6 Masker Alami untuk Cegah Penuaan Dini dan Cara Membuatnya, Mudah dan Ampuh

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 17 Sep 2019, 14:30 WIB
Bahan-Bahan yang Harus Ada di Rumah untuk Buat Masker Wajah Alami

Liputan6.com, Jakarta Penuaan dini merupakan hal yang ditakuti banyak orang. Keriput, noda hitam, dan kulit kusam menandai datangnya penuaan dini. Penuaan dini dapat disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, polusi, dan pola makan tidak seimbang.

Pada titik ini kamu mungkin mulai mencari cara untuk menghentikan proses penuaan dini ini. Berbagai jenis perawatan mungkin menarik utuk dicoba. Ada banyak produk yang menawarkan perawatan anti penuaan kulit. Tak ada masalah untuk mencobanya. Tapi mungkin ada alternatif lain yang lebih aman, alami, dan terjangkau.

Kamu bisa mencoba menggunakan masker alami yang dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan masker ini cukup mudah ditemukan dan pastinya terjangkau di kantong. Perawatan anti-penuaan yang dibuat di rumah umumnya aman dan penuh nutrisi. Dengan masker alami ini kamu akan mendapat manfaat sehat yang dapat menghambat penuaan dini.

Berikut ini 6 masker alami yang dapat dimanfaatkan untuk cegah penuaan dini, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (17/9/2019).

2 of 7

Masker Alpukat

Alpukat
Ilustrasi alpukat (sumber: iStockphoto)

Antioksidan yang ditemukan dalam alpukat, seperti karotenoid, vitamin E dan vitamin C, membantu melindungi terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Salah satu karotenoid khusus, lutein, meningkatkan kadar air dan elastisitas kulit yang mendukung pencegahan penuaan dini.

Vitamin E melindungi dari sinar ultraviolet. Tubuh membutuhkan vitamin C untuk membuat kolagen, yang merupakan komponen struktural utama kulit dan sumber elastisitas dan kekencangannya.

Haluskan setengah buah alpukat dalam mangkuk dan tambahkan 1 sendok oats ke dalamnya. Oleskan masker ke wajah dan diamkan 10-20 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat dan keringkan. Kamu bisa mengaplikasikan masker ini 2-3 kali seminggu.

3 of 7

Masker Pisang

Buah Pisang
Ilustrasi Buah Pisang (sumber: iStockphoto)

Pisang dikenal sebagai botox alami, mengandung nutrisi melawan kerutan super yang membantu memudarkan bintik-bintik penuaan dan mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Nutrisi dalam pisang membantu melawan keriput dan menjaga kulit tetap awet muda.

Hancurkan pisang secukupnya dengan tambahan 1 sendok air mawar. Campur dan oleskan ke wajah dan leher. Biarkan mengering selama 15-30 menit dan kemudian bilas dengan air dingin setelah itu keringkan dengan handuk bersih. Masker ini kaya akan vitamin E dan A yang mendukung pencegahan penuaan dini.

4 of 7

Masker Air Beras

Ilustrasi air beras (iStockphoto)
Ilustrasi air beras (sumber: iStockphoto)

Masker air beras membantu merawat kerutan dan garis halus. Beras mengandung asam linoleat dan squalene yang meningkatkan produksi kolagen. Ini membantu menjaga elastisitas kulit. Squalene juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Beras adalah sumber vitamin B yang kaya yang mendorong pertumbuhan sel dan memperlambat penuaan.

Ambil secangkir air beras dan rendam tisu atau kapas selama 10 menit. Keluarkan dan peras dengan lembut. Tempelkan pada wajah selama 15-30 menit. Lepas kapas dan bilas wajah dengan air bersih.

5 of 7

Masker kopi

masker
Membuat masker wajah dari kopi. (Adrian Putra/Bintang.com)

Menerapkan kopi langsung ke kulit Anda dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus. Kopi mengandung antioksidan, seperti polifenol. Ini dapat membantu melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet (UV) dan beberapa tanda penuaan yang terkait dengan paparan sinar matahari.

Campur 1 sendok makan kopi dengan satu sendok teh bubuk kakao dan minyak kelapa. Campur hingga membentuk konsistensi pasta. Oleskan pasta di wajah dan leher. Biarkan mengering selama 15-30 menit. Kemudian dengan lembut lepaskan dengan memijat bersama air dingin.

Kamu bisa menggunakan masker ini 2-3 kali seminggu. Masker ini dapat menghaluskan wajah dan mengurangi garis-garis halus di atasnya. Ia membersihkan kulit dengan menghilangkan sel kulit mati.

6 of 7

Masker kunyit

Kunyit
Ilustrasi Kunyit (sumber: iStockphoto)​

Studi menunjukkan bahwa ada kemungkinan tinggi bahwa sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari kunyit dapat membantu memperlambat penuaan. Kunyit juga memiliki sifat antimutagenik. Ini melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan dapat menunda tanda-tanda penuaan.

Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan mengeluarkan cahaya alaminya.

Campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dan 3 sendok teh air mawar. Aduk hingga tercampur rata, seperti pasta. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher dengan lembut dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

7 of 7

Masker kentang dan wortel

Makanan yang Bisa Bantu Menghilangkan Stres
Kentang dan Wortel / Sumber: iStockphoto

Kentang bekerja secara efektif dalam memperlambat tanda-tanda penuaan, terutama keriput. Ini didapat dari kandungan vitamin C-nya. Vitamin C juga membantu meningkatkan kolagen yang mendukung elastisitas kulit.

Serupa dengan kentang, wortel juga memiliki peran serupa terhadap tanda-tanda penuaan. Wortel kaya akan vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, dan kalium. Vitamin A adalah antioksidan yang menyerang radikal bebas, dan dengan demikian mencegah tanda-tanda penuaan seperti pigmentasi, keriput dan warna kulit yang tidak merata. Wortel mengandung beta-karoten yang merupakan komponen ramah kulit yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Haluskan kentang dan wortel dalam perbandingan 1:1. Campurkan 1 sendok teh mawar hingga membentuk konsistensi pasta. Oleskan pasta pada wajah dan leher dan biarkan selama 20 menit. Bilas masker dan keringkan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by