6 Tempat Wisata Alam di Jabodetabek yang Asri, Cocok untuk Refreshing

Oleh Nisa Mutia Sari pada 23 Sep 2019, 11:15 WIB
Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata alam di Jabodetabek bisa kamu jadikan pilihan untuk mengahabiskan libur di akhir pekan. Di tengah hiruk-pikuk perkotaan yang penuh sesak, wisata alam bisa dipilih untuk menenangkan pikiran sejenak.

Jabodetabek, merupakan sebuah akronim dari Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi. Seluruh bagian kota ini merupakan kawasan megapolitan Jakarta dan sekitarnya. Bagi mereka yang tinggal di antara kota tersebut dan di sekitarnya, memang sangat memerlukan tempat wisata alam di Jabidetabek untuk berwisata.

Tempat wisata alam di Jabodetabek bisa dipilih sebagai alternatif bagi kamu yang tidak bisa berlibur ke luar kota atau luar provinsi. Enggak kalah dari wisata alam lainnya, tempat wisata alam di Jabodetabek ini juga memiliki nuansa yang sangat asri dan menenangkan.

Berikut ini Liputan6.com, Senin (23/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa tempat wisata alam di Jabodetabek yang bisa kamu kunjungi untuk melepas penat sejenak.

2 of 7

Wisata Pulau Tidung

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek
Pulau Tidung (shutterstock.com)

Tempat wisata alam di Jabodetabek dengan pemandangan asri yang bisa kamu kunjungi pertama adalah Pulau Tidung. Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, bisa banget mengunjungi tempat wisata yang asri dan sejuk ini.

Terletak berada di kawasan Kepulauan Seribu, pulau Tidung bisa kamu jadikan alternatif liburan untuk menghilangkan penat. Di pulau ini, tanpa melakukan aktivitas apapun kamu sudah cukup merasa tenang dengan menikmati eksotis dan sejuknya alam pulau Tidung.

Namun, buat kamu yang ingin mencicipi keindahan secara lebih, kamu bisa menikmati sensasi permainan air yang memacu adrenalin seperti cano, banana boat, water spot, hingga jetsky.

3 of 7

Danau Cibeureum

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek
Danau Cibeureum (Sumber: disparbud.jabarprov.go.id)

Buat kamu yang tinggal di sekitaran Bekasi, tempat wisata alam di Jabodetabek yang bisa kamu pilih adalah Danau Cibeureum. Tempat ini cocok banget dikunjungi buat kamu yang ingin menikmati sebuah tempat yang sejuk dan tenang.

Danau ini terbilang cukup unik. Di mana di tengah danau terdapat pulau kecil dengan satu pohon di dalamnya. Di sekitar danaunya juga terdapat saung-saung yang bisa kamu gunakan untuk bersantai bareng keluarga atau teman-teman sambil menikmati sajian kuliner yang disajikan di tempat ini.

Untuk menikmati keindahan alam di sini juga cukup sederhana. Cukup bersantai di sekitaran danau, kamu sudah bisa menikmati kesejukan angin yang berhembus. Maka enggak heran, kalau ini menjadi salah satu tempat favorit warga Bekasi dan sekitarnya untuk melepas penat.

4 of 7

Bendungan Pintu Air Sepuluh

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek
Bendungan Pintu Air Sepuluh (Sumber: merdeka.com)

Bagi warga yang tinggal di perkotaan, memang cukup sulit untuk bisa menikmati kesejukan alam secara alami. Namun, sebagai alternatif, enggak ada salahnya buat mencoba berkunjung ke Bendungan Pintu Air Sepuluh. Di sini kamu bisa menikmati desiran suara aliran sungai.

Sesuai dengan namanya, bendungan ini memiliki sepuluh pintu air dengan lebar masing-masing ukurannya sepuluh meter. Bendungan yang dialiri oleh air sungai Cisadane ini merupakan sungai utama yang mengaliri provinsi Banten dam provinsi Jawa Barat. Terletak di kawasan Karawaci Tangerang, cocok kamu jadikan alternatif pilihan melepas penat yang sangat murah.

Selain menikmati pemandangan yang indah dari bendungan ini, secara tidak langsung kamu juga akan mempelajari nilai-nilai sejarah yang tinggi di sini. Pasalnya tempat ini sudah ada sejak tahun 1927 pada masa penjajahan Belanda.

5 of 7

Agrowisata Gunung Mas

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek
Perkebunan teh di kawasan Puncak.

Tempat wisata alam di Jabodetabek yang bisa kamu pilih lainnya adalah Agrowisata Gunung Mas. Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor atau tepatnya berada di antara Taman Safari Indonesia Cisarua dan Masjid Attaawun.

Di sini kamu bisa benar-benar melepas penat. Pasalnya tempat ini menawarkan hamparan perkebunan teh yang sangat luas, indah, dan dingin. Suasana sejuk di tempat wisata ini dikarenakan lokasinya yang berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut.

Selain menikmati pemandangan perkebunan teh yang menyejukkan, kamu juga bakal disuguhkan dengan pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede dari kejauhan. Bila tak ingin berjalan kaki, kamu bisa memilih alternatif lain berupa menunggang kuda yang bisa kamu sewa untuk berkeliling.

6 of 7

Taman Bunga Wiladatika

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek
Taman Bunga Wiladatika (Sumber: Wikipedia)

Nah, buat kamu yang tinggal di kawasan Depok, bisa mengunjungi tempat wisata di Jabodetabek Taman Bunga Wiladatika. Lokasi ini tepatnya berada di Jalan Jambore No. 1, Harjamukti, Depok, Jawa Barat.

Tempat wisata ini merupakan taman yang diisi dengan berbagai macam jenis bunga. Selain banyak jenis bunga yang indah, taman ini juga memiliki banyak pohon tua yang rindang. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini sudah ada atau diresmikan oleh Soeharto pada tahun 1980-an.

Di sini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan sepeti berjalan kaki atau hanya sekedar duduk berkumpul bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu, kamu juga bisa dengan bebas berswafoto dengan latar belakang pepohonan yang rindang.

Tidak hanya sekedar menikmati keindahan alamnya, di sini juga tersedia beragam fasilitas yang bisa digunakan untuk bersenang-senang. Ada kereta api mini untuk anak-anak, flying fox, gazebo, dan lain sebagainya.

7 of 7

Wisata Alam Danau Quarry

Buat kamu yang tinggal di sekitaran Bogor, bisa juga mengunjungi wisata alam Danau Quarry. Terletak di kawasan Tegalega, kampung Sawah kabupaten Bogor, di sini kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dan asri. Air yang jernih dan ketenangan airnya menjadi nilai tambah dari tempat wisata alam ini yang bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Tempat wisata ini juga dihiasi dengan tebing-tebing yang indah. Sehingga cocok buat kamu yang suka berswafoto.

Lanjutkan Membaca ↓