Sukses

Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan dan Kesehatan, Bisa Diterapkan di Rumah

Manfaat masker kefir baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat masker kefir untuk kecantikan kulit menjadi daya tarik terbesar yang membuatnya begitu populer. Apalagi dengan banyaknya toko online yang menjualnya sekarang ini, semakin memudahkan para wanita untuk memesannya.

Nama kefir berasal dari Turki yang artinya 'merasa baik'.  Kefir berupa kombinasi dari ragi, protein susu dan juga bakteri. Selain umum untuk dikonsumsi, kefir juga bisa digunakan dalam bentuk masker wajah. Keduanya bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit.

Manfaat masker kefir baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Pada dasarnya, Kefir merupakan suatu produk minuman hasil dari fermentasi dan kultur susu. Biasanya dibuat dari susu kambing, tapi juga bisa terbuat dari susu sapi atau kelapa.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat masker kefir dari berbagai sumber, Senin (16/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan

Manfaat masker kefir sangat baik untuk kecantikan kulit. Bahkan manfaat masker kefir ini bisa didapatkan untuk semua jenis kulit tanpa terkecuali.

Mengandung Asam Hidroksi Alfa (AHA)

Manfaat masker kefir yang pertama berkaitan dengan perannya sebagai Asam Hidroksi Alfa (AHA). AHA merupakan salah satu senyawa kimia yang sering digunakan sebagai bahan kunci pada banyak produk perawatan kulit.

AHA memiliki kemampuan dalam meningkatkan kondisi kulit, yaitu sebagai eksfoliasi atau membantu pengelupasan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit, serta menstimulasi produksi kolagen sehingga dapat berperan sebagai agen anti-penuaan.

Agen Anti-Penuaan

Manfaat masker kefir selanjutnya adalah sebagai agen anti penuaan. Berbagai gejala penuaan dapat diatasi oleh masker kefir ini. Untuk memerangi penuaan, manfaat masker kefir dapat membantu kamu mengurangi garis halus dan kerutan pada wajah. Salah satu pemicu penuaan yang sulit untuk kita hindari adalah radiasi sinar UV A dari matahari.

3 dari 5 halaman

Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan

Sebagai Anti-Inflamasi

Manfaat masker kefir selanjutnya adalah sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Salah satu peradangan pada wajah yang paling sering ditemui adalah jerawat.

Hal ini bisa diatasi dengan kandungan senyawa polisakarida di dalam masker kefir. Jadi, penggunaan masker kefir dapat meringankan masalah kulit seperti jerawat.

Melembapkan Kulit

Selain itu, manfaat masker kefir berikutnya adalah menjaga kelembapan kulit. Jika kamu sering bermasalah dengan kulit yang kering, kamu tidak perlu khawatir, karena masker kefir juga diketahui bisa diandalkan dengan memberikan dan menjaga kelembapan kulit.

Kulit yang kering akan lebih rentan terhadap iritasi. Kandungan probiotik dalam masker kefir mampu mengatasi kulit kering yang disebabkan oleh udara maupun masalah kulit kering akibat psoriasis dan juga eksim.

4 dari 5 halaman

Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan

Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat masker kefir selanjutnya adalah dapat mengangkat sel kulit mati. Proses eksfoliasi yang didapatkan setelah menggunakan masker kefir akan membuat kulit tampak lebih bersih, cerah, rata, halus, kenyal, dan lembut. Tentunya proses eksfoliasi ini juga akan mengangkat sel kulit mati.

Masker yang mengandung kefir pada wajah akan membantu memulihkan dan mengatur keseimbangan asam basa pada sel-sel kulit wajah dengan adanya lactobacillus dalam kandungan kefir. Lactobacillus juga bisa dengan sempurna membersihkan kulit dari zat berbahaya dan debu pada kulit, sehingga menambah kesegaran dan elastisitas kulit.

Mengembalikan Keseimbangan Bakteri Baik

Fungsi probiotik yang dimiliki oleh masker kefir juga mungkin dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik pada kulit. Manfaat masker kefir selanjutnya ini juga bisa menangkal pertumbuhan bakteri dan jamur yang menyebabkan berbagai masalah kulit. Karena itu, masker kefir juga mampu bertindak sebagai antimikroba

Semakin lama proses fermentasi kefir, maka pH akan semakin turun atau tandanya tingkat keasamannya semakin naik. Semakin tingggi tingkat keasamannya, kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan mikroba juga semakin meningkat.

Kefir memang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Namun, kamu sebaiknya tak hanya memanfaatkannya dalam bentuk masker kefir untuk kecantikan kulit, tapi juga dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dari dalam.

Jika tertarik untuk membeli produk kefir, jangan sembarangan membeli, pilihlah produk dari brand yang tersertifikasi dan benar-benar terpercaya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kefir untuk Kesehatan

Kefir sering disamakan dengan yoghurt, padahal sebenarnya sangat berbeda. Kefir mengandung lebih banyak lemak dan protein dibandingkan yoghurt. Selain itu, kefir juga diketahui berperan lebih baik sebagai probiotik. Berdasarkan konsistennya, kefir memiliki konsistensi yang lebih halus dibandingkan yoghurt.

Manfaat kefir baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan bakteri baik, yaitu Lactobacillus caucasus pada kefir. Bakteri ini memiliki peran untuk mengubah kandungan laktosa pada susu menjadi asam laktat.

Bakteri yang ada dalam kefir ini bersama dengan mikroba pencernaan lainnya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Tak hanya itu, bakteri baik ini juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri patogen penyebab penyakit.

Produk minuman yang mengandung kefir dapat membantu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh, mengatasi kelelahan, dan membersihkan sistem pencernaan. Kefir juga dapat bermanfaat baik bagi kesehatan tulang dan gigi karena kaya akan kalsium dan fosfor.

Selain itu, kefir juga kaya akan vitamin B, kalium, protein dan berperan sebagai antioksidan. Konsumsi secara rutin produk kefir ini akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan dapat bermanfaat pula sebagai penurun berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini