Sukses

6 Tokoh Tanah Air Ini Jenguk BJ Habibie di RSPAD, dari Jokowi hingga SBY

Deretan tokoh Tanah Air yang menjenguk BJ Habibie di RSPAD.

Liputan6.com, Jakarta Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau akrab disapa BJ Habibie tengah dirawat secara intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto sejak Minggu (8/9/2019) karena kondisi kesehatannya yang menurun. 

Sebelumnya, BJ Habibie sempat dirawat di Jerman setelah mengalami kebocoran klep jantung. Kebocoran jantung yang dialami Habibie saat itu mirip dengan sakit yang diderita sang istri Ainun Habibie.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof. dr. Azis Rani dalam keterangan resminya menyebut bahwa Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019. Ia ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Tengah menjalani perawatan intensif, Presiden ke-3 Republik Indonesia ini sempat dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (10/9/2019) dini hari. Namun, kabar tersebut dibantah dan dikonfirmasi oleh sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto. Dia mengatakan kondisi kesehatan BJ Habibie justru membaik. 

"Aman terkendali, terima kasih," kata Rubijanto sambil mengucap terimakasih di akhir kalimat. Mengetahui bahwa Habibie sedang terbaring sakit, sejumlah tokoh nasional Tanah Air pun menjenguk pria 83 tahun ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas 6 tokoh nasional yang menjenguk BJ Habibie, Selasa (10/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Joko Widodo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjenguk Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie yang sedang dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta pada Senin (9/9/2019) silam.

Jokowi datang didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno .Mantan Gubernur DKI Jakarta itu langsung menuju ruangan tempat Habibie dirawat, yaitu di Cerebro Intensive Care Unit (CICU), Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto. 

Jokowi tiba di RSPAD Gatot Soebroto pada pukul 18.23 WIB. Kedatangan Jokowi disambut langsung oleh Kepala RSPAD Gatot Soebroto dr Terawan Agus Putranto. Setelah sekitar sepuluh menit berada di ruangan, Presiden Jokowi pun kemudian meninggalkan RSPAD.

 

3 dari 7 halaman

2. Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono menjenguk Presiden RI Ke-3 pada Selasa, 10 September 2019 Pkl. 10.00 WIB. Saat menjenguk, SBY disambut oleh putra BJ Habibie, Ilham Habibie serta adik BJ Habibie, Temmy Habibie. Ketiganya sempat berbincang-bincang dan berdoa bersama untuk kesembuhan BJ Habibie.

Menjenguk BJ Habibie, SBY batal membuka pertemuan nasional fraksi Demokrat DPR dan DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota periode 2019-2024  di Jakarta Convention Centre (JCC) yang dihelat pada hari ini Selasa (10/9/2019). 

"Beliau dapat kabar bahwa mantan Presiden Habibie saat ini sedang dirawat di RSPAD menurut informasi tersebut keadaan kritis sehingga Bapak SBY memutuskan untuk menjenguk sebagai sahabat," ujar putra SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, saat menyampaikan sambutan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

 

4 dari 7 halaman

3. Anies Baswedan

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta turut menjenguk Habibie pada Selasa (10/9/2019). Saat ditemui di Paviliun Kartika, Anies mengatakan BJ Habibie masih belum bisa diajak berkomunikasi.

"Beliau tidak bisa berkomunikasi. Beliau posisinya seperti tidur dalam perawatan tertentu. Praktis kalau komunikasi tidak ada, tapi Beliau sadar mendengar. Tapi tidak berkomunikasi, karena ada alat dipasang di situ," kata Anies di lokasi, Selasa pagi.

Dia pun meminta semua masyarakat untuk mendoakan agar Habibie bisa kembali sehat dan beraktivitas seperti semula. "Pak Habibie bisa kembali sehat, beraktivitas semula dan kita berharap tim dokter melakukan upaya terbaik seperti yang sudah dilakukan," pungkas Anies.

5 dari 7 halaman

4. Ma'ruf Amin

Ma'aruf Amin, Wakil Presiden terpilih sudah menjenguk Baharuddin Jusuf Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Tak sendiri, Ma’ruf datang ke tempat perawatan Habibie bersama putrinya, Siti Ma’rifah.

"Pagi jam 8.30 WIB, beliau sudah menjenguk Pak Habibie,“ ujar Siti Ma’rifah saat dikonfirmasi, Selasa (10/9/2019).

Putri Ma'aruf Amin ini mengatakan, ayahnya menyampaikan doa agar pendiri Ikatan Cendikawan Muslim Indonesia (ICMI) ini diberikan kesembuhan.

6 dari 7 halaman

5. Hamdan Zoelva

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva turut menyambangi perawatan pria 83 tahun pada hari ini.

Saat ditemui, Hamdan mengaku tidak bisa masuk karena keluarga Habibie sedang berkumpul. 

"Saya tidak bisa masuk karena keluarga semua yang ada di dalam. Semua ada, keluarga kumpul," kata Hamdan di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Hamdan pun mengajak semua pihak untuk mendoakan Presiden RI ke-3 ini agar bisa sehat kembali. "Doakan saja semua semoga Pak Habibie mendapatkan kemudahan untuk sembuh, cepat disembuhkan oleh Allah, bisa pulih kembali. Itu saja yang bsa saya sampaikan. Semua ada keluarga kumpul," pungkasnya.

7 dari 7 halaman

6. Djoko Santoso

Setelah Hamdan meninggalkan lokasi, tak lama berselang mantan Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno, Djoko Santoso terlihat hadir mengunjungi perawatan Habibie. Djoko pun langsung masuk ke dalam ruang perawatan tersebut. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini