Unik, Restoran Ini Gratiskan Pengunjung Berdasar Jumlah Follower Instagram

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 20 Sep 2019, 17:20 WIB
This Is Not A Sushi Bar

Liputan6.com, Jakarta Di zaman yang serba canggih kini seluruh aspek kehidupan juga ikut berkembang, seperti strategi pemasaran. Seperti pemasaran restoran untuk menggaet konsumen, dari cara yang biasa hingga yang ekstrem. Salah satu cara unik promosi restoran unik adalah dengan menggunakan sosial media. 

Dulu jika kamu ingin mengiklankan sebuah restoran biasanya cukup lewat iklan radio, iklan di media cetak, pasang baliho, atau bahkan iklan TV. Di zaman yang kini serba canggih, ada jutaan cara unik muncul untuk promosi restoran dengan media sosial. Cara promosi restoran yang sedang tren saat ini adalah dengan endorse.

Di dunia media sosial followers menjadi hal yang paling penting. Dari follower ini lah yang banyak dijadikan tolak ukur bayaran untuk promosi-promosi atau kepopuleran. Tak heran jika sebagian orang sangat gila dengan jumlah followers Instagramnya, agar terlihat populer atau agar mendapatkan banyak endorse.

Tapi siapa sangka sekarang followers Instagram bisa menjadi alat pembayaran di era sekarang ini. Sebuah restoran di Milan, Italia jadi perbincangan hangat media sosial, lantaran dapat membayar makan dengan follower Instagram. Restoran tersebut bernama "This Is Not A Sushibar", berdiri sejak 2007, seperti yang Liputan6.com lansir dari Metro UK, Jumat (20/9/2019).

2 of 3

Membayar dengan Followers

This Is Not a Sushi Bar merupakan restoran Jepang yang menyajikan sushi dan sashimi. Pemilik restoran ini memutuskan menjadikan followers sebagai mata uang. Sang pemilik menerapkan kebijakan pembayaran berdasarkan jumlah followers atau pengikut seseorang di Instagram.

Semakin banyak followers pengunjung, semakin sedikit pula biaya makan yang harus dibayar. Promosi lewat media sosial saat ini menjadi begitu penting dalam bisnis. Hal ini pun disadari Matteo dan Tomaso Pittarello, pemilik dari This Is Not a Sushi Bar. Mereka rela memberikan sushi gratis apabila restoran semakin populer.

Cara mendapatkan sushi gratis ini cukup mudah, kamu hanya tinggal mengunggah foto makanan yang dipesan dengan hashtag #thisisnotasushibar dan tag Instagram restoran itu. Tunjukkan postingan kamu saat ingin membayar dan karyawannya akan menghitung diskon yang kamu dapat berdasarkan jumlah followers. Selain mengunggah foto, kamu juga minimal harus punya 1000 followers untuk makan gratis.

3 of 3

Sushi Gratis

Pengunjung dengan jumlah pengikut 1.000 - 5.000 akan mendapat satu piring sushi gratis. Mereka dengan jumlah followers 5.000 – 10.000 berhak mendapat dua piring gratis. 4 piring gratis untuk 10.000 – 50.000 pengikut dan 8 piring untuk mereka dengan pengikut 50-100 ribu followers. Kamu yang punya pengikut lebih dari 100 ribu akan mendapat seluruh makanan secara gratis.

Walaupun terkesan seperti lomba popularitas, pemilik restoran Matteo merasa bahwa ini merupakan cara yang bagus untuk berinteraksi dengan pelanggan.

“Ide ini lahir dengan dua tujuan: meningkatkan jumlah pembelian dan partisipasi dengan cara yang inovatif dan inklusif,” ungkap Matteo.

“Kami berencana untuk membuat konsep ini permanen. Sejauh yang kami tahu, kami merupakan yang pertama menggunakan cara seperti ini secara terstruktur. Kami ingin menjadi restoran cashless pertama, mencoba metode pembayaran baru,” tambahnya.

Dengan partisipasi pengunjung yang aktif di media sosial, maka nama restorannya pun akan semakin banyak dikenal. Cocok banget ya dikunjungi oleh selebgram dan artis-artis.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by