5 Manfaat Masker Spirulina yang Kaya Nutrisi Sehat Kulit

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 18 Sep 2019, 17:30 WIB
Manfaat Spirulina

Liputan6.com, Jakarta Manfaat masker spirulina makin digemari banyak orang. Spirulina adalah sejenis ganggang laut yang mengandung beragam nutrisi. Spirulina menawarkan beragam manfaat kesehatan salah satunya meningkatkan kualitas kulit.

Spirulina tersedia untuk konsumsi yang aman dalam bentuk kering, seperti bubuk atau serpih atau sebagai suplemen dalam tablet dan kapsul. Banyak produk kecantikan mulai dari makeup hingga masker yang menggunakan spirulina sebagai bahan utamanya. Spirulina juga banyak tersedia dalam produk masker wajah. Manfaat masker spirulina kini makin populer dan terus diminati.

Salah satu manfaat masker spirulina yang cukup populer adalah dapat memelihara dan meremajakan kulit secara alami. Manfaat masker spirulina didapat dari kandungan nutrisinya yang baik untuk kulit. Spirulina mengandung protein berkualitas tinggi serta vitamin dan mineral dalam jumlah besar.

Manfaat masker spirulina juga mampu menangkal radikal bebas dan menghilangkan racun dari kulit menjadikan kulit cerah bebas kusam. Berikut ulasan mengenagi manfaat masker spirulina yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu(18/9/2019).

2 of 8

Nutrisi dalam spirulina

Spirulina
Spirulina juga bermanfaat untuk kesehatan kulit (Foto: Allamericanhealthcare)

Vitamin Antioksidan A, C dan E

Vitamin antioksidan, C, dan E membantu melindungi kulit terhadap kerusakan permanen yang disebabkan oleh radikal bebas.

Karotenoid

Karotenoid adalah pigmen tumbuhan yang bertindak sebagai antioksidan. Spirulina mengandung beberapa karotenoid, seperti astaxanthin.

Asam amino

Spirulina juga kaya akan asam amino, yang merupakan bahan penyusun protein. Protein adalah makronutrien yang membentuk sel-sel kulit.

Klorofil

Klorofil angat kaya akan magnesium, yang merupakan mineral yang telah terbukti mengurangi penampilan keriput dan juga dapat membantu menghilangkan ruam.

3 of 8

Manfaat Anti-Penuaan

penuaan dini (sumber: istockphoto)
penuaan dini (sumber: istockphoto)

dikenal karena efek anti-penuaan yang kuat. Antioksidan yang hadir dalam tirosin menghilangkan radikal bebas dan memperlambat penuaan sel-sel kulit. Tirosin memperlambat penuaan sel-sel kulit.

Spirulina juga kaya sumber klorofil. Nutrisi ini mampu membersihkan dan juga membantu kulit mempertahankan kelembaban. Ini adalah kunci utama untuk menjaga penampilan kulit yang lebih halus dan terhidrasi terlindungi dari efek penuaan dini.

Spirulina membantu mempercantik kulit dengan mengurangi garis-garis halus dan kerutan, meningkatkan elastisitas, dan memberikan rona pada kulit.

4 of 8

Perawatan Jerawat

Perawatan untuk Hilangkan Kerutan dan Bekas Jerawat
Perawatan Jerawat (Foto: iStockphoto)

Antioksidan dalam spirulina membantu tubuh melawan radikal bebas dan membuang racun, yang dapat berdampak langsung pada kesehatan kulit. Tumbuhan laut ini juga meningkatkan metabolisme kulit. Reaksi ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang lebih cepat dan pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Spirulina sangat kaya akan gamma linolenic acid (GLA), asam lemak esensial yang membantu tubuh melawan peradangan seperti jerawat. Spirulina mampu meningkatkan metabolisme kulit untuk memungkinkan pergantian sel kulit lebih cepat dan penyembuhan kulit berjerawat.

Menggunakan masker ini juga membantu menghentikan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Masker spirulina berperan sebagai antimikroba alami yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

5 of 8

Detoksifikasi kulit

Kesehatan kulit
Ilustrasi wajah/copyright shutterstock

Spirulina menghasilkan pergantian sel yang lebih cepat. Klorofil ditemukan dalam konsentrasi sangat tinggi dalam spirulina, menjadikan bahan iniini salah satu agen pembersih paling manjur yang ditemukan di alam.

lorofil dapat membantu menghilangkan logam berat dan racun pada kulit. Ini membuat kulit yang lebih bersih, jauh dari kusam, dan lebih bercahaya. Spirulina juga dapat menguatkan kulit. Efek detoksifikasinya membantu menghilangkan lingkaran hitam dan noda lainnya. Masker ini juga dapat mengatasi kulit kering dan kantung mata.

6 of 8

Cerahkan kulit

Masker tomat dan putih telur
Cerahkan kulit. (Foto: iStockphoto)

Asam gamma linolenat adalah asam lemak esensial omega 6 yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan membran sel yang sehat termasuk sel kuli. Nutrisi ini mendukung kulit terlihat lebih cerah, lebih terhidrasi, dan awet muda.

Spirulina mengandung beberapa karotenoid, seperti astaxanthin. Astaxanthin adalah antioksidan yang ditemukan dalam ganggang dan telah dipelajari secara luas karena kemampuannya untuk membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan dan meningkatkan penampilan keseluruhan warna kulit dan tekstur.

7 of 8

Hilangkan noda di wajah

Bintik cokelat
Bintik cokelat wajah (sumber: iStockphoto)

Efek mencerahkan pada spirulina dapat menyamarkan noda hitam atau bekas jerawat di wajah. Menggunakan masker spirulina dapat membantu menghilangkan bintik hitam secara bertahap.

Klorofil pada spirulina membantu mengurangi lingkaran hitam dan bintik-bintik pada kulit. Spirulina juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyebabkan bintik hitam dan kusam pada kulit.

8 of 8

Cara membuat masker spirulina

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan pakai masker wajah (iStockphoto/diego_cervo)

Bahan:

1 sendok makan madu organik

1 sendok makan bubuk spirulina

Cara mengunakan:

1. Sebelum menggunakan masker pastikan kamu telah membersihkan kulit dengan benar.

2. Campurkan kedua bahan hingga membentuk konsistensi pasta.

3. Oleskan dengan ujung jari atau kuas khusus masker ke wajah dan leher.

4. Biarkan masker selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat atau lap.

5. Gunakan pelembab setelah membersihkan wajah untuk menambah hidrasi kulit.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by