30 Kata Nasehat untuk Anak Penuh Makna, Cocok untuk Memotivasinya

Oleh Nisa Mutia Sari pada 11 Sep 2019, 13:15 WIB
Kata Nasehat untuk Anak Penuh

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan kata nasehat untuk anak kerap dibutuhkan bagi sebagian orang tua. Nasehat merupakan suatu cara yang digunakan untuk mengingatkan seseorang bahwa segala macam bentuk perbuatan pasti akan ada sanksi dan akibatnya. Ya, nasehat penting dari orang tua pada anaknya agar sang buah hati bisa tumbuh dengan baik dan pandai mawas diri.

Melalui kata nasehat untuk anak, secara tidak langsung orang tua bisa memotivasi anak sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Ya, melalui kata nasehat untuk anak setidaknya lebih mudah untuk dimengerti dan dipahami daripada memarahinya dan menyalahkan tanpa bisa mengarahkan ke arah yang benar.

Namun, enggak semua orang tua bisa membuat atau merangkai kata nasehat untuk anak. Pasalnya, enggak bisa asal-asalan dalam menasehati seorang anak. Apabila salah, justru pesan atau nasehat yang Anda berikan ditolak atau tidak didengar oleh sang anak. Untuk itu, enggak ada salahnya Anda mencari referensi kata nasehat untuk anak di berbagai media.

Melalui beberapa referensi yang Anda temukan tersebut, setidaknya bisa membantu Anda untuk menasehati anak dengan tepat. Berikut ini Liputan6.com, Rabu (11/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa kata nasehat untuk anak yang bisa Anda jadikan referensi.

2 of 4

Kata Nasehat untuk Anak Penuh Makna

Kata Nasehat untuk Anak Penuh
Nasehat untuk Anak / Sumber: Pixabay

1. “Saat semua orang menghina dan menjauhimu karena kekalahanmu, tapi saat itu ibumu tidak pernah menjauh atapun malu untuk tetap bersama mu.”

2. “Orangtuamu tidak pernah ingin kamu menjadi seperti mereka tapi mereka ingin kamu menjadi lebih baik dari mereka.”

3. “Saat hidupmu bahagia, ibumu tidak pernah memintamu untuk membagi kebahagiaan mu kepadanya, tapi saat kamu terluka ibumu selalu datang untuk menerima bagian dari luka mu.”

4. “Jangan terlalu mengharapkan keberuntungan, karena keberuntungan tidak akan datang kepada orang yang tidak mau berusaha.”

5. “Untuk membuat sebuah senyuman itu tidaklah mudah, tapi untuk membuat satu tangisan sangatlah mudah.”

6. “Jangan pernah menyalahkan orang lain atas kesedihanmu, karen akebahagianmu adalah urusanmu. Kebahagianmu harus dari dalam dirimu.”

7. “Ketika dua hati saling tulus mencintai, mereka akan selalu temukan cara untuk tetap bertahan, tidak peduli betapa sulitnya untuk terus bersama.”

8. “Jika dia mencintaimu, dia akan bersabar dengan kekuranganmu, sebagaimana engkau bersabar dengan kekurangannya.”

9. “Hari ini kita tidak mengenal kata menyerah agar hari esok kita bisa menikmati kesuksesan.”

10. “Selalu ada alasan untuk setiap hal yang terjadi. Tidak ada seorang pun yang datang dan pergi di hidupmu tanpa seizin Tuhan.”

3 of 4

Kata Nasehat untuk Anak Agar Lebih Termotivasi

Kata Nasehat untuk Anak Penuh
Nasehat untuk Anak / Sumber: Pixabay

1. “Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Tapi pastikan Anda tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali.” - Akio Morit

2. “Cobalah untuk tidak menjadi orang sukses, melainkan mencoba menjadi orang yang berharga.” - Albert Einstein

3.  “Mimpi tidak pernah menyakiti siapapun jika kamu terus bekerja tepat di belakang mimpi itu untuk mewujudkannya semaksimal mungkin.” - F. W. Woolworth

4. “Meraih kesuksesan besar adalah bukti bagi semua orang lain bahwa bisa mencapainya juga.” - Abraham Lincoln

5. “Tetapkan tujuan, tantang diri kamu dan capai tujuan tersebut. Hiduplah dengan sehat dan hitunglah setiap waktu yang kamu miliki. Bangkitlah mengatasi rintangan dan fokus pada yang positif.” - Robbert H. Goddard

6. “Teruslah tersenyum, karena hidup itu indah dan ada banyak hal yang bisa disyukuri.” - Marilyn Monroe

7. “Setiap anak adalah seorang seniman. Masalahnya sekarang bagaimana tetap menjadi seorang seniman ketika kita tumbuh dewasa.” - Pablo Picasso

8. “Seorang juara hanyalah seseorang yang tidak menyerah saat menginginkannya.” - Tom Landry

9. “Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki; kamu akan berakhir dengan memiliki lebih banyak. Jika kamu berkonsentrasi pada apa yang tidak Anda miliki, kamu tidak akan pernah memiliki cukup.” - Oprah Winfrey

10. “Mencintai anak tidaklah cukup, yang terpenting adalah anak-anak menyadari bahwa mereka dicintai orangtuanya.” - St. John Bosco

4 of 4

Kata Nasehat untuk Anak Islami

Kata Nasehat untuk Anak Penuh
Nasehat untuk Anak / Sumber: Pixabay

1. “Janganlah sampai kita melupakan Tuhan di kala kita senang, maka di waktu sulitmu Tuhan akan mempermudah jalannya.”

2. “Ingatlah, apapun kesalahan yang kamu perbuat di hari yang lampau. Semua akan berlalu dan kamu harus memperbaiki kesalahanmu tersebut, semoaga semua kebaikan yang kamu lakukan menjadi berkah dan rahmat bagi orang yang ada disekitarmu.”

3. “Jangan pernah mengeluh ketika kehidupan dilanda musibah, karena dengan musibah tersebut kita bisa belajar apa kuat dari cobaan.”

4. “Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimipi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik.”

5. “Sesulit apapun masalah yang kamu hadapi cobalah untuk selalu sabar menghadapinya, karena dengan kesabaran masalah apapun akan mudah diselesaikan.”

6. “Jangan pernah menoleh kebelakang jika itu hanya membuat mu mengulangi kesalahan, cobalah menoleh ke depan dan membuka lembar baru yang lebih baik.”

7. “Siapapun yang menjadikan Allah hanya Tuhan kita satu-satunya, maka kita takakn pernah terjebak dalam rasa kecewa dan kegelisahan.”

8. “Sesama manusia kita janganlah saling dendam karena Allah akan menjauhkan keberkahan dan pahala pada kita.”

9. “Di kala kamu merasakan kesedihan yang luar biasa, maka shalatlah dan beribadah maka Allah akan memberikan keindahan padamu disuatu hari nanti.”

10. “Jangan pernah mengeluh kepada Tuhanmu, sesungguhnya apa yang Tuhanmu kehendaki itu yang terbaik untukmu.”

Lanjutkan Membaca ↓