Sukses

5 Fakta Menarik Provinsi Riau, Daerah yang Kini Tertutup Kabut Asap

Provinsi Riau kini jadi sorotan karena asap. Padahal, daerah ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Provinsi Riau kembali menjadi sorotan publik lantaran kebakaran hutan yang terjadi di daerah ini. Akibat kebakaran hutan, kabut asap beberapa hari ini melanda wilayah Riau. Kabut asap ini terjadi akibat kebakaran yang melanda hutan dan lahan di beberapa wilayah yang ada di Riau. 

Meskipun di Pulau Kalimantan juga mengalami kabakaran hutan di beberapa wilayahnya, namun, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau memberikan dampak yang cukup parah untuk wilayah lainnya. Kiriman asap dan kabut dari provinsi ini juga sampai ke beberapa wilayah lainnya.

Namun, meskipun saat ini Riau sedang mengalami masalah kabut asap. Ada beberapa fakta menarik tentang Provinsi Riau yang jarang diketahui oleh orang. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagi sumber 5 fakta menarik Provinsi Riau, daerah yang sering tertutup kabut asap, Jumat (13/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Provinsi Terkaya di Indonesia

Tidak banyak orang yang tau bahwa Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Riau merupakan salah satu penghasil minyak bumi dan kelapa sawit terbesar di Indonesia. Kebupaten Siak di Riau juga mendapat predikat sebagai daerah terkaya di Indonesia.

Menurut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya pada Maret 2019 lalu mengatakan Riau merupakan salah satu dari tiga provinsi terkaya di Indonesia. Selain Riau, ada juga Provinsi Kalimantan Timur dan Papua yang mendapat predikat provinsi terkaya di Indonesia.

3 dari 6 halaman

2. Daerah yang kaya sumber daya alam

Provinsi Riau terkenal sebagai daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Salah satu perusahan minyak bumi yang terkenal ialah PT Chevron yang sudah puluhan tahun berada di provinsi ini.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menjabarkan nama tiga perusahaan produsen migas nasional terbesar di Kuartal I 2019 salah satunya yaitu Chevron Pacific Indonesia 197 ribu bph

Selain itu Riau juga menjadi provinsi dengan penyumbang terbesar produksi minyak mentah di Indonesia. Bahkan Riau menyumbang 30% produksi minyak nasional. Tak hanya minyak bumi Provinsi Riau juga dikenal sebagai salah satu penghasil kelapa sawit terbesar. Konon katanya salah satu penyebab kebakaran hutan di Riau ialah pembukaan lahan hutan untuk kelapa sawit.

4 dari 6 halaman

3. Jembatan Terpanjang di Indonesia

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, dikenal juga dengan nama Jembatan Siak. Jembatan yang memiliki panjang 1,1 kilometer dan lebar 16,95 meter dinobatkan sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia setelah Jembatan Suramadu dan Pasupati.

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah telah menjadi salah satu ikon dan objek wisata andalan Kabupaten Siak sejak diresmikan pada tanggal 11 Agustus 2007 oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono.

5 dari 6 halaman

4. Perpustakaan Termegah dan Terlengkap

Selain kaya akan sumber daya alam, Riau juga memilki sebuah perpustakaan yang megah. Namanya ialah Balai Pustaka Soeman Hasibuan yang dijuluki perpustakaan termegah di Indonesia. Gedung yang terletak di Kota Pekanbaru ini  dulunya merupakan bekas gedung DPRD Riau.

Pustaka ini berdiri megah dengan enam lantai yang dilengkapi lift. Gedung yang menelan dana Rp 144 miliar ini memiliki daya tampung 1.000 pengunjung. Kabarnya di perpustakaan ini terdapat 239.032 eksemplar buku. Selain itu, Perpustakaan ini juga dilengkapi berbagai fasilitas yang mewah.

6 dari 6 halaman

5. Istana Siak

Jauh sebelum kemerdekaan, Riau berada di bawah Kesultanan Siak Sri Indrapura. Kesultanan Siak memiliki komplek istana yang menjadi kediaman Sultan Siak yang dibangun pada tahun 1889. Istana yang dijuluki Istana Matahari Timur ini berada di kabupaten Siak. Arsitekturnya merupakan perpaduan dari corak Arab, Melayu, dan Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.