Sukses

4 Seleb Ini Ikut Terjun Demo Mahasiswa Tolak RUU Kontroversial di DPR

Demo mahasiwa juga turut mendapat dukungan dari beberapa selebriti Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Demo mahasiswa terkait dengan Rancangan Undang-Undang (RUU) KUHP, Undang-Undang (UU) KPK serta beberapa poin kontroversial memang cukup menyita perhatian. Demo mahasiswa terkait beberapa poin kontroversial RUU KUHP serta UU KPK berlangsung sejak Senin (23/9/2019) lalu.

Demo yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut bukan hanya berlangsung di ibukota saja. Akan tetapi para mahasiswa di beberapa wilayah di Indonesia juga ikut serta menyampaikan aspirasi mereka. Seperti di Yogyakarya, Semarang, Makasar, Malang, Palembang, Surabaya dan beberapa kota lain.

Demo mahasiswa terkait dengan beberapa poin kontroversial RUU KUHP juga menyita perhatian para selebriti Indonesia. Tak sedikit pula mereka memberi dukungan dan turut menyuarakan aspirasi melalui akun media sosial.

Bahkan, ada pula yang memilih terjun langsung di jalanan saat demo mahasiswa berlangsung. Mereka juga membagikan momen saat berada di tengah mahasiswa yang berdemo pada akun media sosial.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa seleb Tanah Air yang ikut serta demo mahasiswa tolak RUU, Rabu (25/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Andovi da Lopez

Aktor, komedian sekaligus YouTuber Andovi da Lopez terlihat ikut turun ke jalan saat demo berlangsung. Pria kelahiran Jakarta, 6 Januari 1994 ini juga mengunggah video wawancara dengan peserta demo di akun Instagram pribadinya.

Tak hanya itu, Andovi juga mengunggah sebuah video saat para mahasiswa yang ikut dalam aksi demo kompak menyanyikan yel-yel di depan gedung DPR dan MPR.

3 dari 5 halaman

2. Jovial da Lopez

View this post on Instagram

Momen runtuhnya gerbang dpr dan penembakan gas air mata pertama. Temen2 mahasiswa, kalian melakukan hal yang benar, hati hati provokasi aja. Gausah pake kekerasan. Gue dateng ke depan gerbang utama DPR RI hari ini (24 Sept 2019) karena gue mau protes atas RUU KUHP. Dan betapa senangnya gue ketika sampe depan gerbang, ada beberapa Ketua BEM yang ngobrol sama gue tentang rencana protes hari ini. Satu2nya yang gue tekankan adalah protes dengan DAMAI. Harus dengan DAMAI. Ga ada cara lain. Namun, sayangnya ketika mengkoordinir massa sebesar ini pasti ada 'provokator'-nya. Gue mulai rekam video ini ketika udah sedikit mundur kearah tol karena kena siraman water cannon, video ini berakhir dengan kita lari kearah Slipi karena penembakan gas air mata. Kita kena gas air mata di 3 titik. Keep fighting for what is right guys. HIDUP MAHASISWA. HIDUP RAKYAT INDONESIA.

A post shared by Jovial da Lopez (@jovialdalopez) on

 

Tak hanya Andovi saja, akan tetapi sang kakak Jovial da Lopez juga terjun langsung di jalanan saat aksi demo mahasiswa berlangsung. Aktor, komedian dan YouTuber kelahiran San Fransisco, 24 Februari 1990 ini mengunggah sebuah video demo mahasiswa di akun Instagram pribadinya. Bahkan, dalam video yang diunggah oleh Jovial, ia merekam detik-detik ketika para mahasiswa tengah meruntuhkan pagar DPR.

4 dari 5 halaman

3. Sisil Eks JKT48

Mantan member JKT48 Priscillia Sari Dewi atau akrab disapa Sisil juga terlihat terjun langsung saat aksi demo berlangsung. Ia juga mengunggah foto di akun Instagram pribadinya sambil memegang sebuah tulisan 'Dewan Penipu Rakyat'.

Tak hanya mengunggah foto diri saja, ia juga memperlihatkan bagaimana situasi demo mahasiswa berlangsung pada foto dan video di akun Instagram @gagitusil. Bahkan, pada keterangan foto yang diunggah oleh Sisil Eks JKT48, ia juga menambahkan tagar 'Reformasi Dikorupsi', 'Mahasiswa Bergerak', serta 'Tuntaskan Reformasi'.

5 dari 5 halaman

4. Awkarin

Karin Novilda atau yang lebih akrab disapa Awkarin ini juga terlihat terjun langsung ke lokasi demo mahasiswa. Bentuk dukungan yang diberikan Awkarin untuk menolak RUU KUHP dan UU KPK cukup berbeda. Ia memilih untuk membagikan 3.000 kotak nasi bagi para mahasiswa yang melakukan demo di depan gedung DPR dan MPR.

Aksi Awkarin yang membagikan kotak nasi bagi para peserta demo ini juga menarik perhatian publik. Pasalnya, ia memilih untuk membawa dan membagikan secara langsung kotak nasi tersebut kepada para mahasiswa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini