman melakukannya sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran nantinya.

5 of 7

Mata Uang dan Bahasa

Traveling
Ilustrasi Traveling (foto: flipkey.com)

Selain itu, kamu juga harus menyiapkan mata uang negara tujuan. Kamu harus menukarkan uang rupiah dengan mata uang negara tujuanmu. Hal ini untuk mengantisipasi bila di sekitar tempat tujuan kamu tidak banyak mesin ATM.

Selain itu menguasai Bahasa Inggris saat traveling ke luar negeri sangatlah penting. Komunikasi merupakan hal yang terpenting saat traveling kemana pun. Dengan menguasai Bahasa Inggris, kamu tidak perlu lagi menyewa jasa tour guide yang tentunya akan menambah pengeluaran.

6 of 7

Menggunakan Transportasi Publik

Ilustrasi traveling
Ilustrasi traveling. Sumber foto: unsplash.com/Guilherme Stecanella.

Menggunakan transportasi public merupakan salah satu cara agar pengeluaran saat traveling ke luar negeri tidak membengkak. Hal ini tentunya lebih murah daripada kamu menggunakan taksi atau transportasi yang disediakan hotel.

Sebelum berangkat ke negara tujuan ada baiknya untuk mengumpulkan informasi mengenai jenis transportasi yang akan digunakan, harga, metode pembayaran, jadwal, rute, dan sebagainya.

7 of 7

Mengunjungi Tempat Wisata Gratis

Ilustrasi traveling
Ilustrasi traveling. Sumber foto: unsplash.com/Holly Mandarich.

Tips untuk menghemat pengeluaran selanjutnya adalah dengan memilih tempat wisata yang bebas tiket masuk. Mungkin sebagian kamu berpikir jika spot wisata seperti ini pasti bukanlah tempat yang indah untuk dikunjungi atau bahkan ini adalah hal yang mustahil.

Namun, kamu bisa mengetahui berbagai destinasi wisata yang gratis ataupun yang murah dari informasi di internet. membaca berbagai pengalaman orang-orang yang pernah traveling ke luar negeri juga bisa menjadi referensi.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by