Tak Hanya Kim Kardashian, 5 Seleb Ini Pernah Idap Penyakit Lupus

Oleh Novita Ayuningtyas pada 10 Sep 2019, 12:40 WIB
Diperbarui 24 Nov 2019, 18:33 WIB
[Bintang] Kim Kardashian

Liputan6.com, Jakarta Pemberitaan mengenai keluarga Kardsahian tak pernah ada habisnya. Namun, baru-baru ini kabar kurang menyenangkan datang dari Kim Kardashian. Dalam episode terbaru dari sebuah serial televisi Keeping Up With The Kardashian, Kim Kardashian sempat dibuat pusing dan stres dengan masalah kesehatan.

Kim Kardashian sempat mengalami masalah kulit psiorasis serta ganggunguan sistem imun tubuh. Dilansir Liputan6.com dari Cosmopolitan, Selasa (10/9/2019) Kim pun mengaku mengalami gangguan kepanikan, mudah lelah dan ada pembengkakan pada bagian tangan. Hal ini membuat Kim resah dan melakukan konsultasi kesehatan dan menjalani rangkaian tes darah. Dari hasil yang didapatkan oleh dokter bernama Daniel Wallace, ibu empat anak ini pun mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan.

Kim Kardashian dinyatakan positif mengidap lupus dan Rheumatoid Arthristis. Kim Kardashian pun sempat menangis saat menguhubungi saudaranya mengenai penyakit lupus yang diidapnya.

Bukan hanya Kim Kardashian saja yang dinyatakan positif mengidap lupus. Nyatanya beberapa selebriti Hollywood juga pernah menderita penyakit yang sama. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (10/9/2019) berikut ini beberapa seleb Hollywood lainnya yang pernah dinyatakan mengidap penyakit lupus.

2 dari 6 halaman

1. Selena Gomez

Pesona Selena Gomez di Festival Film Cannes
Selena Gomez . (AFP Photo/ Loic Venance)

Selena Gomez diketahui mengidap penyakit lupus sejak tahun 2015 lalu. Bahkan, karena penyakit tersebut wanita yang kini berusia 27 tahun sempat menghentikan tur dunianya di tahun 2016. Bahkan ia juga sempat melakukan transpantasi ginjal pada tahun 2017 karena penyakit lupus.

Demi penyembuhan, Selena Gomez sempat menghentikan segala aktivitasnya di dunia hiburan. Setelah dinyatakan sembuh dari penyakit yang pernah dideritanya, Selena mendukung adanya penemuan mengenai pengobatan alternatif untuk para pasien lupus lainnya.

3 dari 6 halaman

2. Lady Gaga

Lady Gaga
Lady Gaga (Neilson Barnard / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Penyanyi sekaligus penulis lagu Lady Gaga pun sempat didiagnosa positif mengidap lupus pada tahun 2010 lalu. Tentu saja pernyataan dari Lady Gaga terkait dirinya mengidap lupus sempat mengejutkan publik. Pasalnya, Lady Gaga tak menunjukkan adanya gejala dari lupus tersebut.

Pada sebuah wawancara yang dilakukan dengan Larry King, Lady Gaga mengaku jika sang tante meninggal dunia karena penyakit lupus. Karena hal ini pula, Lady Gaga pun memutuskan untuk menjaga pola hidup demi kesehatannya serta pernah ikut serta dalam kampanye peduli lupus.

4 dari 6 halaman

3. Tony Braxton

tony-braxton-tinggal-130211c.jpg
Tony Braxton

Penyanyi R&B Toni Michelle Bracton atau yang lebih dikenal Tony Braxton ini juga pernah mengidap lupus. Perempuan kelahiran 7 Oktober 1967 ini didiagnosa mengidap lupus pada tahun 2008 lalu. Ia juga pernah melakukan operasi untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Meski sempat menderita penyakit lupus, Braxton bertekad untuk tidak menghentikan segala aktivitasnya di industri musik. Akan tetapi ada kalanya Barxton tak ingin melakukan apapun ketika penyakit tersebut kambuh. Namun, dirinya kerap beralasan jika tengah menderita flu.

5 dari 6 halaman

4. Nick Cannon

Nick Cannon
Menderita lupus, Nick Cannon ingin menginspirasi banyak orang. (AFP/Bintang.com)

Seorang entertainer Nick Cannon juga pernah didiagnosa mengidap penyakit lupus. Ia diketahui mengidap lupus pada Januari 2012 lalu saat dirinya tengah melakukan pemeriksaan kesehatan. Sejak didiagnosa mengenai penyakit tersebut, Nick Cannon pun bergabung dalam Yayasan Lupus di Washington DC. Bahkan, dirinya juga menjabat sebagai Grand Marshal di yayasan tersebut sejak tahun 2014.

6 dari 6 halaman

5. Seal

Seal
Seal

Penyanyi serta penulis lagu Seal juga mengidap penyakit lupus. Bahkan penyakit lupus yang dideritanya bernama discoid lupus erythematosus meninggalkan bekas pada wajahnya. Jenis penyakit lupus yang diderita Seal merupakan jenis yang bisa menyebkan luka pada wajah ataupun kulit. Biasanya seseorang yang mengidap penyakit lupus jeni diskoid ini cukup sensitif terhadap sinar UV.

Meski mengidap penyakit lupus, akan tetapi Seal lebih memilih mengampanyekan mengenai penyakit tersebut lewat sebuah karya. Ia pun menulis mengenai rasa sakit yang dialami karena mengidap lupus lewat musik dan lagu.

Lanjutkan Membaca ↓