Sukses

7 Penyebab Pandangan Kabur Tiba-Tiba, Bisa Tandakan Kondisi Kesehatan

Jangan abaikan pandangan yang kabur tiba-tiba

Liputan6.com, Jakarta Pernahkan Anda sering mendapati mata berkedip, menyipit, atau menggosok mata untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas? Penglihatan yang kabur dan buram merupakan masalah yang sangat umum. Masalah dengan komponen mata seperti kornea, retina, atau saraf optik, dapat menyebabkan penglihatan kabur tiba-tiba.

Penglihatan yang kabur tiba-tiba adalah gejala bahwa ada sesuatu yang salah di dalam tubuh. Ini bisa merupakan masalah pada mata atau masalah pada kondisi lainnya. Selidiki selalu apa yang menyebabkan penglihatan Anda kabur.

Mengetahui alasan di baliknya bisa menentukan penanganan apa yang tepat. Penglihatan kabur dapat memengaruhi seluruh garis pandang atau hanya sebagian dari penglihatan. Ini dapat mencakup penglihatan tepi atau bagaimana melihat ke kanan atau kiri bidang penglihatan. Anda juga dapat mengalami penglihatan kabur hanya pada satu mata.

Ada beberapa kondisi yang mendasari pengelihatan kabur. Berikut penyebab pandangan kabur tiba-tiba, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(19/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Konjungtivitis

Konjungtivitis atau mata merah muda biasanya disebabkan oleh adenovirus. Virus ini dapat menyebabkan flu biasa, bronkitis, dan sakit tenggorokan. Meskipun biasanya tidak serius, konjungtivitis dapat menyebar. Partikel virus pada permukaan dapat tetap hidup selama sekitar dua minggu.

Konjungtivitis biasanya hilang dalam satu hingga dua minggu tanpa pengobatan, tetapi jika Anda memiliki gejala yang parah, bicarakan dengan dokter tentang obat antibiotik atau antivirus.

Sementara itu, cobalah kompres dingin untuk mengurangi rasa gatal, kompres hangat untuk meredakan pembengkakan, atau gunakan obat tetes mata yang dijual bebas untuk membantu iritasi.

3 dari 8 halaman

Ablasi retina

Retina yang terlepas atau ablasi retina terjadi ketika retina lepas dari bagian belakang mata dan kehilangan suplai darah dan sarafnya. Ketika itu terjadi, Anda melihat bintik hitam diikuti oleh area penglihatan kabur atau hilang. Tanpa perawatan darurat, penglihatan di area ini dapat hilang secara permanen.

Ablasi retina memisahkan sel-sel retina dari lapisan pembuluh darah yang menyediakan oksigen dan makanan. Tanda-tanda peringatan ablasi retina dapat mencakup satu atau semua hal berikut: kemunculan floaters dan flash yang tiba-tiba dan penglihatan yang berkurang.

4 dari 8 halaman

Diabetes

Kondisi ini meningkatkan risiko penyakit mata yang disebut retinopati diabetik. Seiring waktu, gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil di retina. Ini dapat menyebabkan pembengkakan di bagian retina yang disebut makula. Makula adalah darah baru yang tidak diinginkan yang tumbuh di mata, dan berdarah di dalam mata.

Seiring dengan penglihatan kabur, penyakit mata diabetes juga dapat menyebabkan floaters, dan kehilangan pengelihatan secara permanen. Perawatan dini adalah cara terbaik untuk menangkal kerusakan permanen. Jadi lindungi mata dari diabetes dengan memeriksakannya setidaknya setahun sekali.

5 dari 8 halaman

Stroke

Salah satu tanda kunci bahwa Anda mengalami stroke adalah perubahan penglihatan yang tiba-tiba dan tidak menyakitkan. Anda mungkin memiliki pandangan kabur atau ganda. Penglihatan kabur atau hilang di kedua mata dapat terjadi ketika Anda memiliki stroke yang memengaruhi bagian otak yang mengontrol penglihatan.

Anda mungkin memiliki gejala stroke lainnya, seperti kelemahan pada satu sisi tubuh atau ketidakmampuan untuk berbicara. Gejala stroke lainnya meliputi pusing, wajah terkulai, kehilangan keseimbangan, masalah berbicara, dan mati rasa di satu lengan.

6 dari 8 halaman

Tekanan darah tinggi

Anda mungkin tahu bahwa tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Darah tinggi juga dapat menyebabkan stroke mini mata yang disebut oklusi vena. Penglihatan kabur karena oklusi vena biasanya menyerang hanya satu mata.

Perawatan untuk penyumbatan pembuluh darah, termasuk obat-obatan untuk mengurangi pembengkakan makula, perlu diberikan segera agar masalah dapat dengan cepat teratasi. Untuk melindungi dari penyumbatan pembuluh darah, penting untuk menjalankan pola hidup sehat.

7 dari 8 halaman

Migrain

Migrain lebih dari sakit kepala yang mengerikan. Ada sejumlah gejala lain yang mungkin Anda miliki dengan rasa sakit, termasuk penglihatan kabur dan sensitivitas terhadap cahaya. Anda mungkin merasakan tanda-tanda ini bahkan sebelum migrain dimulai, dan mereka mungkin bertahan sampai selesai.

Perubahan yang lebih dramatis pada penglihatan Anda selama migrain disebut aura. Mereka dapat mencakup kehilangan sebagian atau seluruh penglihatan sementara, melihat kilatan cahaya dan melihat garis atau bintik bergelombang.

8 dari 8 halaman

Ketegangan mata

Ketegangan mata dapat terjadi setelah melihat dan fokus pada sesuatu untuk waktu yang lama tanpa istirahat. Ketika itu hasil dari fokus pada perangkat elektronik seperti komputer, monitor video, atau ponsel, kadang-kadang disebut ketegangan mata digital. Penyebab lain pandangan kabur tiba-tiba termasuk membaca dan mengemudi, terutama di malam hari dan di cuaca buruk.

Pastikan melihat perangkat digital pada jarak yang benar dan di posisi yang tepat. Layar harus berada beberapa meter dari mata, atau sekitar panjang lengan. Alihkan fokus ke sesuatu selain aktivitas digital setiap 20 menit. Apa yang Anda fokuskan harus berjarak 20 kaki, dan Anda harus melihatnya setidaknya selama 20 detik. Ini dikenal sebagai aturan 20-20-20.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini