5 Kebiasaan Saat PMS yang Bisa Memperburuk Kondisinya, Jangan Disepelekan

Oleh Nisa Mutia Sari pada 20 Sep 2019, 10:15 WIB
Diperbarui 21 Sep 2019, 16:14 WIB
Kebiasaan Buruk Saat PMS yang Bisa Memperburuk Kondisi

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa perempuan, setiap bulannya pasti pernah merasakan beberapa gejala sebelum menstruasi. Ya, gejala ini biasa disebut dengan premenstrual syndrome atau PMS. Beberapa perempuan di antaranya akan merasakan gejala PMS dalam kurun waktu seminggu atau dua minggu sebelum siklus menstruasi terjadi.

Gejala yang biasa dialami bisa berupa gejala pada fisik dan emosional seperti nyeri perut, nyeri kepala, perut terasa begah, nyeri payudara, hingga menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung.

Enggak jarang, dari beberapa gejala menstruasi tersebut kerap mengganggu aktivitas kamu. Namun, untuk meringankan atau menuruti hasratnya saat sedang PMS, tak banyak perempuan yang justru melakukan kebiasaan buruk.

Padahal, apabila kamu membiasakan melakukan kebiasaan buruk saat sedang PMS justru akan memperburuk kondisinya bahkan sampai mengganggu kesehatan. Berikut ini Liputan6.com, Jumat (20/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa kebiasaan buruk yang perlu dihindari saat sedang masa PMS.

2 of 6

Makan Terlalu Banyak atau Berlebihan

Kebiasaan Buruk Saat PMS yang Bisa Memperburuk Kondisi
Makan banyak (Foto: iStockphoto)

Gejala umum yang biasa terjadi pada perempuan yang sedang PMS adalah mengidam makanan tertentu. Namun, tak banyak perempuan akan memilih makanan cepat saji atau camilan asin atau makanan manis untuk memenuhi hasrat makannya tersebut.

Biasanya, saat sedang PMS cokelat ataupun makanan manis lainnya tentu dapat membuat kamu melupakan sejenak gejala PMS yang sedang dialami. Namun, perlu diingat bahwa sebaiknya jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Pasalnya, makanan yang tinggi akan kadar gula dan garam dapat membuat perut kamu terasa begah, tidak nyaman, dan akan memperburuk gejala PMS yang kamu alami. Pada sebuah studi juga dikatakan bahwa perempuan yang sedang PMS cenderung mengonsumsi tambahan 200-500 kalori per harinya.

Kalori tambahan tersebut berasal dari lemak, karbohidrat, dan makanan manis lainnya.

3 of 6

Suka Mengonsumsi Makanan Tinggi Garam

Kebiasaan Buruk Saat PMS yang Bisa Memperburuk Kondisi
Kebanyakan Makan Garam (Robyn Mackenzie/123rf)

Ketika kamu sedang mau haid atau PMS, tak banyak perempuan suka mengidam makanan tertentu. Biasanya, mereka kerap kali memilih camilan dengan cita rasa asin seperti keripik atau gorengan.

Padahal, jenis makanan ini mengandung kadar garam yang sangat tinggi dan dapat membuat perut menjadi kembung, terasa penuh, dan membuat kamu semakin tidak nyaman dalam beraktivitas. Sebaiknya, saat sedang PMS perbanyak minum air putih.

4 of 6

Suka Konsumsi Kopi

Kebiasaan Buruk Saat PMS yang Bisa Memperburuk Kondisi
Ilustrasi minum kopi/copyright shutterstock

Bagi sebagian orang tak bisa melewatkan harinya tanpa mengonsumsi kopi dalam sehari. Padahal, menurut penelitian kandungan kafein yang ada di dalam kopi bisa meningkatkan rasa cemas dan memperburuk gejala PMS. Selain itu, pada beberapa orang juga gejala PMS yang timbul dapat berupa diare.

Kafein yang terkandung di dalam kopi bisa membuat diare yang dialami bertambah berat. Meski begitu, kamu tetap boleh minum kopi saat PMS namun hindari konsumsinya untuk tidak berlebihan.

5 of 6

Tidak Menjaga Kebersihan Tubuh

Kebiasaan Buruk Saat PMS yang Bisa Memperburuk Kondisi
ilustrasi mandi/Photo by Spencer Davis on Unsplash

Saat sedang PMS, tak banyak perempuan yang melewatkan waktu untuk membersihkan tubuh. Ya, banyak perempuan menjadi malas untuk menjaga kebersihan tubuh karena gejala PMS yang sedang dialaminya. Memang, beberapa gejala PMS seperti nyeri perut atau badan lemas kerap membuat sebagian perempuan menjadi malas untuk melakukan beberapa aktivitas.

Padahal, dengan menjaga kebersihan tubuh terutama kebersihan vagina akan membuat kamu terhindar dari infeksi atau keputihan. Penting untuk selalu mengganti pakaian dalam atau pembalut kamu secara rutin dan menjaga area kewanitaan agar tetap kering dan bersih.

6 of 6

Melewatkan Olahraga

Kebiasaan Buruk Saat PMS yang Bisa Memperburuk Kondisi
olahraga jalan kaki./Copyright shutterstock.com

Beberapa gekala PMS yang kerap dirasakan oleh perempuan membuat tidak nyaman dan malas untuk melakukan aktivitas, apalagi untuk berolahraga. Padahal, menurut berbagai penelitian, menjaga berat badan agar tetap ideal dapat membantu mencegah PMS.

Ya, salah satu cara untuk menjaga berat badan ideal adalah dengan berolahraga. Selain itu, berolahraga juga dapat mengurangi stres yang juga rentang memperparah gejala PMS.

 

Lanjutkan Membaca ↓