Kenangan 6 Artis Pemeran Film Habibie & Ainun, Akrab dengan BJ Habibie

Oleh Tyas Titi Kinapti pada 12 Sep 2019, 11:35 WIB
6 Kenangan dari Para Pemain Film Habibie, dikenal Dekat dengan Pemain

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya Presiden Ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie, pada hari Rabu (11/9/2019) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, menyisakan duka mendalam bagi keluarga, sahabat, dan orang terdekat. 

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan ini adalah salah satu tokoh paling berpengaruh di Indonesia. Punya segudang prestasi yang telah mengharumkan nama bangsa, kisah pria kelahiran 25 Juni 1936 ini telah diadaptasi menjadi film layar lebar di Indonesia.

Mulai dari masa kecil hingga kisah cinta BJ Habibie dan Ainun dijadikan film yang begitu inspiratif. Di antaranya Habibie & Ainun pada tahun 2012, Rudy Habibie pada tahun 2016, Habibie & Ainun 3 yang akan tayang tahun ini dan film selanjutnya Rudy Habibie 2, Habibie & Ainun 4, Cinta antara Praha dan Bandung.

Ketiga sekuel film Habibie dan Ainun ini selalu dibintangi oleh aktor ternama di Tanah Air. Kabar berpulangnya Habibie juga menjadi duka tersendiri bagi para pemain filmnya.

Para pemain film ini juga memiliki kenangan yang membekas akan sosok BJ Habibie. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 6 kenangan dari para pemain film Habibie dan Ainun, Kamis (12/9/2019).

2 of 7

1. Bunga Citra Lestari

Bunga Citra Lestari diketahui pernah bermain dalam film biopik Habibie & Ainun pada tahun 2012 silam yang menceritakan tentang kisah cinta Habibie dan Ainun. Penyanyi cantik ini berperan sebagai almarhumah Ainun.

Sejak bermain di film tersebut, Bunga memang memiliki hubungan yang dekat layaknya kakek dan cucu. Kesedihan BCL sepeninggal BJ Habibie adalah ketika dirinya tak sempat mengucapkan selamat tinggal untuknya.

Hal tersebut tampak dalam postingan Instagram BCL. Dalam unggahan tersebut, Habibie memuji penyanyi ibu satu anak ini. Menurut Habibie, BCL selalu menyanyi dari hati. Tak hanya mengunggah foto di Instagram, BCL juga sempat memberikan ucapan selamat tinggalnya di kediaman Habibie. Ia melayat ke rumah duka. 

3 of 7

2. Maudy Ayunda

Sama seperti BCL, Maudy Ayunda juga memerankan sosok Ainun semasa muda di film Habibie & Ainun 3. Berperan sebagai Ainun semasa muda, tentu saja pelantun lagu "Goodbye" ini belajar banyak dari sosok BJ Habibie.

Kesedihan pun juga nampak dari akun Instagram Maudy. Ia mengunggah fotonya bersama Habibie dan mengucapkan selamat jalan. 

 

4 of 7

3. Marsha Natika

View this post on Instagram

Sedikit cerita tentang eyang Habibie... • • Seneng bangetttt aku bisa kenal sama eyang Habibie yang sangat di idolakan sama semua orang termasuk suami aku sendiriiii, dulu eyang Habibie sempet mau jadi saksi nikah aku dan sempet project bareng untuk jadi istri tercinta di film Habibie & Ainun, tapi pas banget eyang Habibie juga gabisa karena harus ke dokter bener bener drop, dan emang udah jadi bagian keluarga aku banget. • • إنّا لله و إنّا إليه راجعُون Allohummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu.. Turut berduka cita yg mendalam atas berpulangnya alm BJ Habibie Semoga Allah Subhana Wata'ala menempatkan almarhum BJ Habibie di tempat yg paling mulia, melapangkan alam kuburnya, memaafkan dan mengampuni segala kesalahan dan kehilafan dan dosa2nya, serta menerima dan melipatgandakan amal ibadahnya,.. Smg seluruh klrg alm BJ Habibie diberikan keikhlasan, kekuatan dan kesabaran dlm menerima ketentuan Allah ini. Aamiin Allahumma Aamiin

A post shared by Marsha Natika (@marshanatika) on

Adik kandung Zaskia Adya Mecca, Marsha Natika membintangi film Habibie dan Ainun di tahun 2012. Berperan sebagai Ainun tatkala muda, dalam laman Instagramnya Marsha mengaku sangat mengidolakan BJ Habibie.

Marsha bahkan mengaku, Habibie sempat akan menjadi saksi nikahnya. Namun kondisi kesehatan Habibie yang tak memungkinkan membuat Presiden ke-3 Republik Indonesia ini berhalangan hadir. 

Dalam laman Instagramnya, Marsha juga menceritakan bahwa Habibe sudah dianggap sebagai bagian keluarga Marsha. Tak lupa ia meminta doa pada para pengikutnya atas kepergian Habibie. 

5 of 7

4. Bayu Oktara

Kenangan dari Pemain Film Habibie
Kenangan dari Pemain Film Habibie (Sumber: Instagram/bayuoktara/

Dalam film Habibie dan Ainun, presenter Bayu Oktara berperan sebagai Fanny Habibie, adik Habibie. Dalam laman Instagramnya, Bayu mengaku sudah mengidolakan Habibie sejak masih kecil hingga saat ini. 

Bayu juga mengunggah sebuah tulisan tangan BJ Habibie yang ia berikan untuknya. Tak lupa Bayu juga menyelipkan doa atas kepergian tokoh Tanah Air ini. 

6 of 7

5. Pandji Pragiwaksono

Dalam film Rudy Habibie atau yang dikenal sebagai Habibie & Ainun 2, seleb dan juga komedian Panji, berperan sebagai Peter Manumasa sahabat BJ Habibie. 

Dalam laman Instagramnya, Pandji pun menceritakan kenangannya akan tokoh Tanah Air ini. Menurut Pandji, Habibie adalah sosok yang ramah dan enerjik. Pandji juga mengatakan, Habibie pernah memuji akting Pandji. 

"'Hebat kamu, susah lho akting seperti itu' ucap beliau usai nonton Insya Allah Sah yang lebih menggambarkan kebaikan hati Almarhum ketimbang kualitas akting saya," tulis Pandji dalam laman Instagramnya. 

7 of 7

6. Reza Rahardian

[Bintang] Reza Rahadian dan Habibie
Aktor Reza Rahadian sukses memerankan tokoh presideng ketiga RI BJ Habibie. Kesuksesannya tidak hanya di tanah air, tapi juga sampai di asia pasific. Reza baru saja meyabet gelar aktor terbaik seasia pasific. (Adrian Putra/Bintang.com)

Nama aktor Reza Rahadian begitu melekat dengan sosok BJ Habibie. Seperti diketahui, Reza Rahadian sukses berperan sebagai BJ Habibie dalam film biopik, Habibie & Ainun, beberapa tahun yang lalu.

Saat datang ke rumah duka, Reza Rahadian datang dengan cucuran air mata. Ia berjalan di tengah kerumunan para wartawan tanpa mengeluarkan sepatah kata pun. Reza memang mengenal BJ Habibie dengan sangat dekat, bahkan Reza seperti anak ideologisnya BJ Habibie. 

Lanjutkan Membaca ↓