5 Masker Alami untuk Kulit Sensitif, Mudah Dibuat dan Dipraktikkan di Rumah

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 10 Sep 2019, 21:55 WIB
Masker

Liputan6.com, Jakarta Beberapa wanita memiliki kulit sensitif yang mudah teriritasi. Penyebab iritasi ini biasanya karena paparan sinar matahari yang berlebihan atau bahan kimia yang tidak sesuai dengan kulit. Kamu mungkin tidak tahu bahwa kamu memiliki kulit sensitif sampai memiliki reaksi buruk terhadap produk kosmetik, seperti sabun, pelembab, atau makeup.

Reaksi kulit sensitif bisa ditandai dengan bruntusan, kulit memerah, kulit sangat kering hingga rasa perih. Meski kulit sensitif bukanlah masalah serius, memiliki kulit sensitif membutuhkan tenaga ekstra.

Pemilik kulit sensitif akan menghadapi banyak masalah dalam memilih produk untuk perawatan kulit. Kamu pasti akan selektif memilih produk perawatan mulai dari pembersih wajah hingga masker.

Tetapi ada cara sederhana untuk mendapatkan kulit yang bersinar dan sehat dengan bahan alami buatan sendiri. Cara ini aman dan tidak akan menimbulkan masalah bagi pemilik kulit sensitif. Merawat kulit sensitif membutuhkan banyak sekali kesabaran, tetapi begitu mendapatkan formula yang tepat, maka tidak ada yang bisa mencegahmu memiliki kulit sehat dan berseri.

Kamu bisa menggunakan masker alami yang cocok untuk kulit sensitif. Berikut 5 masker alami yang cocok untuk kulit sensitif, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (10/9/2019).

2 of 6

Masker Madu dan Wortel

Manfaat wortel untuk mencerahkan bibir
Masker madu dan wortel (Foto: iStockphoto)

Madu dikemas dengan komponen yang bermanfaat bagi semua jenis kulit. Madu mentah membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit yang menjadikannya produk hebat untuk digunakan untuk jerawat bahkan pada kulit sensitif.

Madu mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit akibat iritasi atau alergi. Madu mentah juga merupakan exfoliator alami Dengan mengaplikasikannya ke wajah ini akan mengatasi kulit kering, kusam dan membantu tumbuhnya sel-sel kulit baru.

Wortel mengandung vitamin C, yang memiliki sifat penyembuhan. Ini membantu kulit pulih lebih cepat dari iritasi luar dan trauma. Beta-karoten dalam wortel juga mengurangi peradangan kulit, yang mempercepat proses penyembuhan pada kulit sensitif.

Haluskan 2/3 wortel matang dan campur dengan 1 hingga 2 sendok makan madu. Campurkan di dalam mangkuk hingga membentuk konsistensi pasta. Oleskan pada wajah, hindari area mata dan mulut. Diamkan selama 10-15 menit. Saat masker mulai mengering, bilas dengan air bersih dan keringkan wajah dengan handuk bersih.

3 of 6

Masker Oatmeal dan Yogurt

oatmeal
Oatmeal/copyright: unsplash/markus spiske

Oatmeal dapat menyerap minyak berlebih pada kulit dan membantu mengobati jerawat. Sifat antioksidan dan anti-inflamasinya membantu merawat kulit kering dan mengangkat sel kulit mati.

Oat dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan bertindak sebagai pelembab alami. PH lembut Oatmeal dapat membantu mendinginkan kulit yang meradang yang mungkin disebabkan oleh ruam atau infeksi akibat kulit sensitif yang menyebabkan kulit kering.

Asam laktat yang ada dalam yogurt akan membantu melembabkan kulit. Yogurt juga merupakan pengelupas kulit yang bagus. Asam laktat yang ada dalam yogurt adalah asam alfa hidroksil alami, yang membantu menghilangkan sel kulit mati. Asam laktat tidak mengiritasi kulit dan juga memastikan pembuangan sel-sel kulit mati secara tepat.

Campur 2/3 sendok makan Yogurt dan 2 sendok makan oatmeal hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10-15 menit atau sampai masker mengering. Gunakan handuk yang dicelupkan ke dalam air hangat untuk membilas sisa masker.

4 of 6

Masker Pisang dan Putih Telur

Buah Pisang
Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

Pisang adalah pelembab alami yang bagus untuk kulit sensitif. Vitamin A yang terkandung dalam pisang mengembalikan kelembaban yang hilang dan memperbaiki kulit yang rusak, kusam, dan kering. Pisang kaya antioksidan yang tidak hanya membantu menghilangkan sel kulit mati tetapi juga membuat kulit terasa segar.

Putih telur dapat menarik minyak dari pori-pori sambil mengencangkan kulit. Putih telur juga mengandung salah satu enzim paling kuat yang disebut lisozim, bersama dengan asam amino lain yang membunuh bakteri.

Hancurkan setengah buah pisang dan tambahkan 1 putih telur, campurkan hingga membentuk pasta kental. Oleskan masker ini pada kulit. Biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

5 of 6

Masker Mentimun

Mentimun
Mentimun. (Foto: shutterstock.com By HandmadePictures)

Mentimun mengandung antioksidan seperti karoten, vitamin C, vitamin A, zeaxanthin, dan lutein yang baik untuk kulit. Mentimun cocok menjadi campuran masker alami yang umumnya aman untuk kulit sensitif karena kurangnya bahan yang keras dan berpotensi menyebabkan iritasi.

Mentimun dapat menghidupkan kembali kulit kusam meremajakannya dari dalam karena sifat anti-inflamasi dan menghidrasi. Mentimun juga berfungsi sebagai zat ringan yang membantu meredakan iritasi kulit ringan.

Campurkan 1 sendok makan mentimun yang telah dihaluskan bersama ekstrak wortel hingga membentuk pasta. Oleskan pasta pada wajah. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat.

6 of 6

Masker Kentang

Kentang
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kentang adalah agen pencerah kulit alami dan dapat menghilangkan bintik-bintik hitam dan komedo. Kentang memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan yang disebabkan kulit sensitif. Kentan mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan lingkungan disebabkan oleh polusi dan paparan sinar matahari.

Buang kulitnya, parut halus, dan campur dengan madu. Gunakan sebagai masker untuk kulit kering dan sensitif. Diamkan masker pada wajah selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Kamu juga bisa mengatasi noda hitam di wajah ndengan masker kentang dan susu. Siapkan masker dengan mencampurkan 2 sdm susu mentah dengan 1 kentang medium parut halus dan beberapa tetes minyak almond. Oleskan ini pada wajah dan bilas setelah 15 menit dengan air dingin untuk kulit sensitif bercahaya.

Lanjutkan Membaca ↓