5 Kebiasaan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Menyehatkan Keduanya

Oleh Nisa Mutia Sari pada 18 Sep 2019, 14:30 WIB
Kebiasaan Sehat yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil di Trimester Pertama

Liputan6.com, Jakarta Ketika kamu telah dinyatakan positif hamil oleh dokter, rasa bahagia pasti menyertai kedatangannya. Namun, perjuanganmu tidak berhenti di situ saja. Di kehamilan trimester pertama ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kandunganmu senantiasa sehat selalu.

Ya, trimester pertama merupakan masa tiga bulan pertama dalam masa kehamilan. Di masa kehamilan ini banyak perubahan yang terjadi pada ibu hamil. Trimester pertama kehamilan merupakan waktu yang sangat penting bagi perkembangan janin, karena pada saat inilah organ-organnya akan mulai terbentuk.

Di usia kandungan ini, kamu sedang rentan-rentannya mengalami keguguran. Oleh karena itu agar kehamilanmu sehat hingga waktu persalinan tiba, ada beberapa kebiasaan sehat yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kandungan agar selalu sehat.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (18/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa kebiasaan sehat yang bisa dilakukan ibu hamil selama trimester pertama kehamilan.

2 of 6

Pastikan untuk Mendapatkan Istirahat yang Cukup

Kebiasaan Sehat yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil di Trimester Pertama
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kebiasaan sehat untuk ibu hamil di trimester pertama yang bisa dilakukan adalah mendapatkan istirahat yang cukup. Ya, pada trimester pertama pasti kamu mengalami hari-hari yang cukup melelahkan daripadanya biasanya.

Mudah merasakan lelah di saat usia kehamilan trimester pertama disebabkan hormon progesterone yang bertambah. Efek dari progesterone yang meningkat ini bisa membuat ibu hamil merasakan pusing, mual, muntah, nyeri peurt, sembelit, kepitiham mata kabur, dan sesak napas.

Hal ini memang terjadi secara alami. Nah, untuk mengatasi permasalahan ini kamu bisa melakukan olahraga. Selain itu, kurangi aktivitas yang terlalu melelahkan. Sempatkan juga untuk tidur siang dan jangan terlalu banyak pikiran.

Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup, yaitu selama 7 hingga 9 jam setiap malamnya. Karena pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang tidur kurang dari 6 jam per hari berisiko mengalami berbagai masalah dalam kehamilan dan menyulitkan dalam persalinan nantinya.

3 of 6

Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Kebiasaan Sehat yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil di Trimester Pertama
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ketika sebelum hamil kamu kurang memperhatikan pola makan sehat, berbeda saat kamu sedang memasuki masa kehamilan. Ketika mulai masuk masa kehamilan, kamu sudah harus mulai memperhatikan makanan dengan gizi seimbang.

Makanan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral bisa membantu proses awal pembentukan janin agar tumbuh sehat. Ada beberapa contoh makanan yang bisa kamu konsumsi ketika hamil trimester pertama atau hamil muda.

Penuhi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi sayur-sayura, kacang-kacangan, biji-bijan untuh (seperti roti gandum, nasi merah), serta makanan berprotein (telur, daging tanpa lemak, ikan, susu, dan produk olahannya).

Pada masa kehamilan di trimester pertama kamu dianjurkan untuk menghindari makanan mentah, setengah matang, atau produk yang belum dipasteurisasi. Jauhi juga mengonsumsi minuman beralkohol dan batasi minuman berkafein. Jangan mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg atau setara dengan satu cangkir kopi per harinya.

4 of 6

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Kebiasaan Sehat yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil di Trimester Pertama
Perbanyak Konsumsi Air Putih | .source: bu.edu

Penting untuk menjaga kecukupan cairan tubuh selama masa kehamilan untuk mencegah dehidrasi. Kamu disarankan untuk mengonsumsi sekitar dua liter air putih setiap harinya. Apabila kamu melakukan aktivitas yang berat, minumlah air putih lebih banyak.

Untuk mengetahui apakah tubuhmu telah mendapat asupan air yang cukup, lihat saja warna air senimu. Jika berwarna kuning pucat atau bening, maka tubuhmu telah mendapat cukup cairan.

5 of 6

Tetap Rutin Berolahraga

Kebiasaan Sehat yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil di Trimester Pertama
Olahraga yang tepat untuk ibu hamil. (Sumber foto: today.com)

Kebiasaan sehat untuk ibu hamil trimester pertama lainnya yang bisa dilakukan adalah tetap berolahraga secara rutin. Pasalnya, tubuh kamu harus tetap bergerak agar sirkulasi oksigen pada tubuh tetap lancar.

Namun, olahraga yang dilakukan tetap berada pada porsinya. Umumnya, pada ibu hamil di trimester pertama bisa melakukan olahraga jalan sehat. Jalan sehat sangat bermanfaat untuk mengendalikan emosi yang sering labil, menjaga kesehatan pencernaan dan melatih pernapasan.

6 of 6

Menjauhi Kegiatan yang Membahayakan Kehamilan

Kebiasaan Sehat yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil di Trimester Pertama
Ibu hamil/copyright: unsplash/suhyeon choi

Selama hamil, kamu memang dianjurkan untuk banyak melakukan gerakan. Namun ada beberapa aktivitas atau pekerjaan rumah yang berisiko terhadap kondisimu.

Beberapa kegiatan yang berisiko adalah membersihkan kotoran hewan peliharaan, memindahkan atau mengangkat perabotan berat, membersihkan rumah dengan produk pembersih berbahan kimia, dan menyemprot ruangan dengan obat nyamuk.

Beberapa kebiasaan sehat yang perlu dilakukan saat hamil muda atau trimester pertama ini jangan dijadikan sebagai beban yang membuatmu menjadi stres atau takut. Pada ibu hamil dilarang untuk stres. Jadi, sebisa mungkin untuk santai saja dalam menjalaninya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by